8 Pilihan Buku Untuk Balita

Ditulis oleh: Waristi Amila

I’m a bookworm. Kakek saya memperkenalkan saya dengan buku sejak kecil. Dan, well seperti yang sudah bisa diduga, saya menularkannya kepada anak-anak saya.

Kakek saya mengenalkan saya bukan pada buku komik atau cerita anak, tapi buku yang lebih “berat”, bacaan pertama saya saat kecil adalah “Tirani” dan “Benteng”, buku kumpulan puisi Taufik Ismail (dan saya adalah fans berat beliau!) dan itu berlanjut menjadi ratusan buku lainnya, sampai sekarang pun saya masih membeli setidaknya tiga buku per bulan.

Karena saya menikmati dan merasakan banyak sekali manfaat dari membaca, tentunya saya ingin anak-anak saya juga suka membaca tapi saya ingin mereka membaca yang sesuai dengan umur mereka, sebelum mulai membaca buku-buku mommy-nya :). Beberapa buku ini adalah buku yang dibaca Atar, anak tertua saya, saat dia kecil dan juga dibaca oleh Elora, si kecil yang berusia 4 tahun sekarang.

Elora - Reading

1. Winnie The Pooh, Seri Aku Bisa Membaca Sendiri
Buku ini adalah buku favoritnya Atar dan Elora. Dimulai dari buku 1 yang sangat sederhana kata-katanya sampai buku 15 yang kata-katanya semakin panjang dan kompleks. Mungkin buku ini sudah tidak dijual terpisah, tapi berdasarkan hasil pencarian di Google, sekarang ada satu buku yang merupakan kumpulan seluruh seri ini. Cerita sederhana dan penuh dengan pesan moral ditambah gambar-gambar lucu menjadi penyemangat anak untuk membaca.

2. Sweet Dreams, 5-minute Bedtime Stories
Buku ini berisi 10 cerita pengantar tidur sederhana dan menyenangkan untuk anak-anak. Kisahnya yang mudah dicerna membuat si kecil senang. Karena dalam Bahasa Inggris, Saya menggunakan buku ini juga sebagai sarana memperlancar kemampuan Bahasa Inggris Elora.

5 minutes bedtime stories

3. Vtech Nursery Rhyms
Buku ini sudah turun temurun sejak Atar, adik-adik sepupunya dan sekarang ke Elora. Umur bukunya sudah 14 tahun! Tapi tetap menyenangkan untuk anak-anak. Anak-anak diajar membaca melalui lirik lagu ditemani suara binatang-binatang dan musik. Menyenangkan!

Nursery Rhyms Book

4. 100 Cerita Rakyat Nusantara
Saya sangat suka dongeng rakyat. Waktu kecil, ayah saya senang sekali mendongeng untuk saya, dan sekarang saya gunakan buku ini untuk menceritakan ulang ke Elora. Cerita klasik Indonesia dengan tampilan yang lebih modern dan huruf yang mudah dibaca si kecil.

5. Es Krim Dari Sampah
Waktu pertama kali lihat bukunya, saya bingung, kok judulnya begini. Tapi ternyata cerita-cerita di dalamnya menyenangkan sekali untuk dibaca dan juga mengajarkan anak-anak untuk bisa lebih mencintai dan menjaga lingkungan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari

Es Krim Dari Sampah

6. Seri Dongeng Sepanjang Masa: Dongeng HC Anderson
Siapa yang tidak kenal HC Anderson? Cerita-ceritanya menjadi penghibur kita saat itu. Nah buku kumpulan cerita ini berisi dongeng-dongeng klasik HC Anderson seperti Thumbelina, Anak Itik Buruk Rupa, Putri Duyung dan banyak lagi. Ilustrasi di buku ini juga sangat indah.

7. Toto Chan – Gadis Cilik di Jendela
Sebenarnya ini buku favorit saya :),  tapi saya sudah bacakan ke Elora sejak dia masih usia dua tahun dan sekarang dia mulai membacanya sedikit-sedikit. Kisah tentang gadis kecil yang berbeda dari teman-temannya hingga kemudian sang Ibu membawanya untuk bersekolah di Gerbong Kereta Api! Cerita ini mengajarkan bahwa kita tidak perlu takut dan sedih karena berbeda.

Toto Chan

Membuat anak menyukai buku tidak seperti membuat mereka menyukai cokelat. Kadang mereka bosan (apalagi kalau bukunya lebih banyak tulisan daripada gambarnya) tapi apabila kita bisa menciptakan waktu membaca yang menyenangkan – bisa dengan membacakan menggunakan intonasi dan gaya lucu, menciptakan sudut membaca yang menyenangkan atau sesederhana duduk di samping mereka saat mereka membaca – anak-anak akan lebih mudah untuk menikmati buku dan akhirnya menjadi generasi yang bisa menghargai buku dan gemar membaca.

Besok saat weekend mencari pilihan buku untuk balita, info ke saya ya Moms pilihan Anda, siapa tahu bisa menjadi ide juga untuk saya :).


Post Comment