5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Tak usah pusing jika  Mommies memiliki taman berukuran kecil di rumah – ikuti beberapa kiat berikut ini, agar taman lebih mudah dihias dan dirawat.

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.homeedit.com

Kehadiran taman untuk sebuah rumah menurut saya adalah area yang difungsikan untuk menyegarkan suasana. Karena terdapat aneka tumbuhan, dengan macam-macam warna yang nyaman untuk pandangan mata, setuju? Belum lagi kalau ditambah ornamen yang menimbulkan suara gemiricik air, duh, tambah betah di rumah kalau begitu ya, Mommies.

Tapi nih, sering kali penghuni rumah merasa kesusahan jika luas taman yang tersedia terbatas sekali. Efeknya jadi tidak leluasa untuk menghias taman. Kalau Mommies menemui situasi seperti ini, yang pertama harus Anda lakukan adalah selalu memaksimalkan ruang dari taman kecil Anda. Sedangkan yang kedua, memilih tipe, bentuk dan ukuran tanaman dengan baik.

Inilah beberapa kiat selengkapnya untuk membantu Anda menciptakan ruang spesial untuk kenyamanan rumah dan keluarga.

  1. Jangan sia-siakan area kecil

Ketika menghias taman, kita terbiasa mengabaikan area tertentu agar taman tidak terlihat terlalu ramai. Tetapi, ketika taman yang Anda miliki berukuran kecil, maka hal tersebut sebaiknya dihindari. Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan dalam menghias taman kecil adalah terlalu banyaknya tanaman di satu area. Sehingga, cara yang baik adalah tetap buat taman Anda terlihat simple atau sederhana. Caranya adalah dengan memilih 3 hingga 4 tanaman yang akan tumbuh dengan baik di area yang terbatas, dan terus ulangi untuk mengisi area kosong di taman Anda.

  1. Gunakan ornamen unik

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.gardenornamentsonline.com

Apabila Anda mempunyai taman yang mempunyai ukuran terbatas, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan ornamen untuk menambahkan pesona pada taman dan juga membuat area taman tidak terlihat membosankan. Ada banyak pilihan tipe ornamen taman yang dapat Anda gunakan untuk menghias taman kecil Anda. Mulai dari ornamen yang tradisional hingga ornamen yang modern, contohnya patung kecil berbentuk kucing atau burung, air mancur, hiasan untuk dinding taman, atau tempat lampu/lantern.

  1. Lush Oasis

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.thegardendlove.com

Jika Anda penyuka tanaman, mempunyai taman yang berukuran kecil akan menyulitkan Anda untuk berkreasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, masih banyak cara untuk mengembangkan hobi Anda pada taman yang Anda miliki sekarang. Salah satunya dengan cara membuat area khusus pada taman menjadi lebih rimbun dari biasanya.

Cara menciptakan Lush Oasis adalah dengan menanamkan atau menempatkan tumbuhan dengan sangat berdekatan, sehingga tidak ada atau hanya terdapat sedikit ruang yang dimiliki masing – masing tumbuhan. Selain itu, dekorasi seperti ini ditempatkan di sudut taman dan ditambahkan wadah atau kotak tersendiri untuk menambah efek pada area itu sendiri.

Apabila Anda menanam tumbuhan secara berdekatan seperti ini, maka Anda harus selalu mengimbangi tanaman tersebut dengan air dan pupuk, sehingga tanaman tetap terlihat hijau dan subur sepanjang musim.

Ada 2 kiat menarik lainnya yang patut Mommies simak, baca di halaman selanjutnya ya.