7 Kiat Menata Meja Kerja

Menata meja kerja bisa menjadi kiat jitu untuk membuat produktivitas Anda di 2016 terus meningkat. Simak beberapa langkahnya berikut ini.

7 Kiat Menata Meja Kerja

Gambar dari www.penson.co

Bagi saya suasana meja kerja bisa memengaruhi suasana hati dalam bekerja, dan ini akan berujung pada kualitas akhir pekerjaan. Untuk itu sebisa mungkin saya melakukan penataan meja kerja secara berkala – apalagi di awal tahun seperti ini, momen tepat untuk memberikan sentuhan baru pada suasana kerja, karena new desk is a new you. Ini dia kiat sederhana ala saya :)

  1. Berkala & Menyeluruh

Atur jadwal yang disesuaikan dengan kesibukan Anda – kalau saya setidaknya sebulan sekali akan memaksakan diri untuk bebenah meja kerja dan sekitarnya. Termasuk kolong meja dan laci, tanpa Anda sadari ada saja barang atau dokumen yang tersimpan cukup lama namun sama sekali tidak ada fungsinya. Jika Mommies termasuk orang yang kerap membawa sepatu cadangan ke kantor, usahakan sepatu Anda juga mendapatkan perawatan selama tersimpan di kantor. Misalnya taruh dalam kotak tertutup atau wadah lainnya yang mumpuni. Jangan lupa mengelap seluruh bagian permukaan meja dengan cairan disinfektan.

  1. “Sapu” Semua Barang

Singkirkan dulu semua barang di atas meja kerja, ke bagian yang lebih luas atau letakkan sementara di bawah. Bisa juga, Mommies meminjam area meja  rekan kerja di samping Anda. Dari sini baru Anda bisa mensortir mana-mana saja barang dan dokumen yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Biasanya saya sengaja datang lebih pagi atau melakukannya saat semua pekerjaan rampung dikerjakan di hari itu.

  1. Usia Dokumen Hanya Satu Bulan

Kiat ini saya dapatkan dari atasan saya di kantor yang terdahulu – jangan segan hancurkan dan buang dokumen Mommies yang satu bulan ke belakang sudah tidak pernah lagi digunakan. Karena jika dibiarkan hanya akan terjadi penumpukkan dari hari ke hari. Jika Mommies sayang membuat kertas-kertas tadi, jadikan halaman belakangnya sebagai catatan harian dengan terlebih dahulu memotongnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Tata Letak

Buat sistematis peletakkan agar memudahkan Anda beraktivitas, letakkan barang-barang yang kerap digunakan selama jam kerja berlangsung di dekat Anda. Intinya agar mudah dijangkau dan tidak memakan waktu untuk mencarinya. Misalnya pulpen, sticky notes, agenda kerja dan lain-lain.

  1. Hindari Human Error

Nggak mau kan peribahasa “Nila setitik, rusak susu sebelanga” terjadi saat sedang asyik menuntaskan deadline harian? Contohnya sediakan tempat minum yang memiliki tutup yang sangat rapat, sehingga jika tidak sengaja tersenggol tidak akan menimbulkan kekacauan. Artinya minimalisir hal-hal yang dapat merusak suasana kerja.

  1. Hal Kecil Pembawa Semangat

Hal kecil ini bisa berupa mood booster selama Anda ada di kantor, bisa dengan meletakkan foto si kecil dan pasangan, boneka kegemaran anak Anda atau mencium aroma yang biasanya digunakan buah hati tercinta.

  1. Hadirkan Sumber Ide

Yang namanya ide terkadang datangnya tidak selancar yang diinginkan, karena sadar dengan hal itu saya mempersiapkan sumber ide berupa buku atau majalah yang setema dengan bidang pekerjaan saya. Cara ini mampu mendatangkan inspirasi ide-ide segar.

Bonus lain setelah konsisten menjalankan poin-poin di atas ternyata bisa membuat pekerjaan kantor lebih terorganisir, loh Mommies. Selamat mengawali 2016 dengan “meja kerja baru” Anda. Jika Mommies punya kiat lainnya silakan dibagi ke kami ya :)


One Comment - Write a Comment

Post Comment