6 Ide Kreatif Dekorasi Rumah dari Bahan Bekas

Mendekorasi rumah secara unik bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Waah… ngga terasa, ya, sudah ‘bertemu’ akhir pekan lagi. Berhubung awal tahun ini memang nggak ke mana-mana, saya pun harus ‘mutar otak’ untuk mencari kegiatan seru. Baik untuk diri sendiri, untuk anak saya, Bumi, termasuk kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Nah, kemarin saya sempat membaca artikel di balkonie.com yang mengulas bagaimana mencari ide kreatif dekorasi di rumah dengan bahan bekas. Saya pikir, cocok sekali kalau saya mempraktikannya bersama suami dan Bumi.

Saya pun penasaran ingin segera mempraktikan 6 ide di bawah ini.

1. Berkebun dengan balok beton

Kalau lahan tanah di rumah sangat terbatas, ide yang satu cocok sekali kalau dipraktikan, berkebun dengan balok beton. Kita hanya perlu memanfaatkan balok beton yang ada. Nggak ada salahnya kok sisa-sisa dari bahan pembangunan dimanfaatkan, kalau memang ada tetangga yang baru saja selesai membangun rumah coba saja meminta izin untuk memintanya. Supaya unik, ajak si kecil untuk berkreasi dengan memberikan warna pada balok beton. Setelah itu, tata sesuai selera dan seunik mungkin. Pasti menarik.

dekorasi rumah

2. Menyulap kotak kayu menjadi rak atau lemari

Biasanya, sih, benda paling sering berserakan di rumah dan akhirnya masuk ke tempat pembuangan sampah. Namun, dengan modal sedikit kreativitas, benda ini juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah. Agar terkesan natural, kayu dapat dibiarkan begitu saja dan tidak diberi warna, tetapi jika memang ingin terkesan meriah dapat diberi warna sesuai dengan keinginan.

dekorasi rumah1

3. Pipa besi atau paralon kecil yang serbaguna

Punya paralon bekas? Coba, deh, dimanfaatkan untuk membuat lemari gantung jatu atau rak buku di sudut kamar ataupun perpustaaakan kecil yang ada di rumah. Tapi pipa yang digunakan yang ukurannya kecil, ya. Pipa ini yang sangat mudah ditemukan bisa dikreasikan sesuai dengan kebutuhan.

dekorasi rumah2

5. Lemari dari pintu bekas

Awalnya, saya nggak pernah kepikiran kalau pintu bekas rumah dapat ‘disulap’ menjadi lemari. Meskipun hal ini memang nggak biasa, tapi ide untuk menyulap pintu bekas jadi lemari buku bisa dicoba. Lagi pula, kreativitas itu memang tanpa batas kan? Menurut saya, kalau semakin unik nilai seninya pun akan semakin tinggi. Jadi, siapa yang ingin mempraktikan ide unik ini sehingga punya lemari yang tidak biasa yang mungkin saja jadi satu-satunya di lingkungan rumah.

dekorasi rumah4

6. Jangan buang celana jeans sobek 

Saya sering kali dibikin dongkol kalau Bumi mulai kesal karena nggak menemuka alas tulisnya, Mulai dari pinsil, penghapus, rautan ataupun pinsil warna. Padahal saya sudah sering kali memberitahu agar dia menyimpannya dengan baik. Setelah melihat ide membuat  kantung dari celana jeans, saya pun ingin segera mempraktikannya. Lumayan bisa dikreasikan sehingga berguna untuk menyimpan benda-benda kecil milik Bumi. Hal ini dapat memastikan bahwa benda-benda tersebut tersimpan rapi sehingga mengurangi kemungkinan untuk hilang ataupun tersangkut.

dekorasi rumah5

Ada yang tertarik untuk mencoba? Selamat berkreasi, ya!

 

*Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan balkonie.com 


Post Comment