Manfaat Musik Bagi Tumbuh Kembang Anak

Ditulis oleh: Anggung Suherman

Memperkenalkan musik kepada si kecil bisa mendatangkan banyak manfaat, di antaranya mendukung perkembangan motorik mereka. Dan masih banyak manfaat musik bagi tumbuh kembang anak. Apa saja? 

5 Manfaat Musik Bagi Perkembangan Tumbuh Kembang AnakGambar dari www.sgpianolessons.com

Siapa di antara Mommies di sini yang semangat banget mendaftarkan si kecil les musik? Ayooo ngacung :D. Kayaknya les musik ini menjadi salah satu jenis les yang digemari oleh orangtua ataupun anak-anak ya Mom. Dan memang musik ini berperan penting sih bagi kehidupan kita. Bahkan ada orang-orang yang mendengarkan musik lebih dari 20 jam sehari. Entah itu untuk menemani berbagai aktivitas, sebagai pengobatan hingga terapi, misalnya terapi musik untuk ibu hamil, yang bertujuan agar tetap relaks selama kehamilan.

Bagi anak kecil, musik itu memiliki banyak pengaruh mulai dari peningkatan skill, daya ingat, bahasa, emosi motoric, pengembangan akademik hingga karakter. Bahkan mulai dari kandungan, anak-anak sudah bisa diperkenalkan dengan musik. Sebenarnya apa saja manfaat musik bagi tumbuh kembang anak-anak?

  1. Kemampuan Berpikir

Saat anak memainkan alat musik, dia secara langsung belajar eksplorasi terhadap bunyi, dia akan memiliki nilai penasaran yang tinggi terhadap bebunyian yang dia mainkan. Misalnya ketika dia memainkan piano, dia akan sadar kalo menekan tuts C akan berbunyi seperti apa, akhirnya dia sadar kalo setiap tuts memiliki bunyi yang berbeda. Pola belajar untuk meningkatkan daya pikir ini sangat efektif bagi anak, karena walaupun dia merasa sedang bermain namun dia sudah melakukan eksplorasi. Tidak jarang loh anak-anak sudah ada yang bisa composing music meskipun masih sangat sederhana.

  1. Belajar Bahasa

Kenapa di PAUD hingga sekolah dasar, anak selalu dikenalkan dengan berbagai nyanyian? Philip M. Hash dalam bukunya yang berjudul “Music Education at the Turn of the Twentieth Century” menjelaskan bahwa menyanyikan sebuah lagu akan mengajarkan anak tentang bahasa, belajar pronouncing kata-kata dan merangkainya dalam kalimat. Keefektifan teori ini dibuktikan juga untuk belajar mengingat alphabet, surat-surat, hingga rumus. Seperti yang dijelaskan oleh Yeni Rachmawati dalam buku “Musik sebagai Pembentuk Budi Pekerti, Sebuah Panduan untuk Pendidikan” bahwa otak manusia, khususnya anak-anak akan mengingat bahasa lebih baik ketika bahasa tersebut dipaparkan lewat musik.

  1. Melatih Motorik

Saat ingin melatih fine-motor coordination, maka musik yang digabung dengan gerakan tari menjadi pilihan terbaik. Misalnya nyanyian untuk belajar cara menggosok gigi yang diikuti dengan gerakan-gerakan, membantu anak kecil untuk melatih kontrol gerakan tangan, jari dan kaki. Hubungan gerakan tersebut akan berpengaruh pada nilai-nilai kreativitas seperti menulis, menggambar, menggunting ataupun melipat. Selain itu, dancing to music juga membantu penyempurnaan motorik tangan dan kaki. Point tambahannya, ketika anak-anak menari, mereka merasa senang, berinteraksi hingga kebersamaan.

Melatih emosi dan kreativitas adalah dua manfaat lain dari musik, seperti apa persisnya?


Post Comment