7 Board Game Seru Sebagai Media Edukasi si Kecil

Akhir pekan seperti ini enaknya ngapain, ya, bersama keluarga? Kalau saya, sih, biasanya akan memanfaatkan waktu untuk kencan bersama si kecil, olahraga bersama, atau bermain board game di rumah.

Biasanya, nih, menjelang akhir pekan, Bumi sudah mulai tanya ke saya dan bapaknya, “Bu… minggu ini kita mau ke mana? Enaknya ngapain, ya?”. Nggak heran, ya, kita sebagai orangtua akhirnya perlu mengatur biaya akhir pekan. Biar cash flow nggak ‘bocor’, hahahaa… Biasanya, sih, pilihannya nggak akan jauh-jauh dari mengeksplorasi taman di Jakarta termasuk tempat wisata alam seperti Kebun Raya Bogor. Tapi, saya selalu menekankan ke Bumi, kalau akhir pekan nggak harus diisi dengan jalan-jalan.

Masalahnya, nih, kalau di rumah saya, saya sering bingung mengisi aktivitas. Nggak mungkin, dong, kalau hanya bermain gadget. Untuk itulah kegiatan D I Y sangat membantu, termasuk bermain board game. Saya percaya permainan seperti ini bisa jadi sarana media edukasi yang efektif buat anak seusia Bumi. Buat saya, board game ini nggak cuma permainan yang menyenangkan dan seru, tapi efektif meningkatkan kecerdasan anak, bahkan mengajarkan keterampilan lainnya.

Manfaat yang didapatkan lewat permainan yang satu ini juga sangat banyak. Bisa melatih keterampilan dasar membaca dan matematika. Termasuk mengajarkan anak untuk belajar sabar. Soalnya, ketika bermain bersama teman-temannya, mereka otomatis bisa harus belajar untuk menunggu giliran dan harus menaati peraturan. Permain ini juga akan mengajarkan anak untuk bersosialisasi di mana anak-anak akan berinteraksi dan harus menghargai teman-temannya. Board game pun dapat melatih anak untuk lebih konsentrasi, memecahkan masalah, berstrategi, serta berpikir kreatif dan kritis.

Asiknya lagi, board game ini nggak hanya bisa dimainkan anak-anak saja, kita sebagai orangtua masih bisa menikmatinya. Berikut ada beberapa board game yang bisa dipilih.

Ular Tangga

Wah, kalau board game yang satu ini sudah familiar, dong, yah. Dari zaman saya kecil, saya paling senang main ular tangga. Sampai sekarang permainan ini juga masih cukup nge-hits. Permainan ini bisa dimainkan dua orang, di mana pemain harus adu cepat menuju finish. Tapi ketika ‘dimakan’ ular, harus siap-siap turun ke angka yang lebih kecil.

Monopoly

monopoly

Saya ingat sekali, permainan ini jadi mainan favorit saya selain congklak dan bola bekel. Kalau ngumpul bersama temen-teman, nggak afdol kalau nggak main permainan yang satu ini. Monopoly tidak hanya melatih anak untuk berstrategi, karena harus bisa membeli atau menjual properti. Permainan ini jufa mengajarkan anak berhitung. Ya, hitung-hitung mengajarkan anak metematika ataupun mengajarkan anak menghitung uang.

Candy Land

Game boar ini terbilang sederhana, jadi sangat cocok dimainkan anak-anak yang masih berusia dini, anak 3 tahun sudah bisa menikmatinya. Soalnya permainan ini tidak membutuhkan keahlian membaca atau berhitung. Warna-warnanya yang cerah seperti permen yang ditawarkan akan menggugah perhatian anak-anak.

Twister

Dibandingan board game yang lainnya, permainan ini bisa dibilang memang masih jarang dimainkan di Indonesia. Saya sendiri masih sangat penasaran ingin mencobanya. Cuma, setelah membaca beberapa berita ataupun blog, twister merupakan sebuah permainan yang mengandalkan skill keluwesan tubuh.

Jadi, kalau Mommies yang ingin mengajak bermain si kecil dengan menguji keahlian fisik bisa mencoba permainan twister, yang dimainkan di atas karpet plastik besar. Cara bermainnya simple nanti bisa bermain ber 2-4 orang, cara bermain kita harus menggunakan tubuh kita untuk mengikuti instruksi.

Scrabble

Permainan papan ini, si kecil bisa melatih untuk menyusun kata, dimana permainan ini pemain harus mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak. Biji permainan berupa keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi. Pemain mengambil hingga sebanyak tujuh buah keping huruf dari kantong, dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang.

Boggle

Kalau Mommies sudah sering bermain Scrabble, mungkin bisa memilih permainan Boggle. Boggle merupakan word game yang didesain untuk bisa dimainkan dengan menggunakan dadu-dadu kecil berhuruf, dimana para pemain bisa merangkai kata-kata dari huruf-huruf yang berdekatan.

Jenga

board gameJenga

Ada yang sudah memainkan permainan ini? Jenga merupakan permainan santai yang memerlukan keahlian mental, fisik dan strategi. Menurut artikel yang sudah saya baca, Leslie Ann Scott lah yang pertama kali merintis permainan Jenga di tahun 1970-an. Scott adalah seorang desainer permainan kayu (game board) dan pendiri Oxford Games Ltd. Jadi, permainan ini kita sebagai pemain perlu menyusun setumpuk balok ke atas, Konon, permainan ini adalah permaiana yang menginspirasi permaian Uno dan Stacko.

Gimana seru, ya, bermain board game ini. Saya, kok, jadi mau beli semua, ya….


Post Comment