10 Cara Menyiasati Rasa Bosan Dalam Bekerja

Ditulis oleh: Waristi Amila

Namanya orang bekerja, pasti ada masanya kita diserang rasa bosan. Agar ini tidak membuat performa kerja menurun, saya memiliki 10 cara menyiasati rasa bosan dalam bekerja.

Dalam beberapa kali periode kerja saya di beberapa perusahaan berbeda, saya akui ada masanya saya merasa bosan dengan rutinitas harian. Padahal load kerja saya termasuk tinggi (yang seharusnya) tidak memberi tempat untuk merasa bosan. Faktanya, tetap saja saya bosan, hahaha. Masalahnya, solusi menghadapi bosan dalam bekerja itu kan nggak semudah kalau saya bosan di rumah saja pada saat weekend ya. Bosan di rumah saya bisa melipir ke mall atau baca buku bagus. Bosan sama pekerjaan? Masa iya saya main resign untuk leyeh-leyeh dan kemudian nyari pekerjan baru. Sini siapa? Hehehe. Sini kan masih butuh income untuk membiayai hidup dua anak :D.

Salah nggak sih kalau kita diserang rasa bosan? Nggak. Yang salah adalah kalau kita membiarkan rasa bosan itu mempengaruhi kinerja kita. Sudah mencoba menciptakan rasa bahagia saat bekerja, sekarang saatnya kita melawan si rasa bosan. Kita bisa dengan mudah mengalahkannya dan tetap sukses di karir.

1. Find (back) your own motivation
Saya tidak pernah bosan untuk bilang kalau segala hal kembali ke diri kita sendiri. Jadi, coba ingat-ingat motivasi awal kenapa kita memilih perusahaan atau jenis pekerjaan ini. Cuma untuk memenuhi kebutuhan hidup? Itu tetap motivasi, tagihan bulanan tidak berhenti saat kita bosan, kan?

2. Set a new standard
Manusia akan lebih semangat kalau ada hal yang harus dia raih. Jadi, rencanakan bagaimana kita bisa meningkatkan hasil kerja dari yang biasa kita lakukan atau bisa coba metode baru dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Menyiasati rasa bosan saat bekerja

*Image dari livedeposition.com

3. Looking for new challenges
Ingat waktu pertama masuk kerja? Semangat sekali kan? Karena ada hal baru yang akan dilakukan. Jadi, kenapa tidak coba mencari hal baru untuk dipelajari? Tawarkan bantuan ringan pada rekan kerja – rasa bosan hilang, teman pun jadi sayang :).

4. Re-arrange your table
Ciptakan suasana baru lewat hal-hal sederhana. Menyusun ulang meja kerja sangat mudah dilakukan tapi efektif, jangan ragu untuk menambahkan ornamen kecil ke meja. Meja cantik, semangat balik lagi.

5. Find a new working environment.
Perusahaan mengizinkan kita bekerja dari luar kantor? Manfaatkan! Kadang kita hanya perlu suasana baru. Seringnya tidak perlu jauh-jauh kok, kalau saya bosan di meja, saya bawa laptop ke Pantry kantor dan bekerja di sana.Sekarang kan juga sudah banyak co-working space yang memungkinkan kita bekerja nggak melulu dari balik meja kantor. 

Beberapa cara ampuh lainnya adalah berbicara dengan rekan kerja ataupun atasan Anda. Kok bisa?


Post Comment