4 Kesalahan Memasang Tirai yang Harus Dihindari

Ternyata memasang tirai membutuhkan perhitungan yang matang, tak semudah yang dibayangkan. Temukan 4 kesalahan memasang tirai yang harus Anda hindari.

bedroom-window-treatments-houzz

Gambar dari www.mymasterbedroomideas.com

Beberapa waktu lalu saya sempat membeli tirai baru untuk jendela ruang tamu dan kamar di rumah saya. Sayangnya ternyata lebar tirai terlalu rendah, dan panjang tirai tidak sesuai dengan bingkai jendela. Padahal sudah saya ukur loh, sebelum pergi ke toko tirai. Untuk Mommies yang hendak memasang tirai, supaya tidak mengalami kasus serupa seperti saya, yuk, perhatikan empat kesalahan berikut ini yang biasanya terabaikan.

  1. Kesalahan menggantung tirai

Mommies harus menghindari menggantung tirai terlalu rendah sehingga hampir menyentuh lantai atau bahkan mengenai lantai. Pemasangan tirai yang benar dipasang di atas frame jendela. Biasanya digantung 10 hingga 20 cm dari frame jendela tersebut.  Pada dasarnya, menggantung tirai dengan jarak lebih tinggi dilakukan untuk memberikan kesan tinggi pada ruangan. Anda juga harus menghindari pemasangan tirai yang terlalu tinggi jika tirai Anda tidak cukup panjang untuk menutupi hingga bawah. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli tirai pastikan Anda mengukurnya terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran tirai yang sesuai dengan kebutuhan jendela rumah Anda. Biasanya, tirai memiliki ukuran panjang sekitar 150 cm hingga 3 meter dan hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Kesalahan ukuran batang tirai

Sebelum Anda memasang tirai, pastikan batang tirai memiliki ukuran yang sesuai dengan tirai yang akan Anda pasang. Pastikan juga bahwa batang tirai yang Anda miliki sesuai dengan ukuran jendela yang akan Anda pasangkan tirai. Pastikan juga bahwa matahari tidak dapat masuk ke jendela apabila tirai tersebut ditutup. Dengan kata lain, pastikan bahwa ukuran batang tirai dan tirainya sesuai dengan ukuran jendela. Jika Anda memiliki jendela yang besar, maka Anda dapat menggunakan dua panel tirai untuk menutupinya. Nah, di poin inilah saya melakukan kesalahan, tidak mengukur secara teliti – antara ukuran jendela dan tirai.

  1. Kesalahan memperhatikan material besi batang tirai

Terdapat berbagai jenis bahan tirai yang dapat Anda gunakan dari yang berwarna, berpola, dan hingga jenis kain yang berbeda. Ada beberapa jenis kain tirai yang membuat tirai menjadi sedikit lebih berat. Kesalahan yang biasanya dilakukan adalah bahwa pengguna tirai tidak memerhatikan antara kekuatan besi batang tirai dengan beban tirai yang digantung tersebut. Pilihlah jenis besi batang tirai yang kuat yang dapat menahan beban jenis kain apapun.

  1. Wajib disetrika sebelum digunakan

Salah satu kesalahan sederhana yang sering dijumpai adalah bahwa Mommies menggunakan tirai yang tidak disetrika terlebih dahulu. Tirai yang digunakan sebelum disetrika biasanya memunculkan kesan yang berantakan.

Adakah kesalahan yang pernah Mommies perbuat, atau mau membagi kiat lainnya seputar memasang tirai? Kami tunggu ceritanya ya, Mommies.

*Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Mommies Daily dan Balkonie.com


Post Comment