Smarter Lighting, Nyalakan Lampu dari Mana Saja

Nggak bisa dipungkiri, kalau kehidupan kita ini kian dimudahkan dengan kecanggihan teknologi.  Termasuk saat menyalakan lampu di rumah yang kini bisa dinyalakan dari mana saja.

Akhir tahun lalu saya berkesempatan untuk mengikuti gelaran acara Philips Innovation Experience Jakarta 2015 di Hotel Le Meridien Jakarta. Waktu itu, saya banyak melihat ragam inovasi yang sudah dan akan dikembangkan oleh Philips. Seperti yang kita ketahui, selama lebih dari 120 tahun, Philips memang  selalu berusaha membuat ragam solusi untuk meningkatkan kualitas hidup orang banyak.

Dalam acara jumpa pers, Suryo Suwigno, Presiden Direktur Philips Indonesia sempat mengatakan, kalau langkah yang sudah dilakukan Philups tidak terlepas untuk menjawab tantangan yang dihadapi dunia saat ini dan di masa mendatang. “Di negara yang dinamis seperti Indonesia, masyarakat mengharapkan inovasi yang dapat mengubah hidup mereka. Di Philips kami menitik beratkan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui teknologi. ”

Waktu itu saya pun sempat mendaptakna pengalaman langsung yang berkaitan dengan inovasi yang sudah dilakukan Philips Innovation Experience. Ada banyak topik yang diangkat, mulai dari Empowering Healthy Living, Advancing Healthcare, hingga Smarter Lighting.

nyalakan lampu rumah dari mana saja

Dari sekian banyaknya inovasi yang mereka kembangkan, saya paling suka dengan solusi Philips Hue. Di mana lewat Philips Hue ini, kita lebih mudah mengontrol pencahayaan lampu di rumah. Soalnya teknologi yang dikembangkan di sini dirancang khusus untuk memudahkan kita mengontrol sistem pencahayaan menggunakan ponsel pintar atau tablet. Aplikasi Philips Hue yang intuitif ini memungkinkan kita untuk mengontrol semua lampu di rumah hanya lewat  satu sentuhan atau usapan pada ponsel pintar.

Jadi kebayang, kalau saat liburan ke luar kota ataupun mudik, jadi nggak perlu menyalakan lampu sepanjang waktu atau nggak perlu repot menitipkan rumah pada tetangga untuk minta tolong menyalakan lampu secara manual. Toh, di mana pun kita berada bisa menyalakan lampu sendiri, modalnya hanya ponsel ponsel Android maupun iOS saja.

Selain bisa menyalakan lampu dari mana pun, teknologi ini pun bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tingkat cahaya yang diinginkan. Kalau memang membutugkan cahaya yang terang menderang, kita hanya perlu menyesuaikannya. Termasuk ketika butuh cahaya yang redup saat kita ingin beristirahat. Teknologi yang digunakan adalah teknologi Perfect Digital Dimming.

Inovasi menarik lainnya adalah  “Smart Air Purifiers”. Sama seperti Philips Hue, sebuah alat yang berfungsi untuk menciptakan udara yang lebih bersih dalam rumah ini juga bisa dikontrol lewat ponsel pintar. Di mana teknologi ini bisa bisa menginformasikan mengenai kualitas udara di dalam maupun di luar ruangan secara real time. Keren, ya!

 


Post Comment