banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

10 Cara Menyiasati Rasa Bosan Dalam Bekerja

author

Mommies Daily05 Jan 2016

10 Cara Menyiasati Rasa Bosan Dalam Bekerja

Ditulis oleh: Waristi Amila

Namanya orang bekerja, pasti ada masanya kita diserang rasa bosan. Agar ini tidak membuat performa kerja menurun, saya memiliki 10 cara menyiasati rasa bosan dalam bekerja.

Dalam beberapa kali periode kerja saya di beberapa perusahaan berbeda, saya akui ada masanya saya merasa bosan dengan rutinitas harian. Padahal load kerja saya termasuk tinggi (yang seharusnya) tidak memberi tempat untuk merasa bosan. Faktanya, tetap saja saya bosan, hahaha. Masalahnya, solusi menghadapi bosan dalam bekerja itu kan nggak semudah kalau saya bosan di rumah saja pada saat weekend ya. Bosan di rumah saya bisa melipir ke mall atau baca buku bagus. Bosan sama pekerjaan? Masa iya saya main resign untuk leyeh-leyeh dan kemudian nyari pekerjan baru. Sini siapa? Hehehe. Sini kan masih butuh income untuk membiayai hidup dua anak :D.

Salah nggak sih kalau kita diserang rasa bosan? Nggak. Yang salah adalah kalau kita membiarkan rasa bosan itu mempengaruhi kinerja kita. Sudah mencoba menciptakan rasa bahagia saat bekerja, sekarang saatnya kita melawan si rasa bosan. Kita bisa dengan mudah mengalahkannya dan tetap sukses di karir.

1. Find (back) your own motivation

Saya tidak pernah bosan untuk bilang kalau segala hal kembali ke diri kita sendiri. Jadi, coba ingat-ingat motivasi awal kenapa kita memilih perusahaan atau jenis pekerjaan ini. Cuma untuk memenuhi kebutuhan hidup? Itu tetap motivasi, tagihan bulanan tidak berhenti saat kita bosan, kan?

2. Set a new standard

Manusia akan lebih semangat kalau ada hal yang harus dia raih. Jadi, rencanakan bagaimana kita bisa meningkatkan hasil kerja dari yang biasa kita lakukan atau bisa coba metode baru dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Menyiasati rasa bosan saat bekerja

*Image dari livedeposition.com

3. Looking for new challenges

Ingat waktu pertama masuk kerja? Semangat sekali kan? Karena ada hal baru yang akan dilakukan. Jadi, kenapa tidak coba mencari hal baru untuk dipelajari? Tawarkan bantuan ringan pada rekan kerja – rasa bosan hilang, teman pun jadi sayang :).

4. Re-arrange your table

Ciptakan suasana baru lewat hal-hal sederhana. Menyusun ulang meja kerja sangat mudah dilakukan tapi efektif, jangan ragu untuk menambahkan ornamen kecil ke meja. Meja cantik, semangat balik lagi.

5. Find a new working environment.

Perusahaan mengizinkan kita bekerja dari luar kantor? Manfaatkan! Kadang kita hanya perlu suasana baru. Seringnya tidak perlu jauh-jauh kok, kalau saya bosan di meja, saya bawa laptop ke Pantry kantor dan bekerja di sana.Sekarang kan juga sudah banyak co-working space yang memungkinkan kita bekerja nggak melulu dari balik meja kantor. 

Beberapa cara ampuh lainnya adalah berbicara dengan rekan kerja ataupun atasan Anda. Kok bisa?

6. Talk to your friend

Kalau rasa bosan terasa makin parah, coba bicara dengan teman terdekat kita. Kadang tanpa kita sadari, bicara menjadi alat terapi yang ampuh, karena mungkin rasa bosan kita hadir dari perasaan tertekan dan terputus dari lingkungan sosial.

7. Take a quick break

Saya pernah merasa bosan yang amat sangat di kantor, dan setelah memeriksa kalender personalia, ternyata saya belum seharipun cuti selama hampir 4 bulan! Tanpa pikir panjang, saya memutuskan untuk cuti selama satu minggu. Tapi pastikan kita sudah well prepare agar cuti tidak terganggu pekerjaan. Setelah itu? Saya kembali segar di kantor.

8. Do your hobby

Melakukan hal yang kita suka membuat diri kita merasa semangat. Teman baik saya akan menghabiskan akhir pekannya memasak berbagai jenis kue, yang lainnya asyik di bengkel, saya? Membaca banyak buku atau menulis cerpen atau novel saya sendiri. Jadi, mulai temukan hal yang kita suka, dan mulailah melakukannya.

cara menyiasati rasa bosan dalam bekerja

9. Talk to your boss

Ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang. Bicara pada atasan seringnya dianggap tabu karena kita tidak mau kelihatan mengeluh atau tidak mampu. Tapi kalau rasa bosan tidak kunjung hilang, coba bicara dengan jujur (tapi tetap professional) dan meminta pendapat pada atasan kita. Saya pernah coba, hasilnya? Saya diizinkan untuk mengikuti training tentang public speaking – rasa bosan hilang dan saya punya ilmu baru.

10. Find a new job

Ok, ini memang cara terakhir. Tapi, apabila rasa bosan tidak kunjung hilang meski berbagai hal sudah kita lakukan, mungkin memang sudah saatnya meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan memulai karir di tempat baru. Your career is not your job, karir kita akan tetap bisa berkembang dan melesat walaupun kita tidak bekerja di tempat yang sama dan melakukan pekerjaan yang sama.

Rasa bosan bukan hal yang bisa dihindari, tapi itu tidak boleh jadi lebih kuat dari kita dan membuat kita berhenti. Jadi, mari ubah kebiasaan, lakukan hal positif yang membuat kita lebih semangat, dan terus bergerak maju karena kesuksesan ada di ujung jalan, tapi dia harus dihampiri, bukan ditunggu.

PAGES:

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan