5 Alasan Lelah Saat Bangun Tidur

Idealnya, saat bagun tidur di pagi hari kita bisa merasa fresh dan punya energi untuk memulai aktivitas. Tapi yang terjadi justru badan terasa lelah. Ini dia beberapa alasannya.

Pernah nggak, sih, merasa saat bangun tidur malah badan terasa lelah? Saya pernah! Nggak tahu kenapa, kalau bangun tidur rasanya malah nggak segar, alarm yang sudah saya set di smartphone pun akhirnya diabaikan begitu saja.

Karena penasaran, saya pun akhirnya mencari tahu apa yang menyebabkan efek kelelahan ketika bangun pagi. Setelah browsing sana sini dan sharing dengan beberapa teman, ternyata saya menemukan penyebab yang dapat mempengaruhi kualitas pola tidur jadi nggak maksimal.

Sleepy asian woman yawning in bed at home

1. Sering terbangun saat tengah malam.

Karena cukup penasaran kenapa saya sering kali bangun tidur dan merasa lelah, saya pun mencoba berpikir apa saja, sih, yang sudah saya lakukan? Setelah ditelaah, saya sering kali terjaga pada malam hari. Terbangun bukan di waktu yang tepat. Kalau sudah begini, pasti pagi harinya kepala akan terasa pusing dan badan jadilelah. Biasanya, sih, hal ini dipicu beberapa hal, misalnya pencahayaan kamar, suhu ruangan yang memang nggak bikin nyaman, atau memang karena saya lagi banyakpikiran. Untuk pencegahannya, saya sebelum tidur saya pun berusaha rileks, caranya minum segelas cokelat panas. Selainm itu tentu saja berusaha melepaskan semuabeban pikiran, entah itu urusan kantor, atau masalah keluarga, termasuk memerhatikan pencahayaan kamar dan suhu ruangan.

2. Terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Siapa yang doyan ngopi? *ngacung* Seperti yang kita ketahui, kandungan kafein dalam kopi memang ampuh bikin mata untuk tetap terjaga, bahkan bisa menyebabkan heartburn atau jantung yang seolah panas terbakar. Biasanya, sih, kalau saya ngopi selepas magrib, yang terjadi saya akan susah tidur, menjelang Subuh mata baru berasa mengantuk. Alhasil, begitu bangun pagi saya belum merasa cukup isriharat sehingga badan terasa lebih fresh. Oleh karena itulah saya akhirnya membiasakan diri untuk minum minuman berkafein di ketika masih sore, dengan begitu saya nggakperlu terganggu di malam harinya.

3. Sudah lama nggak olahraga.

Biasanya, nih, kalau setelah olahraga saya jadi lebih mudah cepat tidur pulas. Saat bangun pagi harinya, badan pun jauh terasa lebih fresh. Biar bagaimanapun, olahraga itu kan nggak cuma membakar kalori saja, tetapi juga membakar energi. Kalau tubuh terlalu banyak menyimpan energi, akibatnya bisa bikin nggak tidur dengan nyenyak di malam hari dan kadang akan terbangun karena gelisah. Syukurnya saat ini saya mulai rutin melakukan olahraga bersama keluarga yang memang banyak manfaatnya, selain itu di kantor juga mulai rutin olahraga hiphop dance bersama seminggu sekali.

4. Saat tamu bulanan datang.

Selain bikin badan terasa pegal, perut melilit, ternyata menstruasi merupakan salah satu penyebab yang sering membuat perempuan merasa nggak nyaman saat tidur. Paling nggak hal ini yang sering saya rasakan. Bisa dimaklumi, sih, ya, kalau rasa lelah dan lemas saat bangun tidur ketika menstruasi ini disebabkan karena kekurangan zat besi atau anemia. Untuk itulah, kalau sedang datang bulan saya selalu lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam. Malah ada salah satu teman saya yang akhirnya selalu mengonsumsi suplemen penambah darah karena selalu merasa lelah.

5. Medication hangover

Ada beberapa obat yang punya efek yang bikin mengantuk. Oleh karena itu ketika minum obat penting sekali untuk perhatikan dosisnya. Kalau perlu tanyakan ke dokter sehingga dokter bisa melihat dan menyesuaikan dosis.

Kalau Mommies yang lain bagiamana? Punya pengalaman yang serupa dengan saya?


One Comment - Write a Comment

  1. iya, sering terbangun waktu tidur alias nglilir, gatau kenapa bisa? keadaan di mana bisa membuat kita refleks dan selalu dalam keadaan waspada, jadinya gampang banget kebangun.. kafein jarang, kadang-kadang aja ngopi, faktor olahraga mungkin juga saya kurang olahraga, tapi anehnya.. justru saat bulanan datang saya malah tidurnya nyenyak banget n durasi yang sangat luamaaahaha payah deh, kadang waktu kerja aja tiba-tiba mata berattt bgt

Post Comment