7 Tanaman Kesehatan yang Bisa Ditanam Sendiri

Hari ini merupakan Hari Gerakan Satu juta Menanam Pohon, Anda pun bisa turut berpartisipasi dengan menanam 7 tanaman untuk kesehatan berikut ini.

7 Tanaman Kesehatan yang Bisa Ditanam Sendiri

Yang namanya tanaman, tumbuhan atau pohon identik dengan segar dan sehat – setuju dong, Mommies? Dengan memperbanyak menanam tanaman artinya kita juga memperbanyak ruang terbuka hijau yang membuat rumah menjadi ramah lingkungan. Efek jangka panjangnya, Mommies akan mengurangi permasalahan banjir dan turut menjadi bagian melestarikan produksi oksigen untuk makhluk hidup.

Selain itu nggak ada salahnya mengajak serta si kecil untuk menanam aneka tanaman di pekarangan rumah, karena akan membantunya menumbuhkan rasa cinta terhadap bumi. Tanaman yang bisa Anda tanam sendiri di antaranya tanaman kesehatan, apa sajakah itu?

  1. Lidah Buaya

Memiliki nama latin Aloe Vera, tumbuhan ini berkhasiat melancarakan pencernaan, yaitu dengan memanfaatkan bagian daging yang terlebih dahulu dibuat sebagai campuran minuman. Selain itu, getahnya bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada luka kulit akibat paparan sinar matahari dan menjaga kesehatan rambut.

  1. Lavender

Aroma lavender bisa Anda andalkan untuk menghalau nyamuk membandel di rumah. Dan tanaman berwarna ungu ini juga berguna sebagai antiseptik dan anti-inflasmasi. Untuk kecantikan manfaatkan lavender yang dicampur air panas, lalu nikmati uap yang muncul untuk menyegarkan wajah Mommies.

  1. Pandan

Tak hanya terkenal sebagai pewarna makanan alami, ternyata pandan juga bisa digunakan sebagai meringkan gajala rematik. Ambil dua atau tiga lembar daun pandan, iris kecil-kecil dan seduh bersama setengah cangkir minyak kelapa. Aduk rata, dan gunakan sebagai munyak gosok ketika sudah dingin.

  1. Sirih

Biasanya saya menggunakan daun sirih yang dicampur dalam air hangat untuk mandi. Aromanya benar-benar menenangkan sekaligus sebagai obat alami keputihan. Tumbuhan rambat ini juga bisa Anda gunakan sebagai obat luka bakar, ambil beberapa lembar daun sirih, panaskan sebentar hingga layu dan tempelkan pada bagian kulit yang terbakar.

  1. Temulawak

Tanaman populer yang biasanya diolah menjadi jamu ini memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan Mommies. Di antaranya, manambah nafsu makan, menurunkan kolesterol dalam darah, dan melancarkan ASI.

  1. Kemangi

Tidak hanya enak dibuat lalapan, kemangi juga bisa menyembuhkan beberapa keluhan pada perut, seperti kembung dan sakit perut. Tak hanya itu kemangi juga dapat meningkatkan nafsu makan.

  1. Jahe

Manfaat jahe benar-benar bisa saya Andalkan untuk mengusir masuk angin dan meningkatkan imunitas tubuh. Caranya dengan membakar sebentar, lalu bersihkan, memarkan dan rebus sekitar 20 menit. Campur dengan madu ketika air rebusan sudah tidak terlalu panas, minum dan rasakan manfaatnya.

7 tanaman kesehatan yang bisa ditanam sendiri di atas, selain mempercantik tampilan taman Mommies, sekaligus bermanfaat untuk menjaga kesehatan anggota keluarga. Dan yang paling penting Mommies sudah menjadi bagian untuk melestarikan bumi dan berpartisipasi dalam Hari Gerakan Satu juta Menanam Pohon :)