7 Ide Seru Ultah Untuk Balita

Ditulis oleh: Nina Samidi

Bosan dengan acara ulang tahun si kecil yang isinya “cuma” tiup lilin dan potong kue ? Coba tujuh ide seru ultah untuk balita berikut ini!

Setiap kali saya memutar otak untuk mencari ide seru untuk acara ulangtahun anak-anak saya dulu, pasti ada aja yang komentar “Halah…. anaknya juga masih kecil, belum ngerti serunya ulang tahun. Udahlah nggak usah ribet.” Benar sih kalau dibilang Jingga mungkin belum mengerti benar, tapi kan setidaknya dia akan ingat bahwa selalu ada momen berharga baginya, hal-hal yang disukainya ada dalam momen tersebut. Hal ini akan direkamnya dalam otak. Kan yang penting anak happy dan bujet untuk merayakan pesta ulang tahun juga sesuai. *Pembelaan saya sebagai seorang ibu*

Waktu ulang tahun ke-3 Jingga, saya ingin acara ulang tahun yang agak berbeda untuknya. Iya benar, saya agak bosan dengan acara standar tiup lilin, potong kue, dan nyanyi-nyanyi dan saya ingin anak saya akan terus mengingatnya. Jadilah saya membuat undangan ulang tahun dengan catatan “Teman-teman yang datang dilarang memakai pakaian bagus”. Syukurlah, semua tamu kecil mengikuti catatan tersebut, sebab acara ulang tahun kali ini bertema “main kotoran”. Tamu-tamu kecil diajak berlomba membuat lukisan memakai telapak tangan mereka, berkreasi sepuasnya di kertas besar yang saya sediakan. Hasilnya, anak saya senang sekali dan acara berlangsung seru dengan keriuhannya bermain-main cat dengan tangan bersama teman-teman!

Nah, mau tahu ide seru lainnya yang bisa Anda pakai untuk ultah si balita? Ini dia, Moms!

Untuk si kecil usia 1 – 3 tahun:

1. “Kostumku paling keren!”
Lokasi: Restoran, rumah, halaman.
Persiapan: Kamera untuk memotret para tamu, kue dan kostum karakter favorit si kecil.
Goodie bag: Cupcakes dengan gambar karakter-karakter terkenal.
>> Tamu-tamu mungil akan tampil lucu dengan berbagai kostum yang mereka pakai. Putar slide foto-foto mereka saat acara dan berikan doorprize untuk kostum terbaik.

ide ultah seru untuk balita

*Image dari blogassets.catchmyparty

2. “Aku suka pesta air!”
Lokasi: Halaman rumah dengan kolam plastik.
Persiapan: Sewa kolam-kolam plastik dan ban renang berbagai ukuran, bola-bola plastik/karet, mainan gelembung air, dan pistol air.
Goodie bag: Kacamata renang atau hal lain yang berhubungan dengan air.
>> Pesta ini sangat cocok diadakan di musim panas. Kirimkan undangan yang menyebutkan agar para tamu datang dengan memakai baju renang, persilakan ke area air dan buatlah permainan seputar air.

ide ultah untuk balita

*Image dari 3.bp.blogspot.com

3. “Yuk, mendengarkan dongeng!”
Lokasi: Rumah, halaman, tenda.
Persiapan: Dekorasi fantasi seperti negeri dongeng, keluarga yang pandai mendongeng (atau Anda sendiri!), permainan yang berhubungan dengan dongeng yang diceritakan.
Goodie bag: Buku kumpulan dongeng.
>> Anak-anak usia 1 – 5 tahun sangat suka mendengarkan dongeng. Kumpulkan tamu-tamu dalam kondisi tenang untuk mendengarkan dongeng (maksimal 30 menit), lalu buat permainan, seperti menempel stiker seputar karakter dalam dongeng atau berebut mencari (gambar) benda yang berhubungan dengan dongeng tersebut.

4. “Hei, buah favoritku!”
Lokasi: Rumah, halaman, teras.
Persiapan: Berbagai permainan buah-buahan, potongan berbagai macam buah (Anda bisa memakai pemotong cetakan kue untuk membuat berbagai bentuk), jus buah-buahan, kue berbagai bentuk buah.
Goodie bag: Sepaket salad buah dan buku mewarnai bertema buah dengan krayonnya.
>> Kirimkan undangan dengan catatan, dresscode: buah-buahan. Lalu buatlah berbagai permainan, misal lomba makan buah, menyusun puzzle sederhana bentuk buah, dan sebagainya. Untuk menambah keseruan, buatlah pinata berbentuk stroberi yang bisa Anda buat sendiri dari balon, sagu, kertas krep. Ajak para tamu untuk memukul/memecahnya bersama-sama.

Jika balita kita berusia 3-5 tahun bisa mencoba 3 tema pesta berikut ini.


Post Comment