Beautiful pregnant woman lying in bed and sleeping

7 Hal yang (Sulit) Dilakukan di Depan Umum Saat Hamil

Ditulis oleh: Leriza Puteri

Saat hamil ada beberapa hal yang sebenarnya ingin banget saya lakukan tapi sayangnya tidak bisa. Apakah Mommies juga mengalaminya?

1. Melepas bra saat di kantor

Memasuki trimester kedua dada saya rasanya sudah sama sesaknya dengan saat hamil. Kalau boleh, ingin rasanya melepas bra yang terasa ‘membelenggu’. Makanya, saat tiba di rumah menjadi momen yang membuat saya merasa sangat merdeka :D.

2. Mengatakan ke orang lain kalau saya tidak suka bau tubuh atau parfumnya

Masalahnya, saat hamil hidung saya mulai sensitif. Jadi kalau ada aroma parfum yang menyengat dikit atau aroma tubuh yang membuat saya mual, saya bawaannya ingin segera mengatakan ke orang tersebut untuk mengganti aromanya, tidak peduli saya kenal atau tidak.

3. Duduk ‘ngangkang’

Semakin besar usia kehamilan, semakin sulit bagi saya untuk duduk manis merapatkan kedua belah paha. Masalahnya, saat meeting atau bertemu klien, kok rasanya nggak nyaman ya duduk mengangkang, hahaha.

4. Mengangkat separuh baju agar perut saya tidak tertutup

Masuk trimester ketiga, rasanya hampir semua baju yang ada di lemari tak ada lagi yang cukup. Meskipun sudah memilih baju yang terlihat cukup longgar, kenyataannya tetap saja saat menyentuh perut jadi tak nyaman. Kadang-kadang saya ingin membuka perut di manapun biar tidak merasa kesempitan lagi. Sayangnya, ini hanya mungkin saya lakukan di kamar saja.

Beautiful pregnant woman lying in bed and sleeping

 

*Image diambil dari everyday-families.com

5. Buang angin sesukanya

Entah bagaimana, saat hamil ini saya jadi sering sekali buang angin. Konon katanya akibat sistem pencernaan yang kerjanya melambat selama hamil. Akibatnya jadi banyak gas yang terkumpul di dalam perut. Kalau ditahan-tahan, sudah pasti membuat perut jadi tak nyaman. Jangankan pada ibu hamil, saya yakin yang tak hamil pun pasti merasakan hal yang sama. Seringkali saya merasa ingin buang angin kapan pun dan di manapun saya berada.

6. Memegangi payudara yang kadang terasa nyeri

Membesarnya payudara saat hamil, bagi sebagian ibu pasti cukup membahagiakan. Tapi, seiring dengan membesarnya payudara tersebut, kadang-kadang juga dibarengi dengan rasa nyeri (seperti saat mau datang bulan). Lagi-lagi reflek ingin memegangi payudara yang nyeri bisa saja terjadi dan ingin memeganginya di mana pun. Saya sering merasakan hal ini ketika sedang berada di kendaraan umum. Rasanya? Salah tingkah!

7. Menangis saat ingin menangis

Kalau lagi lelah di pekerjaan, jalanan macet, klien atau atasan menyebalkan, rasa-rasanya saya ingin sekali nangis tanpa juntrungan. Nangis senangis-nangisnya dan membuat hati menjadi lega. Tapi kalau saya mendadak nangis di kantor atau di jalan, nanti saya dikira mengalami KDRT. Repot jadinya, kan.

Demikian pengakuan dari saya :D.


Post Comment