Memahami Pemakaian Kartu Kredit yang Benar

Ditulis oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Sudah tahun 2016 jangan sampai kita masih terjebak dengan penggunaan kartu kredit yang salah ya Moms.  Tidak ada salahnya kita mencoba memahami pemakaian kartu kredit yang benar.

Mommies, punya kartu kredit? Kartu sakti yang sangat disukai oleh ibu-ibu untuk berbelanja ini ibarat dua sisi mata uang. Bila digunakan dengan baik, maka bisa membawa manfaat. Sedangkan, jika tidak digunakan dengan bijak, maka bisa membawa berbagai masalah keuangan di kemudian hari. Ada beberapa hal yang sebaiknya dipahami dalam penggunaan kartu kredit.

Pemakaian Kartu Kredit

 

*Image dari media.coindesk.com

1. Fungsi utama kartu kredit

Sesuai dengan namanya, kartu kredit berfungsi untuk membantu Anda menunda pembayaran untuk beberapa hari kedepan dan membantu Anda untuk mencicil pembelian barang. Sayangnya, biaya untuk mencicil tidak murah karena biaya bunga yang tinggi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membayar lunas tagihan yang datang saat jatuh tempo.

2. Tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo

Setiap kartu kredit punya siklus yang berbeda-beda. Setelah melakukan pembelian, maka semua transaksi akan dikumpulkan hingga tiba saatnya tanggal cetak tagihan. Setelah tagihan tercetak, maka semua saldo transaksi menjadi utang Anda. Jika Anda membayar seluruh tagihan saat tanggal jatuh tempo, maka tidak ada biaya tambahan yang timbul.

3. Pembayaran minimum dan seluruh tagihan

Setiap mendapat tagihan, Anda akan mendapat opsi untuk membayar minimum payment atau membayar seluruh tagihannya. Nah, sebaiknya Anda mengambil opsi membayar seluruh tagihan agar tidak menimbulkan biaya bunga utang kartu kredit.

4. Biaya administrasi dan biaya iuran tahunan

Setiap kartu kredit memiliki struktur biaya administrasi dan iuran tahunan yang berbeda-beda. Ada jenis kartu kredit yang menagih setiap bulan, tetapi ada juga yang memberi peluang menjadi gratis jika sering menggunakan kartu kredit. Pelajari berbagai manfaat dan poin hadiah yang diberikan oleh kartu kredit, agar dapat mendapat manfaat yang lebih besar.

Berikut ini adalah tips agar keuangan tetap aman meski Anda memiliki kartu kredit.

• Kartu kredit merupakan kartu pengganti uang cash. Anda harus sadar betul bahwa kartu kredit bukanlah kartu yang dapat menambah jumlah uang yang Anda miliki. Ketika Anda menggesek kartu kredit, Anda hanya melakukan penundaan pembayaran. Dengan tingginya bunga kartu kredit, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kartu ini sebagai alat berutang, terlebih jika alasannya untuk menopang gaya hidup Anda.

• Selalu bayar tagihan kartu kredit secara lunas saat jatuh tempo. Saya yakin Anda tidak akan mau membayar beban bunga yang bisa mencapai 40% setahun, bukan? Dengan membayar tepat waktu, Anda juga tidak akan terkena denda keterlambatan.

• Perhatikan kemampuan bayar Anda, bukan limit kartu kredit. Berapa pun tingginya limit kartu kredit Anda, apabila Anda tidak memiliki kemampuan membayar yang setara maka hal ini bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri.

• Idealnya, satu orang hanya boleh memiliki maksimal dua kartu kredit. Kartu kredit pertama digunakan untuk operasional dan kartu kredit kedua sebagai cadangan.

Yuk bijak dalam berkartu kredit. Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

 


Post Comment