Pemakaian Test Pack yang Benar

Ditulis oleh: Monik Wulandari

Kapan dan bagaimana sih seharusnya pemakaian test pack yang benar agar hasil tes lebih akurat?

Saya pernah membaca sebuah postingan seseorang di facebook yang mengungkapkan kesedihannya karena ternyata hasil positif yang dia dapat di test pack tidak sama dengan hasil lab dan USG dokter. Setelah membaca itu saya sempat galau sendiri setiap bulan, saat menstruasi terlambat. Mau test dengan test pack di rumah kok ya takut mendapat harapan palsu :( . Mengingat bahwa untuk hamil itu saya butuh beberapa tahun karena terhalang PCOS.

Jadi bagaimana cara untuk mendapatkan hasil yang akurat dan tepat, sehingga tidak ada akhir yang mengecewakan atau istilahnya false alert? Saya pun bertanya pada dr. Febriansyah Darus SPOG.

cara pemakaian test pack

*Image dari media.viva.co.id

Dokter, apakah mengetes kehamilan melalui test pack bisa mendapatkan hasil yang akurat?

Tes urine dengan menggunakan test pack untuk menentukan apakah terjadi kehamilan atau tidak memang bisa saja akurat, karena tes ini mengukur kadar hCG (Human Chorionic Gonadotrophin), yaitu hormon kehamilan yang awal terjadi di dalam tubuh.

Lalu kapan waktu yang pas untuk melakukan uji melalui test pack?

Kehamilan umumnya terdeteksi dua minggu pasca konsepsi terjadi. Ini waktu yang lebih akurat untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak. Memang beberapa merek test pack mungkin menyebutkan waktu yang lebih singkat dari ini. Tetapi bila terlalu cepat, bisa saja hCG masih sedikit dan belum terdeteksi.

Harus mengecek urine pertama di pagi hari, ya, dok?

Ya, ini demi ketepatan hasil yang didapat juga. Urine pertama dipagi hari diharapkan kadar hormon belum terdelusi oleh cairan lain, seperti dari apa yang kita minum atau makan.

Oh iya, kan, ada batas merendamnya. Kalau sampai melewati batas gimana?

Batas itu memang harus diperhatikan, karena kalau tidak sesuai batas memang bisa terjadi kesalahan intepretasi. Harusnya positif bisa malah menjadi negatif dan sebaliknya.

Nah, Mommies, jangan lupa juga untuk membaca dengan saksama petunjuk pemakaian test pack yang Anda pilih. Bila belum yakin dengan hasilnya, coba saja diulangi tiga hari kemudian, atau lakukan tes darah yang juga dapat mengetahui hormon hCG. Lalu, hubungi dokter Anda untuk tindakan selanjutnya. Selamat mencoba!


Post Comment