5 Aktivitas Outdoor Mengasyikkan untuk Si Kecil

Akhir pekan saat tengah bulan seperti sekarang, enaknya, sih, mencari beragam aktivitas outdoor yang menyenangkan buat si kecil. Apa saja, ya?

Meskipun setiap awal bulan saya sudah berusaha ngotak ngatik pengeluaran akhir pekan, tapi tetap saja kalau pertengahan bulan seperti sekarang ini saya dan keluarga hanya ‘mantek’ di rumah, nggak ke mana-mana. Maklumlah, sebagai ibu bijak saya dituntut untuk bisa mengatur keuangan supaya cash flow nggak amburadul.

Mengingat sekarang ini lagi musim hujan, sayapun akhirnya sering harus mencari cara aktivitas seru saat musim hujan yang bisa dilakukan bersama Bumi di rumah. Paling tidak cara ini bisa mengalihkan perhatian Bumi main gadget. Nggak mau, dong, kalau anak kita hanya menghabiskan waktu buat main game dan gadget.

Tapi, bukan berarti aktivitas di luar ruangan jadi dilupakan, lho. Kalau matahari sudah ‘nongol’ saya dan suami langsung sigap mengajak Bumi main ke luar rumah. Saya cukup paham kalau aktivitas di luar ruangan ini punya banyak manfaat buat perkembangan anak, baik untuk psikis ataupun fisik. Bahkan seperti yang dijelaskan Anna Surti Ariani, psikolog anak dan keluarga, bermain di luar ruang bisa melepas stres karena  dengan banyak gerak alias beraktivitas luar ruang membantu sekali melepaskan emosi anak.

Renang bersama

aktivitas outdoor

Wah, kalau untuk olahraga yang satu ini bisa dibilang jadi salah satu ritual keluarga saya. Mengingat manfaat olahraga begitu besar buat anak-anak, rasanya sayang sekali, kalau kita tidak manfaatkan semaksimal mungkin. Lagi pula, manfaatnya nggak cuma dirasakan anak saja, kok. Kalau dilakukan bersama-sama, sudah bisa dipastikan bikin bonding makin erat. Selain memang manfaatnya sangat banyak, peduli kesehatan merupakan salah satu bentuk rasa sayang pada keluarga.

Petak Umpet

Siapa yang masih senang mengajak anaknya mencoba permainan tradisional? *ngacung. Iya, saya dan suami sesekali masih suka mengajak Bumi bermain permainan zaman baheula seperti engklek dan petak umpet. Meskipun anak kecil zaman sekarang lebih akrab dengan permainan yang berbau teknologi bahkan ada yang sudah kecanduan main jejaring sosial, saya sendiri ingin Bumi bisa paham kalau permainan tradisional itu mengasyikan.

Mencari harta karun

Ada yang pernah mengajak anak bermain mencari harta karun? Jenis permainan ini sangat menyenangkan, lho. Apalagi dilakukan secara outdoor. Tapi kalau memang cuaca sedang tidak mendukung, permainan ini juga bisa dilakukan di dalam rumah. Lewat permain ini kita bisa menyimpan mainan atau makanan kegemaran anak di lokasi tertenti, permainan ini bisa mendorong anak-anak mengeksplor lokasi-lokasi informasi untuk menemukan harta karun.

Berkebun

aktivitas outdoor1

Terus terang saja, saya bukan tipe ibu-ibu yang senang berkebun. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan Mama dan Ayah saya. Tapi siapa sangka, hobi ini jutsru terlular pada cucunya, Bumi. Sejak kecil Bumi memang sudah cukup tertarik untuk iku-ikutan menanam pohon membantu aki dan eninnya. Walaupun nggak hobi, bukan berarti saya anti berkebun, lho. Karena sekali-kali menyiram dan membersikan tanaman di depan rumah bersama anak, seru juga kok.

Menjelajah

Kalau cuaca mendukung, sesekali coba, deh, ajak si kecil untuk menjelajahi sekitar rumah. Supaya nggak terlalu capek, bisa saja sambil naik sepeda. Dengan begitu, anak-anak pun bisa mengenal wilayah rumahnya dengan baik, termasuk mengajarkan anak kita untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan. Lebih seru lagi, kalau punya waktu yang lebih panjang, ajak anak-anak menjelajahi taman kota.

Ada yang mau menambahkan list saya ini nggak?