Libur Akhir Tahun, Maksimalkan dengan Bermain Bersama Anak

Libur akhir tahun pun tiba. Ini sama artinya kalau kita punya banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Euphorianya sudah terasa, dong, ya?

Ngomongin soal liburan akhir tahun, tentu kegiatan yang bisa dipilih sangat beragam, mulai travelling ke luar kota atau keluar negeri, menyambangi saudara atau bahkan di rumah saja juga tetap bisa menikmati liburan, loh. Kebetulan, akhir tahun saya mengisi liburan di rumah saja, yang penting punya banyak waktu bermain bersama Bumi, anak saya.

Intinya, sih, kegiatan liburan yang dilakukan bersama anak harus ada unsur bermainnya. Saya jadi ingat dengan pepatah yang mengatakan, children spell love with time, artinya kalau anak-anak baru akan merasa disayangi oleh orangtuanya jika mereka diberikan waktu. Saya percaya, semakin banyak kegiatan yang bisa dilakukan, bonding pun akan semakin kuat.

Sebagai orangtua, kita nggak bisa meremehkan aktivitas bermain anak, karena lewat bermain anak-anak juga membangun keterampilan hidup yang krusial, ketika mereka happy mereka lebih mudah menyerap apa yang diajarkan oleh kita. Nah cari kegiatan yang bikin mereka happy itu gak susah kok, kita bisa pake medium namanya yainan. Tapi, kita juga nggak bisa sembarang milih mainan, harus disesuaikan dengan usia dan fungsinya untuk anak-anak.

Minggu lalu saya jalan-jalan ke mall Jakarta, lalu ke toko ELC (Early Learning Centre) yang menjual mainan edukasi untuk anak-anak, dari mulai usia 0 – 8 tahun. Mainan di sini dirancang sesuai kategori yang dibutuhkan anak-anak, seperti: Baby& Toddler, Let’s Pretend, Sports& Activity, Puzzle& Games, Action& Adventure, Art& Creativity, Making Music and Learning Tools.

Nah, ini nih mainan yang menurut saya seru banget untuk main bersama anak-anak saat liburan ini. Misalnya, nih, pada saat travelling: ada koleksi Blossom Farm semua mainan ini dirancang buat bayi yang lagi belajar menggenggam, melihat warna, menggigit. Koleksi ini juga banyak ukuran yang bisa dibawa saat travelling jadi si bayi bisa tetap bermain saat kita lagi sibuk shopping  untuk si kakak juga ada terutama mainan dalam kategori Learning, ada magnetic play centre, puzzle atau bugs building semua gampang sekali dibawa.

Kalau memang belum ada rencana untuk travelling juga tetap ada mainannya loh, misalnya koleksi happyland yang bisa kita mainkan bersama anak-anak, ini bagus untuk imaginasinya mereka karena banyak mainannya mengajarkan mereka membangun village, castle, farms dll. Selain itu juga ada juga koleksi music kita bisa bermain membentuk band untuk main dengan anak-anak, seru kan? Oh ya,  yang gak kalah seru ada juga mainan yang masuk dalam kategori Let’s Pretend seperti: koleksi playing shop, junior chefs atau tea time set. Semua mainannya sangat mengajarkan social-skills, creativity and confidence dan dengan mainan ini kita bisa tetap bermain bersama mereka.

#3 Key Boom Board Red (Medium) (2)*Music Series

Sebenarnya masih banyak lagi mainan yang bagus-bagus di ELC, tapi buat saya, selain fungsinya, saya juga mengutamakan 4 keuntungan yang bisa didapatkan dari mainan ELC:

1. Play Value

Dunia anak memang nggak bisa dilepaskan dri bermain. Dan ELC sangat paham akan hal ini. Tapi, mainan yang dikeluarkan ELC ini nggak hanya mainan biasa, di mana setiap produknya selalu memerhatikan elemen pendidikan, sehingga anak-anak bisa merasa senang bermain sekaligus belajar.

2. Safety

Mainan yang baik tentu saja harus memerhatikan segi keamanan produknya, hal ini pula yang menjadi fokus utama ELC. Setiap produknya sudah memiliki sertifikasi keamaan dari Inggris dan Eropa (BS EN71); Lion Mark issued dikeluarkan oleh British Toy and Hobby Association (BTHA), dan tentu saja Standar Nasional Indonesia (SNI)

3. Quality

Mainan yang baik tentu punya standart kualitas. Dan ELC sudah menetapkan standar kualitas tinggi pada setiap mainan dengan berfokus pada unsur-unsur pendidikan tinggat keamanan bersertifikat. Lagi pula dengan kualitas yang baik, maianan tentu saja bisa jauh lebih awet karena nggak gampang rusak. Dengan begitu maianan bisa diwariskan.

4. Value for Money

Dalam membeli produk, saya sangat percaya kalau harga menentukan kualitas. Jadi, nggak ada salahnya untuk mengeluarkan uang lebih membeli produk mainan yang punya standar tinggi. Yah… hitung-hitung investasi juga kan?

ELC1*Happyland Series

#4 Magnetic Playcentre Red (Landscape) (Medium) (2)*Magnetic Play centre

American Academy of Family Physicians dan American Academy of Pediatrics pun sebenarnya sudah memberikanbeberapa rekomendasikan yang bisa kita pertimbangan saat memilih mainan anak yang aman.Salah satunya adalah mainan harus sesuai usia anak.

Saya masih ingat betul, Mbak Vera Itabilina selaku psikolog anak pernah bilang, kalau memilih mainan anak harus disesuaikan dengan usia. Kalau tidak, selain mainannya jadi nggak menarik dan bisa membuat anak stres atau depresi. Untuk itulah jangan sampai lupa memerhatikan label mainan yang mencantumkan aturan usia.

Gak pernah salah deh kalo memilih mainan ELC, karena memiliki unsur edukasi yang penting dan keamanan mainan yang sangat terjaga. Apalagi yang dikhawatirkan? Selamat liburan!


Post Comment