Tomat Isi Daging

Dibuat oleh: Hersanti

Bermain warna pada makanan? Kenapa tidak. Karena warna pada bahan makanan juga mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh, lho!

Semakin banyak warna dalam asupan sehari-hari kita, semakin banyak dan bervariasi juga zat gizi yang kita dapat. Warna merah misalnya, banyak mengandung likopen yang berperan menjaga kesehatan sel dan mencegah kanker. Antosianin dalam bahan makanan berwarna merah, juga mampu mencegah infeksi.

Tomat Isi Daging

Bahan
5 buah tomat ukuran sedang
500 g daging sapi cincang
50 g keju cheddar parut
½ buah bawang bombay ukuran sedang
1 siung bawah putih cincang halus
1/3 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 helai seledri potong kecil-kecil

Cara Membuat
1. Potong ujung atas dan sedikit ujung bawah tomat. Keruk isinya dan sisihkan lalu blender hingga halus.
2. Tumis bawang bombay, bawang putih. Masukkan daging cincang lalu aduk rata. Masukkan garam, gula, merica, dan daun seledri. Aduk hingga daging setengah matang. Masukkan isi tomat yang telah diblender. Aduk lalu matikan kompor.
3. Masukkan daging cincang yang telah ditumis ke dalam tomat. Kemudian masukkan keju parut dan akhiri dengan lapisan daging cincang lagi. Beri sedikit parutan keju di atasnya.
4. Panggang tomat yang telah diisi daging dalam oven bersuhu 120°C selama 15 menit. Sajikan hangat kebih nikmat.
Resep untuk 5 orang (1 orang 1 tomat)

Nilai Gizi
Energi : 384 kkal
Lemak : 33 g
Protein : 17.4 g
Karbohidrat : 5 g

Hersanti S adalah Ibu dari seorang putri yang sangat bersemangat. Penuh minat pada dunia makanan untuk anak. Alumni Gizi Universitas Diponegoro ini bersama beberapa teman tergabung dalam Fanpage Facebook Kajubi Mama Kitchen sering berbagi tips dan resep praktis sebagai kepedulian terhadap gizi anak Indonesia