banner-detik
GARDENING

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

author

?author?27 Feb 2016

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Tak usah pusing jika  Mommies memiliki taman berukuran kecil di rumah – ikuti beberapa kiat berikut ini, agar taman lebih mudah dihias dan dirawat.

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.homeedit.com

Kehadiran taman untuk sebuah rumah menurut saya adalah area yang difungsikan untuk menyegarkan suasana. Karena terdapat aneka tumbuhan, dengan macam-macam warna yang nyaman untuk pandangan mata, setuju? Belum lagi kalau ditambah ornamen yang menimbulkan suara gemiricik air, duh, tambah betah di rumah kalau begitu ya, Mommies.

Tapi nih, sering kali penghuni rumah merasa kesusahan jika luas taman yang tersedia terbatas sekali. Efeknya jadi tidak leluasa untuk menghias taman. Kalau Mommies menemui situasi seperti ini, yang pertama harus Anda lakukan adalah selalu memaksimalkan ruang dari taman kecil Anda. Sedangkan yang kedua, memilih tipe, bentuk dan ukuran tanaman dengan baik.

Inilah beberapa kiat selengkapnya untuk membantu Anda menciptakan ruang spesial untuk kenyamanan rumah dan keluarga.

  • Jangan sia-siakan area kecil
  • Ketika menghias taman, kita terbiasa mengabaikan area tertentu agar taman tidak terlihat terlalu ramai. Tetapi, ketika taman yang Anda miliki berukuran kecil, maka hal tersebut sebaiknya dihindari. Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan dalam menghias taman kecil adalah terlalu banyaknya tanaman di satu area. Sehingga, cara yang baik adalah tetap buat taman Anda terlihat simple atau sederhana. Caranya adalah dengan memilih 3 hingga 4 tanaman yang akan tumbuh dengan baik di area yang terbatas, dan terus ulangi untuk mengisi area kosong di taman Anda.

  • Gunakan ornamen unik
  • 5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

    Gambar dari www.gardenornamentsonline.com

    Apabila Anda mempunyai taman yang mempunyai ukuran terbatas, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan ornamen untuk menambahkan pesona pada taman dan juga membuat area taman tidak terlihat membosankan. Ada banyak pilihan tipe ornamen taman yang dapat Anda gunakan untuk menghias taman kecil Anda. Mulai dari ornamen yang tradisional hingga ornamen yang modern, contohnya patung kecil berbentuk kucing atau burung, air mancur, hiasan untuk dinding taman, atau tempat lampu/lantern.

  • Lush Oasis
  • 5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

    Gambar dari www.thegardendlove.com

    Jika Anda penyuka tanaman, mempunyai taman yang berukuran kecil akan menyulitkan Anda untuk berkreasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, masih banyak cara untuk mengembangkan hobi Anda pada taman yang Anda miliki sekarang. Salah satunya dengan cara membuat area khusus pada taman menjadi lebih rimbun dari biasanya.

    Cara menciptakan Lush Oasis adalah dengan menanamkan atau menempatkan tumbuhan dengan sangat berdekatan, sehingga tidak ada atau hanya terdapat sedikit ruang yang dimiliki masing - masing tumbuhan. Selain itu, dekorasi seperti ini ditempatkan di sudut taman dan ditambahkan wadah atau kotak tersendiri untuk menambah efek pada area itu sendiri.

    Apabila Anda menanam tumbuhan secara berdekatan seperti ini, maka Anda harus selalu mengimbangi tanaman tersebut dengan air dan pupuk, sehingga tanaman tetap terlihat hijau dan subur sepanjang musim.

    Ada 2 kiat menarik lainnya yang patut Mommies simak, baca di halaman selanjutnya ya.

  • Manfaatkan dinding taman dengan gaya vertikal
  • 5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

    Gambar dari www.greenupgrader.com

    Dengan ukuran taman yang terbatas, tentu saja tempat untuk meletakkan tanaman pun terbatas, terutama apabila Anda seorang kolektor tanaman. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah dengan cara menciptakan sendiri taman vertikal di dinding taman Anda.

    Selain untuk menghias taman dinding, taman vertikal juga dapat mengurangi tugas Anda dalam membersihkan taman dan memberikan cara pertumbuhan yang lebih sehat pada tanaman.

    Bingkai taman vertikal ini mudah untuk dibuat, dengan tampilan unik dan cantik

    5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

    Gambar dari www.thegradenglove.com

    Untuk membuat bingkai seperti gambar di atas, Anda hanya memerlukan bingkai kayu atau kotak kayu,chicken wire (kawat ayam) dan beberapa tumbuhan kecil yang Anda suka. Inilah langkah – langkah yang mudah untuk membuat taman vertikal:

  • Ukur kawat ayam sehingga sesuai dengan ukuran kotak kayu.
  • Pasang kawat ayam di atas kotak kayu dan rekatkan menggunakan staples.
  • Isi kotak kayu dengan tanah, namun jangan menutupi kawat ayam yang telah dipasang.
  • Gunakan ujung sendok kayu untuk membantu Anda dalam proses memasukkan tanaman ke dalam kotak kayu.
  • Buatlah lubang kecil menggunakan sendok kayu untuk meletakkan tanaman kecil melalui lubang – lubang pada kawat, kemudian tutup lubang dan padatkan tanah sekitar tanaman tersebut.
  • Tanamlah tanaman yang Anda miliki sesuai dengan keinginan.
  • Setelah selesai menanam semua tanaman, siram tanaman tersebut dengan baik dan merata. Kemudian diamkan selama 2 minggu dalam keadaan horizontal pada lantai sebelum Anda letakkan di dinding. Hal ini bertujuan agar akar pada tanaman dapat tumbuh dengan baik terlebih dahulu.
  • Setelah 2 minggu, Anda bisa meletakkan kotak kayu Anda pada dinding taman dengan menggunakan paku yang besar untuk menahan kotak kayu tersebut.
  • Area duduk outdoor
  • 5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

    Gambar dari www.lowes.com

    Inspirasi lain untuk merubah taman kecil Anda adalah dengan cara mengubah taman menjadi tempat duduk atau ruang makan outdoor untuk bersantai bersama keluarga dan teman.

    Apabila Anda tertarik untuk membuat area santai ini, ada 3 tips yang dapat dilakukan untuk menambah suasana nyaman pada area duduk di taman.

  • Tambahkan pagar yang cukup tinggi pada sekitar taman untuk memberikan privasi saat Anda bersantai.
  • Untuk memberi kesan luas pada taman Anda adalah dengan menggunakan warna yang terang seperti putih pada lantai atau cat dinding taman. Gunakan juga furnitur dengan desain yang minimalis.
  • tambahkan bangku kecil ataubench untuk menciptakan area sosial pada taman Anda.
  • Taman berukuran kecil tidak menjadi penghalang Anda untuk menciptakan taman yang indah. Hal ini dikarenakan banyak inspirasi dan tips yang sangat mudah untuk mengubah taman Anda yang berukuran kecil menjadi taman yang menarik.

    Selamat mencobanya di rumah Mommies :)

    *Artikel ini hasil kerjasama dengan balkonie.com

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan