banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

7 Ide Seru Ultah Untuk Balita

author

Mommies Daily03 Jan 2016

7 Ide Seru Ultah Untuk Balita

Ditulis oleh: Nina Samidi

Bosan dengan acara ulang tahun si kecil yang isinya “cuma” tiup lilin dan potong kue ? Coba tujuh ide seru ultah untuk balita berikut ini!

Setiap kali saya memutar otak untuk mencari ide seru untuk acara ulangtahun anak-anak saya dulu, pasti ada aja yang komentar “Halah.... anaknya juga masih kecil, belum ngerti serunya ulang tahun. Udahlah nggak usah ribet.” Benar sih kalau dibilang Jingga mungkin belum mengerti benar, tapi kan setidaknya dia akan ingat bahwa selalu ada momen berharga baginya, hal-hal yang disukainya ada dalam momen tersebut. Hal ini akan direkamnya dalam otak. Kan yang penting anak happy dan bujet untuk merayakan pesta ulang tahun juga sesuai. *Pembelaan saya sebagai seorang ibu*

Waktu ulang tahun ke-3 Jingga, saya ingin acara ulang tahun yang agak berbeda untuknya. Iya benar, saya agak bosan dengan acara standar tiup lilin, potong kue, dan nyanyi-nyanyi dan saya ingin anak saya akan terus mengingatnya. Jadilah saya membuat undangan ulang tahun dengan catatan “Teman-teman yang datang dilarang memakai pakaian bagus”. Syukurlah, semua tamu kecil mengikuti catatan tersebut, sebab acara ulang tahun kali ini bertema “main kotoran”. Tamu-tamu kecil diajak berlomba membuat lukisan memakai telapak tangan mereka, berkreasi sepuasnya di kertas besar yang saya sediakan. Hasilnya, anak saya senang sekali dan acara berlangsung seru dengan keriuhannya bermain-main cat dengan tangan bersama teman-teman!

Nah, mau tahu ide seru lainnya yang bisa Anda pakai untuk ultah si balita? Ini dia, Moms!

Untuk si kecil usia 1 – 3 tahun:

1. “Kostumku paling keren!”

Lokasi: Restoran, rumah, halaman.

Persiapan: Kamera untuk memotret para tamu, kue dan kostum karakter favorit si kecil.

Goodie bag: Cupcakes dengan gambar karakter-karakter terkenal.

>> Tamu-tamu mungil akan tampil lucu dengan berbagai kostum yang mereka pakai. Putar slide foto-foto mereka saat acara dan berikan doorprize untuk kostum terbaik.

ide ultah seru untuk balita

*Image dari blogassets.catchmyparty

2. “Aku suka pesta air!”

Lokasi: Halaman rumah dengan kolam plastik.

Persiapan: Sewa kolam-kolam plastik dan ban renang berbagai ukuran, bola-bola plastik/karet, mainan gelembung air, dan pistol air.

Goodie bag: Kacamata renang atau hal lain yang berhubungan dengan air.

>> Pesta ini sangat cocok diadakan di musim panas. Kirimkan undangan yang menyebutkan agar para tamu datang dengan memakai baju renang, persilakan ke area air dan buatlah permainan seputar air.

ide ultah untuk balita

*Image dari 3.bp.blogspot.com

3. “Yuk, mendengarkan dongeng!”

Lokasi: Rumah, halaman, tenda.

Persiapan: Dekorasi fantasi seperti negeri dongeng, keluarga yang pandai mendongeng (atau Anda sendiri!), permainan yang berhubungan dengan dongeng yang diceritakan.

Goodie bag: Buku kumpulan dongeng.

>> Anak-anak usia 1 – 5 tahun sangat suka mendengarkan dongeng. Kumpulkan tamu-tamu dalam kondisi tenang untuk mendengarkan dongeng (maksimal 30 menit), lalu buat permainan, seperti menempel stiker seputar karakter dalam dongeng atau berebut mencari (gambar) benda yang berhubungan dengan dongeng tersebut.

4. “Hei, buah favoritku!”

