Japarr, Kenalkan Jajanan Pasar Lewat Komik

Sudahkah si kecil dikenalkan dengan ragam jajanan pasar? Langkah ini bisa dipilih sebagai salah upaya mengenalkan budaya juga, lho.

“Ibu, getuk itu makanan apa, sih?”

“Kue apa ini, bu? Kok lucu amat di ada gula seperti ini?

komik japarr

Suatu kali, Bumi pernah melontarkan pertanyaan di atas. Bisa jadi, untuk anak-anak zaman sekarang seperti Bumi, mereka lebih familar dengan makanan donat, sushi, atau menu lain ketimbang mengenal makanan jajanan pasar khas Indonesia seperti getuk, klepon atau kue lemper. Jujur saja, saya pun termasuk orangtua yang jarang membeli kue tradisional seperti getuk. Makanya saat pertama kali saya beli dan memberikan pada Bumi, anak saya saya ini lantas bertanya. Tapi menurut saya, sih, penting bagi kita untuk mengajarkan anak kita agar mengetahui dan menyukai makanan tradisional.

Ngomongin masalah jajajan pasar, baru-baru ini baru saja diluncurkan sebuah komik hasil anak bangsa yang mengedepankan ragam jenis makanan tradisional sebagai tokoh utamanya. Komik JAPARR – Kartun Jajanan Pasar mempunyai 24 tokoh yang digambarkan mirip dengan bentuk dan warna serta nama dari jajanan pasar tersebut.

Misalnya, nih, ada tokoh Cenil digambarkan berwarna merah, berbentuk kotak, dan tubuhnya terdapat bintik-bintik putih. Tokoh Cenil sendiri merupakan representasi dari kue Cendil yang aslinya berwarna cerah (merah, putih, hijau) dan dimakan dengan gula pasir dan kelapa. Selain Cenil, terdapat pula tokoh Bolu Kukus, Getuk, Lemper, Mochi, Clorot, Cakue, Lontong, Darlung, Serabi, Pukis, Cubit, Klepon, Lupis, Pastel, Lapis, Nagasari, Kue Mangkok, Bolgul, Suz, Kueku, Onde, dan Putu Mayang.

japarr

Sang penggagas Glenn Ardiansyah melihat bahwa keberagaman aneka jajanan pasar dengan nama, rasa, dan bentuk unik yang mencerminkan nilai-nilai luhur hidup berbudaya dan bertoleransi dari sebuah keragaman keluarga Indonesia melalui pesan moral yang disampaikan.

“Ragam jajanan pasar merupakan bukti silaturahmi bangsa yang besar. Perbedaan bukanlah pemisah, tetapi sebagai sarana untuk saling melengkapi dan menciptakan harmoniasasi. Untuk itulah komik JAPARR – Kartun Jajanan Pasar ini muncul agar mengingatkan kembali bahwa kita adalah bangsa besar dengan keberagaman budaya,” ujar Glenn, selaku creator.

Komik Japarr ini pun hadir dalam paket yang cukup lengkap, selain komik ada juga merchandise seperti buku mewarnai, buku belajar huruf dan angka, tas, bantal, boneka, gantungan kunci, juga sudah ada. Asiknya lagi, anak-anak pun bisa mengikuti dongeng boneka ragam kegiatan lain yang disediakan di workshop kreativitas JAPARR – Kartun Jajanan Pasar sebagai recana ke depannya.

komikjaparr*tidur bersama clorot :)

Menurut saya, ilustrasi komik ini sangat keren! Dengan bentuk serta warna yang memancing anak-anak untuk tetap mengikuti alur cerita. Cerita di dalamnya pun berkisah mengenai keseharian yang biasa dilakukan anak-anak mulai dari bermain, berkenalan dengan teman baru, maupun belajar, dan aktivitas di sekolah yang dikemas dalam bahasa sederhana. Masing-masing komik mempunyai satu alur cerita dengan menampilkan pesan moral yang dapat ditangkap dengan mudah. Cocoklah dijadikan salah satu ‘alat’ kita para orangtua untuk mendongeng. Bumi sendiri sangat menyukai komik ini Japarr ini dan menjadikan salah satu buku andalan untuk saya bacakan setiap malam menjelang tidur.


Post Comment