Pesan Kuat di Balik Penampilan Lady Gaga pada Oscar 2016

Dari sekian momen pada Academy Awards 2016, yang membuat saya benar-benar merinding dan berkaca-kaca adalah penampilan Lady Gaga!

Rasanya saya belum bisa move on dari gegap gempitanya perayaan Academy Awards 2016 kemarin. Mommies sempet nonton nggak? Dari sekian momen yang begitu berkesan (Leonardo DiCaprio akhirnya menang Oscar!), yang membuat saya benar-benar tersentuh sampai bikin saya merinding dan berkaca-kaca adalah penampilan Lady Gaga. lady-gaga-oscar-2016

image source: usmagazine.com

Penampilan Lady Gaga di Oscar 2016 ini pantas dijadikan pembicaraan semua orang. Penyanyi yang biasanya tampil ajaib ini, kemarin tampil dengan setelan jas putih, makeup simpel dan rambut bergaya klasik Old Hollywood Glamour dan menyanyi di depan grand piano yang juga berwarna putih. Penampilannya sangat emosional sampai ada beberapa momen yang terlihat dia seperti menahan tangis.Lagu yang dibawakan berjudul “Til It Happens to You” yang merupakan original soundtrack untuk film dokumenter berjudul The Hunting Ground.

Film ini sendiri cukup menjadi perbincangan karena mengangkat topik kontroversial, yaitu mengenai banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi di universitas-universitas ternama di Amerika Serikat, seperti Harvard, University of North Carolina, dan lain-lain. Film yang disutradarai Kirby Dick ini mendapat standing ovation pada saat diputar pertama kali di Sundance Film Festival, dinominasikan untuk “Outstanding Producer of Documentary Theatrical Motion Picture” award dari the Producers Guild of America dan juga sempat shortlisted sebagai Best Documentary di Academy Awards 2016.

Lagu “Til It Happens to You” yang ditulis oleh Lady Gaga dan Diane Warren masuk sebagai nominasi Best Original Song di ajang Academy Awards 2016, walaupun akhirnya kalah oleh “Writing’s on The Wall”, soundtrack film Spectre, yang dibawakan oleh Sam Smith.

sam-smith-oscar-2016

Lady Gaga sendiri mengaku bahwa dirinya pernah mengalami pemerkosaan di usia 19 tahun. Tidak heran penampilannya kemarin sangat raw, emosional dan memukau untuk semua orang yang berada di dalam Dolby Theater di Hollywood dan juga penonton di seluruh dunia. Penampilan tersebut mendapatkan standing ovation bahkan beberapa selebriti seperti Rachel McAdams dan Kate Winslet terlihat menghapus air mata.

Please watch it for yourself.

Yang sangat menyentuh, penampilan Lady Gaga di Oscar 2016 kemarin ditemani oleh 50 survivor dari kejahatan seksual di berbagai kampus di Amerika Serikat. Puluhan perempuan dan pria ini muncul dari bagian belakang panggung dengan tulisan di tangan mereka seperti “Survivor”, “Unbreakable” dan “Not Your Fault.” Hal ini mengingatkan kita bahwa banyak sekali korban kekerasan seksual yang tidak mau melaporkan kejadian karena mereka merasa, atau dibuat merasa, bahwa apa yang terjadi adalah salah mereka.

Joe Biden, Wakil Presiden Amerika Serikat, membuka penampilan tersebut dengan mengajak semua orang untuk bertindak melawan kekerasan seksual yang terjadi di kampus-kampus dengan mengunjungi situs ItsOnUs.org

We must and we can change the culture. So that no abused woman or man, like the survivors you will see tonight, ever feel they ever have to ask themselves ‘what did I do?’ They did nothing wrong.”

Ini mengapa penampilan Lady Gaga di ajang Oscar 2016 kemarin menurut saya bukan hanya sebuah performa musik yang menakjubkan, tapi juga statement yang sangat powerful untuk para korban kekerasan seksual di seluruh dunia.

Remember, mommies, if you or anyone you know, have been a victim of sexual assaults, it is not your fault. Please speak up and get help.  


One Comment - Write a Comment

  1. adiesty

    Duuuh.. memang merinding banget liat penampilan dia, Mbak Affi….
    Jadi inget, duluuuuuuuuuu juga pernah jadi korban pelecehan seksual. Ceritanya pas mau pulang kerja, dan lagi cari ojek, tiba2 ada motor yang nyamperin… kirain tukang ojek. Eh, tau2nya dia memperlambat motor cuma krn mau pegang PD. Shock banget waktu itu, sampe mewek di jalan. Nggak bisa bayangin gimana perasaan korban yang ngalamin pelecehan seksual. Kesentuh PD begitu aja rasanya udah shock banget :((

Post Comment