5 Kesalahan Perawatan Kulit Wajah yang Dilakukan Working Mom

Sibuk dengan urusan kantor, ataupun domestik, bukan berarti kita bisa memberikan ‘pembenaran’ karena melakukan kesalahan dalam melakukan perawatan kulit.

Setuju, dong, ya kalau perempuan yang usianya sudah di atas 30 tahun bisa punya masalah kulit yang beragam? Kalau mau disebut satu persatu, pasti daftarnya panjang banget. Nggak heran kalau perempuan seusia saya ini harus banyak investasi supaya kulit wajah tetap sehat.

Masalahnya, nih, meskipun sudah paham kalau banyak aturan dalam menjaga kesehatan untuk bagi perempuan usia 30-an, satu atau dua kali tetap saja saya pernah melakukan kekhilafan. Untuk itu, di awal tahun ini saya ingin melakukan ‘pengakuan dosa’ yang berkaitan dengan perawatan kulit wajah.  Harapannya daftar yang saya buat ini bisa mengingatkan saya untuk tidak melakukan kesalahan secara berulang. Selain itu, mudah-mudahan Mommies yang lain juga bisa belajar dari kesalahan saya ini.

Tidur dengan makeup yang masih menempel

kesalahan pewaratan wajah1*foto dari inticeonline.com

Nah, ini adalah ‘pengakuan dosa’ awal tahun 2016 yang berkaitan dengan perawatan kulit. Biasanya, sih, kalau sudah terlalu lelah, saya jadi melupakan ritual yang satu ini. Niatnya, cuma mau leyeh-leyeh sebentar, eeeh.. malah kebablasan tidur. Meskipun saya bukan tipe perempuan yang selalu menggunakan produk makeup secara lengkap, tapi tetap saja tidak bisa dijadikan pembenaran.  Lupa membersihkan wajah sebuah kesalahan besar. Akibatnya, nggak cuma bisa bikin jerawat di daerah T, tapi pori-pori wajah pun jadi kian membesar. Biar gimana, kulit wajah itu kan butuh waktu untuk memperbarui sel-sel, tapi karena membiarkan makeup terus menempel menyebabkan kulit jadi kusam. Untuk itulah kesalahan saya yang satu ini nggak boleh terus berlanjut, melakukan double cleansing itu harus dijadikan kewajiban setiap hari.

Tidak menggunakan tabir surya

Kesalahan saya berikutnya adalah suka lupa menggunakan tabir surya. Memang, sih, kalau pergi ngantor atau jalan-jalan saya nggak pernah lupa untuk menggunakannya. Tapi, kalau di rumah saja saya kerap mengabaikannya. Padahal meskipun nggak ke mana-mana untuk melakukan aktivitas di luar rumah, bukan berarti  paparan sinar matahari tidak bisa menembus kaca. Sudah paham dong, ya, gimana kondisi sinar matahari yang sering kali ‘ganas’ sehingga menyebabkan timbulnya berbagai masalah kulit? Untuk itulah saya pun kian membulatkan tekat untuk lebih disiplin menggunakan tabir surya supaya, kulit tetap sehat dan terhindar dari dark spots. Saat ini sudah banyak banyak sekali, kok, tabir surya dengan harga yang ramah kantong. Ketika membeli tabir surya, jangan lupa perhatikan angka SPF-nya. Angka ini menunjukan katahanan yang tinggi terhadap sinar matahari. Jadi,  jangan sampai, deh, lupa mengggunakan tabir surya setelah memakai pelembap dan sebelum makeup. Oh, ya, kalau masih bingung mau mencari tabir surya, langsung saja baca berbagai review tabir surya di Female Daily Beauty Review. 

Lupa membersihkan alat kecantikan

kesalahan pewaratan wajah

Oke, sebenarnya saya sudah sangat paham kalau menggunakan alat makeup, seperti sponge atau pun brush makeup yang kotor,  pasti akan menimbulkan jerawat. Hal ini berlaku untuk jenis kulit apapun dan tentu saja lintas usia. Baik sponge dan brush yang kotor tentu saja bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kehidupan bakteri. Sepengetahuan saya face brush ataupun sponge ini  sebaiknya dicuci setiap seminggu sekali, atau senggaknya dua minggu sekali. Saya pun kini membuat  jadwal rutin untuk membersihkan alat kecantikan supaya wajah tetap kinclong. Biar gimana, kalau punya wajah sehat dan cantik tentu bisa membuat kita tampil lebih menarik di depan suami. 

Over-exfoliating

Bisa dibilang, saya ini paling suka coba-coba. Termasuk melakukan eksperimen dengan produk perawatan wajah. Nah, salah satu kesalahan saya beberapa waktu lalu adalah ‘menyiksa’ kulit saya dengan melakukan over-exfoliating. Gara-gara mimpi mau punya kulit sehat dan tampak cerah, saya pun lantas terburu-buru menggunakan produk secara berlebihan. Kenyataanya,  eksfoliasi kulit yang dilakukan secara berlebihan jutsru bikin kulit jadi kering dan iritasi.  Kalau jenis kulit Mommies termasuk berminyak bisa mencoba untuk gunakan menggunakan exfoliating toner yang mengandung BHA. Kalau masih butuh referensi, langsung saja baca pengalaman Mommies yang lain dalam menggunakan toner di review-nya Female Daily.

Tidak rutin olahraga

Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, memang nggak cuma butuh perawatan dan menggunakan produk yang sesuai dengan usia. Tapi perlu juga olahraga secara rutin. Sebuah penelitian yang dilakukan Ross Whitehead dari Universitas St.Andrew, Skotlandia, telah membuktikan kalau antara olahraga dan kesehatan kulit sangat berhubungan penting. Di mana olahraga serta aktivitas fisik bisa membuat sirkulasi darah dan oksigen menjadi lebih teratur. Dengan sirkulasi darah dan oksigen yang baik tentu saja bisa membuat kulit lebih cerah dan lembap. Lagipula kalau kegiatan olahraga ini dilakukan bersama keluarga, tentu banyak manfaat yang bisa diperoleh. Nggak suka olahraga? Yuk, segera ubah kebiasaan ini.

Jadi inilah 5 ‘pengakuan dosa’ saya. Akibat merasa lelah dengan segala urusan, tanpa disadari membuat saya punya pembenaran sendiri untuk melakukannya. Dan ternyata, ‘dosa’ ini pun pernah diakui salah satu teman dekat saya, Priska. Dia bilang, “Kalau pulang kerja kemaleman, sudah capek, kadang suka lupa bebersih muka. Padahal ini salah banget, ya….”

 

 

 

 


Post Comment