Cinta Kantor Tapi Tidak Cinta Gajinya, Lalu Bagaimana?

Ditulis oleh: Waristi Amila

Mommies, let’s be honest, ada banyak dari kita yang sangat mencintai pekerjaan dan tempat kita bekerja tapi merasa bahwa kita underpaid. Jadi, bagaimana kita bisa negosiasi gaji?

Saya sering bertemu dengan beberapa orang yang bekerja di industri yang sama dengan saya lalu menawarkan saya untuk bergabung bersama mereka, tentunya dengan pendapatan yang lebih besar dari yang saya dapat sekarang. Apabila keputusan kita untuk tetap bergabung dengan perusahaan sekarang adalah berbagai faktor selain gaji, maka akan sangat mudah untuk kita menolak tawaran tersebut. Tapi bagaimana kalau ternyata kita memang merasa bahwa sudah saatnya kita mendapat kenaikan gaji selain kenaikan tahunan?

Masalahnya masih banyak dari teman-teman yang seumuran saya merasa tidak nyaman saat berbicara mengenai kenaikan gaji. Ada perasaan takut kalau atasan malah menilai secara negatif. Well, mungkin kita bisa belajar sifat dan perilaku kerja para Generasi Y yang cenderung berani membahas mengenai hal ini, hahaha. Lalu bagaimana enaknya? Saya mencoba bertanya dengan Senior HRD Manager di kantor saya dan ini saran dari beliau.

Negosiasi gaji

 

*Image dari media.careerbliss.com

Sebelum Bicara Dengan Atasan
Pastikan kalau pembicaraan kita di perusahaan yang menawarkan kerja memang sudah mendekati tahap akhir (jangan sampai ini jadi bumerang karena perusahaan baru juga ternyata belum yakin) lalu ikuti langkah-langkah ini:

1. Research and prepare
Jangan pernah bicara dengan atasan tanpa memiliki dasar yang cukup. Apabila kita memang ingin mengangkat isu tentang gaji, maka luangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana posisi kita di pasaran. Apakah memang underpaid atau ternyata sudah sesuai? Lalu persiapkan diri apabila permintaan kita ditolak.

2. Pastikan ‘mood’ atasan
Kita yang paling tahu bagaimana atasan kita. Jangan memaksa berbicara saat kondisi di kantor sedang penuh dengan tekanan kerja.

3. Buat daftar permintaan
Jangan langsung hanya bicara tentang gaji. Diskusikan hal-hal lain, misalnya: waktu kerja yang lebih fleksibel, kemungkinan untuk mendapatkan pelatihan tambahan. Jadi apabila perusahaan tidak bisa memberikan tambahan gaji, setidaknya mereka tahu hal lain yang kita butuhkan.

4. Berlatih
Ajak teman terdekat kita untuk berlatih bagaimana bernegosiasi. Minta dia untuk menjadi atasan yang sulit sehingga kita bisa bersiap apabila diskusi tidak semudah yang kita harapkan.

Saat Bicara Dengan Atasan
Ok, sudah riset, sudah buat daftar, sudah latihan. Ini saatnya bicara dengan atasan…

Pastikan untuk memulai dengan bagaimana kita mencintai pekerjaan kita dan berbagai hal positif lainnya dari perusahaan tempat kita bekerja sekarang. Jangan lupa menyampaikan bahwa kita ingin berkembang di perusahaan ini. Ini harus disampaikan dengan tulus ya moms.

Lalu, bersikaplah jujur, dan ceritakan bahwa kita mendapatkan tawaran. Jangan ada kesan bahwa kita yang mencari pekerjaan baru. Sampaikan bahwa tawaran ini belum ditahap final namun tawaran ini membuat kita merasa bahwa kita ingin memperbaiki kondisi di perusahaan sekarang.

Tanyakan kepada atasan apakah memang memungkinkan untuk perusahaan menyamakan pendapatan kita dengan penawaran yang kita terima. Apabila tidak maka masuklah ke daftar yang sebelumnya sudah kita buat.

Setelah Bicara Dengan Atasan

Kemungkinan ada beberapa hal yang bisa diberikan oleh perusahaan setelah pertemuan kita – bisa dalam bentuk kenaikan gaji atau memberikan beberapa hal dari daftar yang kita minta. Sekarang kembali ke diri kita sendiri, tanyakan dan jawab secara jujur: Apakah kita benar-benar ingin tetap di perusahaan kita atau pindah ke tempat baru? Apakah perusahaan menghargai kita sebagaimana kita menghargai perusahaan dan bagaimana seharusnya kita dihargai?

Mommies, our career is not our job, dan kita memiliki kekuasaan untuk menentukan langkah kita dalam berkarir. Ibarat mengendarai sebuah mobil, kita adalah pengemudinya dan kita berhak menentukan jalan untuk tiba di tujuan. Tapi, akhirnya, pilih dengan bijak agar jalan yang kita ambil adalah jalan yang paling baik untuk kita.

Selamat bernegosiasi!


One Comment - Write a Comment

Post Comment