Pancake Zucchini dengan Saus Alpukat

Dibuat oleh: Hersanti

Semakin pekat warna hijau pada sayuran, semakin tinggi kandungan klorofilnya yang baik untuk tubuh. Yuk bikin resep yang mengandung warna hijau.

Kalau minggu lalu kita sudah membuat menu berbahan dasar warna merah , kali ini kita bermain dengan warnah hijau yang tinggi kandungan Klorofil dan bermanfaat dalam proses penyembuhan seseorang, mencegah kanker, membantu memperlambat proses penuaan.Jadi sebaiknya warna hijau memang sering-sering saja digunakan dalam resep makanan keluarga kita sperti Pancake Zucchini dengan Saus Alpukat.

Pancake Zucchini

Bahan
Pancake
120 g tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1/3 sdt garam
1 butir telur ayam kocok lepas
125 ml susu cair
60 g zucchini parut lalu peras airnya
1 helai seledri iris tipis
1 sdm margarine

Saus Alpukat
½ buah alpukat matang
60 g mentega
1 sdt air perasan lemon/jeruk nipis
¼ sdt garam
¼ sdt merica bubuk

Cara Membuat Pancake Zucchini
1. Campur bahan-bahan kering seperti tepung terigu, baking soda, dan garam dalam satu wadah, sisihkan.
2. Kocok lepas telur ayam, masukkan zucchini yang telah diparut, seledri yang telah diiris tipis, susu cair. Aduk hingga rata.
3. Perlahan masukkan campuran telur ke wadah berisi tepung sambil diaduk hingga rata.
4. Panaskan wajan anti lengket yang telah diberi sedikit margarine. Masukkan perlahan adonan sedikit demi sedikit hingga habis. Jika ingin membuat pancake dengan beraneka bentuk, bisa menggunakan cetakan roti dari besi yang diletakkan di atas wajan anti lengket.

Cara Membuat Saus Alpukat
1. Masukkan daging alpukat matang ke dalam blender, mentega, garam, merica, dan air perasan lemon/jeruk nipis. Haluskan.
2. Cicipi dan hidangkan bersama pancake zucchini.

Resep untuk 6 porsi

Nilai Gizi per porsi
Energi : 220 kkal
Lemak : 18 g
Protein : 6 g
Karbohidrat : 19 g

Hersanti S adalah Ibu dari seorang putri yang sangat bersemangat. Penuh minat pada dunia makanan untuk anak. Alumni Gizi Universitas Diponegoro ini bersama beberapa teman tergabung dalam Fanpage Facebook Kajubi Mama Kitchen sering berbagi tips dan resep praktis sebagai kepedulian terhadap gizi anak Indonesia. 


One Comment - Write a Comment

Post Comment