5 Cara Mengurangi Tungau Berkembang Biak di Rumah

Jangan pernah sepelekan kehadiran Tungau, yang meskipun berukuran kecil tapi bisa menjadi penyebab alergi pada anak.

Pernah nggak si kecil bersin-bersin tanpa sebab atau gatal-gatal? Beberapa waktu lalu, anak saya yang besar (usia 9 tahun) pernah mengeluh gatal. Area yang gatal perlahan menjadi merah dan sedikit bengkak. Saat dicek, nggak ada semut atau binatang apapun di dekatnya. Dan kejadian seperti ini sempat terulang beberapa kali. Saat saya bawa ke dokter kulit, si dokter curiga kalau itu disebabkan oleh Tungau.

Ternyata meskipun ukurannya sangat kecil, hanya 0,1 hingga 0,3 milimeter, tapi Tungau menjadi salah satu penyebab alergi dengan gejala mulai dari gatal mata menjadi berair, bersin terus menerus, batuk yang tak kunjug sembuh, hingga asma terutama pada anak-anak dan lansia. Dan yang paling mengejutkan adalah area yang paling disukai oleh Tungau untuk hidup adalah kasur dan tempat tidur. Penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester mengungkapkan kalau sebuah kasur bisa memiliki sekitar 100.000 hingga 10 juta tungau di dalamnya. Selain kasur, karpet dan juga gorden juga menjadi tempat favorit untuk Tungau berkembang biak.

cara mencegah Tungau

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah tungau berkembang biak?

1. Rutin mengganti seprei dan menjemur kasur, bantal serta guling

Saat mengganti seprei, jangan langsung menutup kasur dengan seprei yang baru, tapi biarkan diangin-anginkan terlebih dahulu agar kasur terkena udara dan tidak terlalu lembap.

2. Lapisi kasur dengan perlak

Biasanya perlak berfungsi untuk mencegah ompol si kecil meresap ke dalam kasur. Ternyata dengan dilapisi perlak maka membuat kasur terjaga kebersihannya dan menjaga kelembapan kasur.

3. Cuci sarung bantal, seprai dan selimut menggunakan air panas

Air yang digunakan untuk mencuci setidaknya bersuhu 54C.

4. Manfaatkan Sharp Mite Cather EC – HX100
Sharp

Berterimakasihlah dengan teknologi yang seringkali membantu kita dan membuat hidup menjadi lebih mudah. Misalnya, jika harus menjemur kasur sudah pasti itu sedikit ribet untuk saya, hahaha. Jadi tidak ada salahnya menggunakan SHARP Mite Catcher EC-HX100. Alat ini didesain khusus untuk menangkap tungau dengan teknologi yang mampu mengeluarkan panas hingga 40 derajat celcius dan cylclone yang bisa membunuh tungau.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan beater brush yang sangat kuat yang dapat berputar hingga 6000 putaran/menit dan mengisap debu-debu tungau yang berukuran 0,01mm. Dengan teknologi semacam ini maka debu dan tungau dapat dikeluarkan dari serat sehingga efektif dalam proses pengisapannya. Jangan takut kalau setelahnya akan keluar bau tidak sedap, karena produk ini juga menghasilkan ion-ion Plasmacluster sehingga bau tidak sedap akan lenyap.

5. Rutin membersihkan AC

Jangan tunggu AC terasa tidak panas atau menetes airnya karena itu menandakan kondisi AC yang sudah kotor. Bersihkan setidaknya sebulan sekali.

Semoga saja dengan 5 cara di atas kita dapat meminimalkan perkembangan Tungau di rumah kita ya moms.


Post Comment