Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Saat musim hujan datang, kerap dibarengi serangkaian penyakit yang mungkin saja menyerang Anda dan anggota keluarga. Cegah dengan beberapa kiat berikut ini.

Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Kesehatan dalam situasi apapun pantas untuk dijaga – termasuk saat musim hujan yang kini mulai dirasakan di beberapa daerah di Indonesia. Karena kalau sehat Anda dan keluarga bisa dengan leluasa berkegiatan dan berkarya sesuai dengan perannya masing-masing. Jika semua anggota keluarga sehat, si kecil bisa sekolah dan menyerap pelajaran dengan baik di kelas, Ayah bisa bekerja dengan leluasa, dan Anda sendiri mampu menyelesaikan kewajiban sebagai ibu.

Selain banyak manfaat yang didatangkan oleh musim hujan, misalnya tanah menjadi subur, tumbuhan mendapatkan suplai air yang memadai, cuaca juga menjadi sejuk. Namun di balik itu, ada beberapa potensi penyakit yang juga harus diwaspdai karena akan ada banyak genangan air – tempat sempurna untuk nyamuk berkembang biak dan pada akhirnya penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Anda bisa mencegahnya dengan:

  • Menggunakan obat anti serangga, karena kita tidak pernah tahu di mana nyamuk-nyamuk itu bersembunyi. Langkah ini semacam sebagai perlindungan ganda selain tiga langkah berikutnya yang akan saya bagi.
  • Memanfaatkan alat khusus untuk membasmi nyamuk, misalnya alat semacam raket yang dialiri listrik tegangan kecil. Namun, tetap hati-hati ya, Mommies saat menggunakan alat ini. Pastikan jauh dari jangkauan si kecil yang belum paham cara menggunakannya.
  • Masih familiar dong Mommies dengan benda yang bernama kelambu? Yep! Benda ini juga bisa Anda gunakan untuk mencegah datangnya nyamuk ke daerah tempat tidur Anda.
  • Singkirkan benda-benda yang dapat menampung genangan air, misalnya ember, atau bekas kaleng. Atau sesederhana membalik posisi benda-benda tadi.

Selain si makhluk kecil nyamuk tadi, sebaiknya Anda juga hati-hati dengan penyakit infeksi saluran cerna, infeksi jamur dan penyakit ashma yang dipicu karena lingkungan sekitar yang berubah menjadi lembap. Ini dia yang bisa Mommies lakukan untuk mengantisipasi penyakit-penyakti tadi “mampir” di anggota keluarga Anda.

Selanjutnya 6 poin lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian Mommies.