Nugget Sayur Wortel & Kembang Kol

Dibuat oleh: Hersanti

Rasa kembang kol yang tidak terlalu kuat cocok untuk dipadu padankan menjadi berbagai olahan masakan, salah satunya nugget sayur.

Anak-anak yang tidak suka makan sayur menjadi masalah klasik dari waktu ke waktu. Trik menyembunyikan sayuran dalam sebuah masakan jadi pilihan tepat agar si kecil tetap mengonsumsi bahan makanan yang penuh manfaat ini.

Nugget sayur

Bahan:

200 g kembang kol kukus

100 g wortel kukus

1 butir telur ayam

150 g tepung roti Jepang

2 sdm tepung sagu

1 sdt garam

1 sdt bawang putih bubuk

1/3 sdt merica bubuk

Cara membuat:

1. Haluskan kembang kol dan wortel kukus dengan menggunakan food processor ataupun blender kering. Tujuannya agar tekstur sayuran tidak terlalu halus.

2. Campurkan sayuran tersebut dengan telur, tepung panir, tepung sagu, garam, bawang putih bubuk, dan merica bubuk. Aduk rata.

3. Masukkan dalam pinggan ukuran 15 cm x 10 cm yang telah diolesi minyak. Kukus selama kurang lebih 30 menit.

4. Dinginkan kemudian potong menjadi 8 bagian.

Sebelum disimpan ataupun digoreng, siapkan

1 piring tepung terigu serba guna

1 butir telur ayam kocok lepas

1 piring tepung roti Jepang

Celupkan potongan nugget di piring yang berisi tepung terigu, lalu celupkan dalam telur yang telah dikocok lepas. Terakhir masukkan dalam piring berisi tepung roti Jepung. Balur seluruh permukaan nugget. Nugget dapat dicicipi dengan digoreng ataupun disimpan dalam freezer untuk kemudian dinikmati di kemudian hari. Selamat mencoba.

Nilai gizi per potong

Energi 45 kkal

Lemak 1.8 g

Protein 2.3 g

Karbohidrat 8.4 g

 

Hersanti S adalah Ibu dari seorang putri yang sangat bersemangat. Penuh minat pada dunia makanan untuk anak. Alumni Gizi Universitas Diponegoro ini bersama beberapa teman tergabung dalam Fanpage Facebook Kajubi Mama Kitchen sering berbagi tips dan resep praktis sebagai kepedulian terhadap gizi anak Indonesia.


Post Comment