Peduli Generasi Muda di Halmahera Utara Lewat Peluncuran Mobil Sahabat Anak

Sebanyak 3.195 anak di Halmahera Utara mendapatkan fasilitas pendukung untuk belajar dari The Body Shop dan Wahana Visi Indonesia. Seperti apa cerita selengkapnya?

Yang namanya pendidikan untuk anak, pasti deh, sebagai orangtua tertanam dalam otak “Apapun akan saya lakukan, demi si kecil mendapatkan pendidikan yang layak!”. Misalnya nih, jauh-jauh hari sudah mikirin tuh, yang namanya asuransi pendidikan. Lalu mencari tahu metode-metode pendidikan yang memang pantas ditiru, misalnya meniru metode pendidikan di Jepang yang menurut saya memang keren, karena mampu membentuk karakter disiplin ketika dewasa nanti.

Namun sayangnya, tidak semua orangtua dan anak seberuntung Mommies yang sedang membaca artikel ini. Karena masih ada anak-anak yang sulit sekali tersentuh oleh fasilitas pendidikan. Jadi sekeras apapun orangtua mereka berusaha, akan menjadi sia-sia, jika lingkungan sekitar belum menjadi bagian dari support system yang baik. Saya berbicara tentang daerah terpencil di penghujung Indonesia, yang sulit untuk mendapatkan alat penunjang belajar, jika pun ada harganya sangat mahal – Halmahera Utara, contohnya.

Peduli Generasi Muda di Halmahera Utara Lewat Peluncuran Mobil Sahabat Anak

Pernah terbayangkah oleh Mommies, kalau masih ada anak usia di atas 10 tahun di Halmahera Utara yang belum melek huruf?  Temuan ini terdata oleh Wahana Visi Indonesia (WVI)! Sebanyak 40% anak yang belum bisa membaca dan menulis, padahal mereka sudah duduk di kelas 6 SD. Karenanya WVI dan The Body Shop bekerja sama menghadirkan Mobil Sahabat Anak, yang diluncurkan pada 3 Maret 2016 di Jakarta. Fasilitas ini merupakan perpustakaan keliling dilengkapi dengan buku-buku pelajaran dan ilmu pengetahuan, anak-anak juga bisa belajar dari media audio-visual seperti TV, VCD, DVD, dan tape.

Seperti yang sebelumnya sudah saya singgung, persoalan letak geografis adalah salah satu penyebab tertinggalnya Halmahera Utara dalam hal pendidikan. “Secara geografis, Kabupaten Halmahera Utara terletak di Indonesia Timur yang cukup sulit untuk dijangkau. Oleh karena itu buku-buku dan alat penunjang belajar anak juga sulit untuk didapatkan. Jika ada, harganya mahal dan hanya bisa didapat di ibu kota kabupaten, Tobelo. Padahal, banyak desa-desa yang letaknya cukup jauh dari Tobelo. Mobil Sahabat Anak ini akan menjadi perpustakaan keliling pertama di wilayah layanan WVI di Halmahera Utara. Apresiasi kami kepada The Body Shop yang dapat mewujudkan mimpi anak Halmahera Utara  memiliki perpustakaan.” jelas Beatrice Mertadiwangsa, Donor Acquisition Manager Wahana Visi Indonesia.

Kegiatan ini turut didukung oleh The Body Shop, dalam 3 tahun terakhir ini, seperti yang dikemukakan oleh Rika Anggraini, GM Corporate Communication The Body Shop. “Selama 3 (tiga) tahun terakhir The Body Shop® Indonesia mendukung kegiatan Wahana Visi Indonesia untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia. Dukungan ini merupakan kontribusi customer melalui donasi di gerai The Body Shop® diseluruh Indonesia dan sejalan dengan semangat Beauty of Giving kami” ujar Rini. Selain Halmahera Utara, gerakan ini juga sudah pernah dilakukan di Merauke dan Sambas.

Semoga semakin banyak pihak yang peduli dengan keberlangsungan pendidikan anak Indonesia, karena mereka yang nantinya akan menjadi orang-orang hebat untuk membangun Indonesia tercinta. :’)


Post Comment