Kiat Merintis Karier Menjadi Mompreneur

Mommies Daily berkesempatan mengisi acara pada Jakarta Kids Festival 13 Maret lalu. Hanifa Ambadar selaku founder MD membagi kiatnya merintis karier sebagai mompreneur. Yuk, Mommies simak bersama cerita selengkapnya.

Perempuan mana yang tak senang bisa berkarya sesuai dengan passion-nya? Ditambah lagi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah – alias menjajaki karier menjadi mompreneur. Kini kesempatan itu terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin serius dan punya tekad bulat, jadi tak hanya sekadar coba-coba. Seperti yang tergambar dalam obrolan santai tapi sarat ilmu pada Talkshow “Mompreneur A to Z” di Jakarta Kids Festival 2016 bersama Hanifa Ambadar, pendiri Mommies Daily.

Kiat Merintis Karier Menjadi Mompreneur

Memasuki usianya yang ke-6, MD tak pernah bosan mengingatkan para Mommies untuk terus menggali potensi diri, dan yang harus diingat perempuan itu, bisa berdaya dalam banyak hal! Termasuk menjadi mompreneur, dan nggak usah bingung harus memulai dari mana. Kalau kata Hani, mulai kerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion kita, memang sih terdengar klise – tapi itulah kunci utama sebuah usaha bisa berumur panjang. “Supaya semangat menjalankan usaha terus “berkobar”, cari usaha yang benar-benar diminati. Saat untuk atau rugi, kita masih punya semangat untuk menjalaninya.” Begitu Mommies kata Hani, kenapa passion ini menjadi hal yang urgent dalam menjalankan usaha.

Hani sendiri memulai usahanya di bidang media, dari kegemarannya menulis dan dituangkan ke dalam blog pribadinya, hingga akhirnya terbentuklah komunitas online, yang memiliki forum. Berawal dari situs Female Daily, yang fokus dibidang beauty. Hingga akhirnya bisa memiliki anak perusahaan bernama Mommies Daily, yang tergabung dalam perusahaan Female Daily Network. Hadirnya MD merupakan buah dari kejelian Hani menangkap peluang dan apa sih maunya pasar? Artinya, komunitas Female Daily yang awalnya lajang, lalu menikah dan akhirnya punya momongan, otomatis topik pembicaraan semakin melebar – khususnya soal anak, keluarga maupun pasangan. Inilah cikal bakal, MD lahir 6 tahun yang lalu.

Seperti yang terlontar di sela-sela talkshow kemarin Hani mengingatkan, “Kalau usaha sudah berjalan dan menghadapi saingan, harus bisa membuat suatu perbedaan produk kita dengan yang lain, jangan sama, dan yang terpenting utamakan kualitas.” Ujar Hani.

Lebih lanjut lagi Hani, menyinggung lebih detail tentang inovasi – kata ibu dari Jibran (12) dan Jehan (8) ini, jangan takut dengan kata inovasi, karena inovasi bisa berasal dari hal-hal yang sederhana. “Menjadi mompreneur harus terus berinovasi, jeli melihat kesempatan dan tahu apa yang pasar mau. Apalagi bisnis di media online, harus cepat membuat perubahan-perubahan supaya pembaca atau customer kita tetap loyal. Selain itu dukungan dari pasangan dan support system lainnya mutlak diperlukan.” pungkas Hani. Misalnya nih untuk Mommies yang merintis karier sebagai blogger, usahakan punya tulisan dengan sudut pandang yang berbeda dan unik.

Kalau sudah menjadi Mompreneur terkadang ada situasi yang mengharuskan seorang ibu bekerja dari rumah. Nah, nggak mentang-mentang kerja di rumah Mommies bisa seenaknya.Ini dia 3 kiat yang Mommies bisa terapkan saat bekerja dari rumah:

  1. Sebisa mungkin Mommies juga harus menentukan jam kerja di rumah, jadi Mommies juga bisa memperkirakan tugas-tugas rumah dan urusan keluarga lainnya yang harus diselesaikan. Dan bisa kasih pengertian ke anak-anak, kalau Anda minta waktu di waktu-waktu tertentu untuk konsentrasi bekerja.
  2. Harus rapih! Meski kerja di rumah, tampilan juga harus diperhatikan loh, Mommies. kata Hani, harus tetap cantik! Hihihi. Tujuannya supaya suasana hati kita juga terdorong untuk semangat. Bayangkan deh, Mommies, kalau kerja sambil pakai piyama –yang ada sih, nguap terus yaaa :D
  3. Ciptakan area kerja, maksud Hani di sini nggak harus berbentuk ruangan yang serius banget. Bisa diakali dengan sudut ruangan tertentu, yang Anda sulap menjadi tempat bekerja. Bisa juga ditambah ornamen-ornamen tertentu yang membuat Anda tetap semangat, seperti foto keluarga.

Kiat Merintis Karier Menjadi Mompreneur

Senang sekali Mommeis Daily bisa meramaikan Jakarta Kids Festival 2016 ini, semoga di kesempatan lainnya, MD bisa bekerja sama lagi ya. Dan kepada Mommies yang ingin memulai menjadi mompreneur, semoga kiat-kiat dari Hani tadi bisa langsung diaplikasikan.