5 Kiat Mudah Membuat Perpustakaan Mini

Bagi Anda kolektor buku, memiliki perpustakaan mini pasti menjadi surga dunia. Rawat koleksi buku Mommies dengan menatanya dalam perpustakaan mini. Temukan 4 kiatnya di sini.

Kehadiran buku di dalam sebuah keluarga bisa menjadi sumber ilmu yang tak terbatas. Apalagi bagi si kecil yang sedang mengeksplore berbagai macam hal. Buku dapat menjadi teman belajar mengenal angka, dan mengajak anak untuk berimajinasi. Salah satu buku yang mencuri perhatian saya adalah buku 7 Habits, ceritanya seru dan sarat akan pesan moral. Di buku itu anak diajarkan untuk mengembangkan rasa percaya diri dan integritas.

Nah, jika Mommies sudah memiliki koleksi buku yang  beragam jangan lupa untuk dirawat ya. Anda bisa membuat sendiri rak buku sederhana di rumah. Bagi Mommies yang punya keterbatasan ruangan di rumah atau apartemen jangan berkecil hati, semua bisa diatasi dengan 4 kiat menata buku dan menyulapnya menjadi perpustakaan mini.

  1. Gunakan Rak Fleksibel

Rak fleksibel atau yang sering disebut adjustable shelving sering menjadi pilihan interior designer dalam merancang perpustakaan mini di ruang terbatas. Sifatnya yang fleksibel dan bisa di pasang sesuai ketinggian dan ukuran yang diinginkan memberi kemudahan dalam menata koleksi buku Anda. Anda juga bisa menambahkan rak dengan lekukan di kedua ujungnya untuk mencegah buku-buku terjatuh dari rak.

Jejeran buku diatas rak fleksibel ini bisa menjadi dekorasi dinding yang cantik untuk ruang utama Mommies

5 Kiat Mudah Membuat Perpustakaan Mini

Gambar dari apartmenttherapy.com

  1. Optimalkan Fungsi

Seringkali orang lengah menjaga kedislipinan perpustakaan mininya dengan menaruh benda selain buku di areal rak. Pastikan rak buku Anda hanya terisi dengan buku, bukan barang lain seperti laptop, kaleng, compact disc, dan lain sebagainnya. Dengan meletakkan barang yang sesuai dalam satu area, ruang  apartemen Anda akan terlihat lebih rapi. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kotak untuk menyimpan barang-barang tersebut namun tetap letakkan di tempat lain seperti di bawah kasur atau lemari.

  1. Urutkan Sesuai Ukuran

Untuk membuat perpustakaan mini Anda terlihat lebih artistik, urutkan koleksi buku sesuai dengan ukuran tingginya. Ahli penataan ruang dan buku merekomendasikan agar buku di letakkan sesuai dengan nama pengarang atau judul secara alfabet. Jadi ketika sedang terburu-buru mencari salah satu buku, Anda bisa lebih cepat menemukannya. Namun jika ingin memberi sentuhan berbeda, urutan tinggi buku ini juga bisa di variasikan sesuai selera, menyerupai ombak ataupun segitiga.

5 Kiat Mudah Membuat Perpustakaan Mini

 

Gambar dari coupdepouce.com

  1. Kelompokkan Sesuai Sampul

Anda bisa membuat tampilan perpustakaan di apartemen Anda lebih rapi dengan mengurutkannya sesuai dengan tipe sampul. Misalnya beberapa buku dengan sampul hardcover harus di letakkan di deretan yang sama. Begitu pula dengan buku yang di sampul tipis. Dengan begitu, ketika ingin menarik buku-buku yang terhimpit di deretan rak, Anda bisa meminimalisir resiko kerusakan sampulnya.

  1. Jeli Memanfaatkan Ruang Kosong

Manfaatkan lorong panjang di rumah Anda sebagai perpustakaan mini. Caranya, cukup dengan menambah empat baris rak yang berjejer rapi dengan dekorasi lampu terang untuk memudahkan Anda menemukan buku yang sedang dicari.

5 Kiat Mudah Membuat Perpustakaan Mini

 Gambar dari pgimgs.com

Selamat membaca buku di perpustakaan mini idaman Anda Mommies :)


Post Comment