Selamat Tinggal Dapur yang Monoton

Ruangan dapur pada rumah tidak kalah pentingnya dengan ruangan lain. Tidak mengherankan kalau desain dapur harus diperhatikan dengan seksama.

dapur minimalis1

Dari awal menikah, saya sudah bilang ke suami, kelak kalau kami punya rumah sendiri harus punya dapur yang bagus. Ya… walaupun ilmu masak memasak saya masih seujung kuku, tapi saya sendiri punya cita-cita untuk bisa mengolah makanan kegemaran keluarga. Biar gimana, makanan rumahan itu akan jauh lebih sehat ketimbang jajan di luar.

Paling nggak, kalau dapur udah nyaman, saya pun akan lebih betah mengolah masakan. Ajang masak bersama anak juga akan lebih mengasikan. Dari sekian banyak desain dapur yang sudah saya lihat di berbagi referensi, seperti majalah termasuk media online seperti Balkonie.com, saya pun bermimpi ingin punya dapur yang terlihat tidak monoton, di mana dapur perlu diberi sedikit sentuhan gaya  gaya minimalis.

Gaya ini membuat dapur terkesan lebih bersih dan simpel. Dalam konsep minimalis, biasanya penghuni rumah menggabungkan dapur dengan ruang makan. Di dalam dapur juga ditempatkan meja makan berukuran kecil yang cukup untuk menampung jumlah penghuni rumah. Ya, cocoklah buat keluarga kecil macam saya ini.

Menurut artikel yang sudah saya baca di balkonie.com ada beberapa komponen yang harus diperhatikan jika ingin membuat dapur tidak monoton. Apa saja?

Furniture untuk Dapur & Ruang Makan Desain Minimalis

desain dapur minimalis

Sebelum memutuskan furnitur yang akan digunakan pada dapur, ada baiknya jika mengukur ukuran dapur terlebih dahulu. Dapur berukuran besar akan memberikan ruangan yang cukup banyak untuk penempatan furnitur dan membuat ruang makan menjadi sempurna.

Sebaiknya gunakan meja makan berbentuk oval dan persegi yang bisa menampung delapan orang sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa mencocokkan warna furnitur dengan warna dapur agar semua elemen di dapur terlihat seimbang.

Pilihlah furnitur yang minimalis agar tidak terkesan memaksakan layaknya furnitur berukuran besar yang hanya menghabiskan lahan sehingga membuat dapur menjadi sempit dan terasa tidak nyaman. Tentunya Anda menginginkan dapur yang nyaman untuk mengolah masakan, bukan?

Warna Ruang Dapur

Berbeda dengan ruangan dapur lainnya, ruangan dapur berbentuk minimalis harus diberikan warna cerah agar dapat memicu nafsu makan. Warna gelap dapat pula dikombinasikan di dapur, asalkan dengan porsi yang sesuai dengan ruangannya.

Seperti misalnya menggunakan warna putih sebagai warna dominan dalam dapur dan dikombinasikan dengan warna abu-abu yang lembut.  Selain itu, beberapa warna dari item yang tentunya berwarna senada di dalam ruangan yang akan menambah sentuhan lembut nan menawan dari ruang dapur tersebut.

Dengan memperhatikan komponen di atas, maka dapur pun akan jauh dari kesan monoton.

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama dengan Balkonie.com

 

 


Post Comment