Pustakalana: Perpustakaan Anak Di Bandung

Sewaktu mendengar kabar tentang Pustakalana yang akan kembali dibuka, hati saya gembira. Sudah lama sekali saya mendambakan sebuah tempat dengan banyak koleksi buku anak-anak dengan suasana yang menyenangkan di Bandung.

Tepat 30 November 2015 lalu, Pustakalana yang sempat mati suri beberapa tahun, akhirnya dibuka kembali. Lokasinya lumayan di tengah kota, masih satu area dengan beberapa taman kota berurutan ke belakang dari Gedung Sate. Pada tanggal 24 Desember 2015, Pustakalana resmi dibuka oleh Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil.

peresmian pustakalana

Adalah Puti Ceniza Akbar atau biasa disapa Chica yang juga merupakan Co-Founder dari situs www.mamarantau.com yang sepulangnya dari Amerika Serikat langsung serius menghidupkan kembali perpustakaan ini. Berbekal semangatnya, Chica mengajak beberapa temannya dan membuka kesempatan bagi siapapun yang mau menjadi relawan untuk Pustakalana. Pustakalana sendiri memiliki spesialisasi English Picture Books. Jadi memang sebagian besar koleksi utamanya adalah buku anak bergambar berbahasa Inggris. Pustakalana sudah berniat menambah koleksi bukunya dan tentunya akan mengurasi buku anak-anak berbahasa Indonesia.

pustakalana4

Nah, yang bikin tambah seru, selain koleksi buku yang kalau beli sendiri lumayan bikin kantong meringis, Pustakalana juga punya beberapa club untuk anak-anak dan orang tua. Mulai dari Mothergoose Club setiap hari Selasa pagi di mana anak-anak usia 12-30 bulan bisa distimulasi bersama dengan nursing rhymes. Lalu ada Yoga For Kids setiap hari Kamis di minggu kedua dan ketiga dengan instruktur bersertifikasi, dan setiap hari Senin ada workshop untuk orang tua maupun anak dengan rentang usia yang lebih beragam. Workshop-nya memiliki beragam tema, mulai dari Bagaimana Cara Mendongeng untuk para Ibu, sampai Menulis Cerita Pertamaku untuk anak-anak pra-remaja. Nantinya juga akan ada field-trip khusus untuk anggota.

pustakalana2

Oh iya, selain buku, di Pustakalana juga ada beberapa mainan, globe, hingga fasilitas untuk berkreasi (baca: kertas, krayon, gunting, dan lem). Jadi kalau anak lagi tidak tertarik dengan buku, at least the kids could enjoy the library scene. Sesekali Chica atau sukarelawan yang bertugas bisa dengan spontan membacakan satu buku untuk para pengunjung. Yup, as a pleasant surprise!

Untuk Mommies yang berdomisili di Bandung dan tertarik menjadi anggota, ada tiga tipe keanggotaan, nih.

  1. Tipe Kelinci
    1. Biaya daftar Rp.25.000 (sekali seumur hidup)
    2. Iuran Rp.60.000/3 bulan
    3. Mendapat refill card senilai Rp.50.000
    4. Akses masuk hingga 2 anak
    5. Bisa meminjam maksimal 2 buku untuk masa pinjam 2 minggu
  2. Tipe Beruang
    • Biaya daftar Rp.25.000 (sekali seumur hidup)
    • Iuran Rp.90.000/3 bulan
    • Mendapat refill card senilai Rp.100.000
    • Akses masuk hingga 3 anak
    • Bisa meminjam maksimal 3 buku untuk masa pinjam 2 minggu
  3. Tipe Kanguru
    • Biaya daftar Rp.25.000 (sekali seumur hidup)
    • Iuran Rp.350.000/1 tahun
    • Bebas pinjam buku selama setahun tanpa refill card
    • Akses masuk hingga 3 anak
    • Bisa meminjam maksimal 3 buku untuk masa pinjam 2 minggu

lanaaaa

Untuk yang non-member, sejak bulan Januari 2016 akan dikenakan biaya Rp.10.000/anak/kedatangan dan untuk anak ke 2, 3, 4 dan seterusnya adalah Rp.5000/anak/kedatangan, dan bisa membaca sepuasnya di Pustakalana. Harga sewa bukunya bervariasi. Kalau mau tahu lebih jelas, bisa datang langsung, ya! Kalau ada yang sedang liburan di Bandung, bisa mampir ke Pustakalana sebagai salah satu agenda liburan. Find your own experience at this micro library!

Simpul Library – PUSTAKALANA

Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 5 Bandung

Operational Hours: Selasa-Sabtu 09.30-16.00

www.pustakalana.comoj.com

IG : @pustakalana

FB : www.facebook.com/pustakalanalibrary


One Comment - Write a Comment

  1. wah keren ini. coba kalau di Pustakalana tersedia buku anak yg berbentuk audiobook, pasti tambah seru.

    untuk pilihan dongeng, bunda bisa coba untuk memperdengarkan dongeng kepada anak melalui Listeno, aplikasi penyedia audiobook berbahasa Indonesia yang memiliki banyak koleksi dongeng dan cerita anak – listeno.com https://tr.im/1if0z

Post Comment