Lokasi: Rumah, halaman, teras.

Persiapan: Berbagai permainan buah-buahan, potongan berbagai macam buah (Anda bisa memakai pemotong cetakan kue untuk membuat berbagai bentuk), jus buah-buahan, kue berbagai bentuk buah.

Goodie bag: Sepaket salad buah dan buku mewarnai bertema buah dengan krayonnya.

>> Kirimkan undangan dengan catatan, dresscode: buah-buahan. Lalu buatlah berbagai permainan, misal lomba makan buah, menyusun puzzle sederhana bentuk buah, dan sebagainya. Untuk menambah keseruan, buatlah pinata berbentuk stroberi yang bisa Anda buat sendiri dari balon, sagu, kertas krep. Ajak para tamu untuk memukul/memecahnya bersama-sama.

Jika balita kita berusia 3-5 tahun bisa mencoba 3 tema pesta berikut ini.

Untuk si kecil usia 3 – 5 tahun:

1. “Asyiknya menonton di bioskop”

Lokasi: Di dalam rumah atau tenda.

Persiapan: Tiket bioskop dalam undangan, layar dan proyektor atau TV LCD layar lebar, film favorit (maks 30 menit), segunung popcorn dengan kantong-kantong warna-warni dan jus dalam botol-botol seperti minuman soda.

Goodie bag: Popcorn dalam kantong kertas besaaar diikat pita dengan foto si kecil

>> Persilakan tamu-tamu kecil masuk ke ruangan yang sudah disusun sedemikian rupa seperti bioskop; kursi berjejer (bisa diganti bantal-bantal duduk), ruangan gelap, ada petugas bioskop. Jangan lupa minta tiket bioskop yang mereka miliki agar terasa seperti masuk bioskop sungguhan. Setelah film selesai, nyalakan lampu dan makan bersama. Lebih seru lagi, pemutaran film juga bisa diganti dengan pertunjukan teater boneka yang bisa Anda dan keluarga mainkan sendiri lho, Moms. Seru, ya!

2. “Horeee, memasak bersama!”

Lokasi: Dapur besar atau teras luas

Persiapan: Kertas karton dan segala hiasan untuk bahan topi koki para tamu (tulis dalam undangan: Yuk, buat topi kokimu sendiri untuk datang ke ulang tahunku. Topi terbaik akan mendapat doorprize!), bahan-bahan kue dengan resep sederhana, alat-alat memasak.

Goodie bag: Apron, kue-kue hasil masakan, dan tambahan kue dari tuan rumah.

>> Persilakan tamu masuk ke dapur sesudah memakai topi buatannya, lalu pakaikan apron. Pilih Koki Utama (bisa Anda atau anggota keluarga lain) untuk memimpin acara memasak. Buat 4 – 5 kelompok. Ajak para tamu memasak kue bersama berdasarkan resep yang sudah dibagikan. Serahkan semua tugas pada kelompok-kelompok itu (di bawah pengawasan), kecuali saat memasukkan adonan ke oven ya, Moms. Nah, saat kue matang, mari mencicipi bersama dan tentukan siapa pemenang topik koki serta kue terbaik!

Ide ultah untuk balita2

*Image dari pocketyourdollar

3. “Aku suka berkebun”

Lokasi: Halaman rumah atau kebun.

Persiapan: Bibit-bibit tanaman, alat-alat berkebun, sepatu karet (boots).

Goodie bag: Sepatu karet (boots) dan alat berkebun yang dipakai saat berkebun, serta bibit tanaman untuk ditanam di rumah mereka.

>> kirimkan undangan yang menyebutkan “datang dengan baju berkebunmu!” lalu ajak para tamu untuk menanam bibit-bibit tanaman yang sudah disiapkan. Buat permainan seru yang berhubungan dengan berkebun. Anak-anak akan suka kegiatan ini dan baik untuk memperkenalkan kegiatan berkebun pada anak-anak.

Mommies ada yang punya ide lain nggak? Mau dong info-nya untuk menambah daftar ide ulang tahun nih.

PAGES:

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan