6 Ide Bermain di Rumah Saat Musim Hujan

Ditulis oleh: Saskia E

Salah satu PR saya saat musim hujan adalah: Bagaimana membuat anak-anak nggak cranky karena bosan saat tidak pergi ke mana-mana. Hasil memutar otak, saya menemukan 6 kegiatan seru ini.

1. Karoke.

Yes karoke, Anda pasti ingat, kan, hari-hari yang pernah Anda habiskan bersama teman-teman saat sedang tren karaoke? Fun bukan? Kebanyakan anak cenderung suka play pretend. Nah, kenapa tidak pura-pura menjadi penyanyi. Setting-an karaoke bisa dibuat menjadi 2. Pertama, pura-pura mengadakan acara seperti Indonesian Idol, di mana secara bergantian ada yang menjadi juri dan peserta lomba. Kedua, karoke seakan Anda dan anak-anak sedang konser ditonton ribuan orang. Jangan lupa putar lagu-lagu kesukaan, siapkan mike, dan kostum seru yang mendukung peran kalian. Sekalian kenalkan musik kepada si kecil. Ingat Mom, musik itu memiliki beragam manfaat untuk tumbuh kembang anak.

2. Art and craft

ide bermain di rumah saat hujan

Jangan bosan dan malas dulu dong membaca kata art and craft. Anak-anak sangat menikmati proses dan hasilnya, lho! Pertama buat satu tema lalu siapkan kertas untuk diundi guna menentukan siapa mengerjakan apa. Contoh temanya binatang di Zoo. Maka kertas undiannya bertuliskan nama-nama binatang yang ada di kebun binatang. Siapkan berbagai peralatan yang ada di rumah, mudah kok lem atau silotip, gunting, kertas berwarna, dan spidol/krayon. Biarlah anak-anak berkreasi sesuai imajinasinya, Anda tidak akan pernah menduga apa saja yang bisa dihasilkan anak-anak. Sehabis membuat jangan lupa bermain play pretend-nya ya. Boleh juga memilih papercraft yang akan mengasah keterampilan si kecil.

3. Masak menu favorit!

ide bermain di rumah saat hujan

Hujan-hujan enaknya makan masakan hangat yang lezat tapi mudah diolah. Saat belanja bulanan jangan lupa stok berbagai bahan masakan ya. Paling mudah sih baking. Karena pada prosesnya anak-anak benar-benar bisa dilibatkan dari awal sampai akhir. Mulai dari mengukur bahan, mencuci bahan makanan, menata, sampai memasukkan ke panggangan. Beberapa menu praktis yang dapat Anda coba buat: homemade pizza, cupcake, bread pudding, atau makaroni panggang. Percaya deh, banyak hal yang bisa dipelajari anak dari memasak.

4. Mengganti suasana rumah atau kamar

Kamar anak, kamar bermain, atau bahkan kamar Anda sendiri pasti akan sangat menyenangkan apabila mendapat sentuhan yang berbeda. Entah itu hanya memindahkan kursi ke luar kamar, atau menukar posisi tempat tidur dan meja kerja, atau mungkin menghiasnya dengan silotip seperti yang pernah ditulis di sini. Bertukar pikiran dengan si kecil dan mari wujudkan beberapa hal yang dapat diubah untuk membuat suasana baru yang menyenangkan. Si kecil pasti senang apabila ia dilibatkan dalam beberes.

5. DVD marathon

ide kegiatan di rumah

Sebelum punya anak, Anda pasti sering melakukan ini kan? Let the rain makes us lazy once in a while. Kalau saya sih biasanya menyiapkan camilan yang banyak seperti homemade popcorn dan keripik kentang, kentang goreng, dan buah potong. Lalu saya dan anak-anak “mager” di sofa atau tempat tidur dan menikmati film-film mereka (kalau yang ini sudah jelas mama harus ngalah!).

6. Pretend like a movie star

Yuk, tiru salah satu adegan atau peran dalam film favorit, namun harus lengkap dengan kostum dan jangan lupa direkam ya! Atau, lebih kreatif lagi kalau membuat adegan film baru. Biarkan si kakak menjadi penulis cerita dan sutradaranya. Si adik sebagai pengurus kostum. Mama dan papa menjadi pemainnya, dan nanti bergantian. Abadikan dalam rekaman video.

Anda pasti punya ide menarik juga, deh? Apabila ada jangan sungkan untuk share, ya! You could save us from the rainy day.