banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

author

?author?03 Feb 2016

Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Saat musim hujan datang, kerap dibarengi serangkaian penyakit yang mungkin saja menyerang Anda dan anggota keluarga. Cegah dengan beberapa kiat berikut ini.

Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Kesehatan dalam situasi apapun pantas untuk dijaga – termasuk saat musim hujan yang kini mulai dirasakan di beberapa daerah di Indonesia. Karena kalau sehat Anda dan keluarga bisa dengan leluasa berkegiatan dan berkarya sesuai dengan perannya masing-masing. Jika semua anggota keluarga sehat, si kecil bisa sekolah dan menyerap pelajaran dengan baik di kelas, Ayah bisa bekerja dengan leluasa, dan Anda sendiri mampu menyelesaikan kewajiban sebagai ibu.

Selain banyak manfaat yang didatangkan oleh musim hujan, misalnya tanah menjadi subur, tumbuhan mendapatkan suplai air yang memadai, cuaca juga menjadi sejuk. Namun di balik itu, ada beberapa potensi penyakit yang juga harus diwaspdai karena akan ada banyak genangan air – tempat sempurna untuk nyamuk berkembang biak dan pada akhirnya penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Anda bisa mencegahnya dengan:

  • Menggunakan obat anti serangga, karena kita tidak pernah tahu di mana nyamuk-nyamuk itu bersembunyi. Langkah ini semacam sebagai perlindungan ganda selain tiga langkah berikutnya yang akan saya bagi.
  • Memanfaatkan alat khusus untuk membasmi nyamuk, misalnya alat semacam raket yang dialiri listrik tegangan kecil. Namun, tetap hati-hati ya, Mommies saat menggunakan alat ini. Pastikan jauh dari jangkauan si kecil yang belum paham cara menggunakannya.
  • Masih familiar dong Mommies dengan benda yang bernama kelambu? Yep! Benda ini juga bisa Anda gunakan untuk mencegah datangnya nyamuk ke daerah tempat tidur Anda.
  • Singkirkan benda-benda yang dapat menampung genangan air, misalnya ember, atau bekas kaleng. Atau sesederhana membalik posisi benda-benda tadi.
  • Selain si makhluk kecil nyamuk tadi, sebaiknya Anda juga hati-hati dengan penyakit infeksi saluran cerna, infeksi jamur dan penyakit ashma yang dipicu karena lingkungan sekitar yang berubah menjadi lembap. Ini dia yang bisa Mommies lakukan untuk mengantisipasi penyakit-penyakti tadi “mampir” di anggota keluarga Anda.

    Selanjutnya 6 poin lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian Mommies.

    Kebersihan makanan dan air

  • Pastikan Mommies mengolah makanan yang akan dikonsumsi dengan matang. Jika harus mengonsumsi makanan mentah, cuci dengan air mengalir atau menggunakan cairan khusus untuk mencuci bahan pangan makanan.
  • Hindari makan di pinggir jalan, karena sudah bisa dipastikan kondisi untuk kesehatannya tidak mumpuni. Lebih baik memasak di rumah kan?
  • Minum air putih sesuai dengan takaran yang disarankan, minimal 1,5 liter perhari.
  • Jaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi, menggunakan sabun mandi yang mengandung antiseptik, tidak hanya wangi setelah mandi. Tapi juga mampu memberikan perlindungan terhadap bakteri setelah mandi. Saya biasanya melindungi keluarga dengan Dettol Original pH-Balanced, sabun cair anti bakteri.
  • Hindari menginjak genangan air karena bisa mengakibatkan infeksi pada kulit kaki. Dan jauhi cipratan air kotor karena bisa dipastikan mengandung banyak bakteri. Jika sudah terlanjur terjadi, saya akan lebih tenang dan yakin membasuh bagian yang terkena cipratan tadi menggunakan air yang sudah saya campur dengan larutan Dettol Antiseptik Cair.
  • Rajin mencuci tangan usai melakukan kegiatan apapun, cuci tangan di sini tentu saja dengan air mengalir dan menggunakan sabun anti bakteri.
  • Kiat Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

    Dan secara berkala membersihkan rumah dengan desinfektan, khususnya di daerah lembap seperti kamar mandi, gudang dan dapur. Bersihkan juga benda-benda yang berpotensi mengandung bakteri, contohnya remote TV, pegangan pintu, dan meja dengan carian Dettol Antiseptic. Sederhana saja kok, Mommies – cukup larutkan Dettol Antiseptic ke air yang akan digunakan untuk membersihkan benda-benda tadi. Selain itu, maksimalkam bukaan sirkulasi rumah Mommies. Tujuannya supaya sinar matahari masuk dan membunuh bakteri-bakteri berbahaya.

    Cukup mudah bukan menjaga kesehatan Mommies? Karena bagaimanapun mencegah jauh lebih baik daripada mengobati :)

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS