Kiat Membuat Rumah Harum Alami

Rumah harum alami pasti akan menambah betah penghuninya. Yuk! Cari tahu apa saja yang bisa Mommies lakukan untuk mendapatkan rumah harum alami.

Kiat Membuat Rumah Harum Alami

Gambar dari www.blog.essioshower.com

Rumah harum alami selalu meninggalkan kesan yang dalam untuk saya, mulai dari atmosfer rumah hingga kesan pertama ke si empunya kediaman – dan seakan ingin tinggal berlama-lama di dalamnya. Selain wewangian, interior rumah juga tak kalah kuat menyumbangkan kesan tertentu terhadap suasana rumah. Memiliki interior yang kece tak harus mahal kok Mommies, baru-baru ini saya baru saja mempraktikkan kiat mendesain interior rumah dengan bujet rendah. Salah satu caranya adalah memanfaatkan piring-piring dengan corak unik untuk mempercantik dinding rumah. Selain dari segi estetika, membuat rumah aman bagi si kecil juga patut menjadi perhatian utama. Misalnya berikan stop kontak dengan penutup agar anak terhindari dari aliran listrik.

Jika sudah aman dan cantik, mari berikan wawangian di sekitar rumah. Lebih baik menggunakan cara alami agar tidak membahayakan penghuni rumah. Kelebihan lainnya adalah, pengharum ruangan alami lebih ramah lingkungan tentunya. Berikut cara-caranya:

1. Pakailah Semprotan dari Bahan Alami di Ruangan Rumah

Penggunaan pengharum ruangan otomatis lebih banyak disukai karena sangat mudah digunakan, tinggal colok dan tekan maka seluruh ruangan akan terasa harum. Namun jika Anda tidak ingin menggunakan pengharum ruangan otomatis, sebenarnya ada cara membuat rumah harum dengan cepat dan mudah untuk menyebarkan bau wangi di seluruh penjuru rumah yaitu dengan minyak esensial.

Isilah botol semprotan dengan 300 cc air dan 15-20 tetes minyak esensial dengan aroma kesukaaan. kemudian semprotkan ke ruangan rumah yang diinginkan. Minyak esensial lavender dipilih karena lebih harum dan aromanya tidak terkesan berlebihan.

2. Segarkan Kamar Mandi dengan Minyak Esensial

Kiat membuat rumah harum lainnya yaitu memasang minyak esensial pada bagian kamar mandi, kita ketahui bahwa kamar mandi yang bau tidak sedap akan membuat penghuni rumah tidak betah. Ambilah kapas dan celupkan ujungnya ke dalam minyak esensial favorit kemudian taruh di wadah terbuka dan taruhlah di kusen jendela kamar mandi.

3. Buat Harum Daerah sekitar Tempat Sampah

Tempat sampah yang ada di dapur biasanya menyebarkan bau busuk yang menyengat penciuman anggota keluarga, meskipun sudah membuang sampah dengan rutin setiap hari tetapi bau busuk ini masih ada. Cara mensiasatinya adalah dengan mengiris sebuah jeruk lemon atau jeruk nipis berserta dengan kulitnya kemudian taruhlah di sekitar tempat sampah untuk menetralisir bau tidak sedap akibat pembusukan.

4. Harumkan Kamar Tidur Dengan Lavender

Agar tidur malam Anda terasa sangat lelap dan pulas, ambil lah kapas dan bentuk bulat-bulat kecil. Setelah itu celup di lavender atau chamomile yang kemudian dimasukkan ke dalam sarung bantal. Tips ini akan memberikan wangi yang lembut dengan aroma menenangkan.

5. Menghilangkan Bau pada Karpet

Karpet termasuk salah satu benda yang akan menyebarkan bau yang tidak sedap karena kotoran sangat mudah masuk ke dalam serat karpet. Taburilah bubuk penghilang bau pada karpet, kemudian taburi karpet dengan bedak dan tunggu selama beberapa menit. Terakhir, bersihkan dengan vacuum cleaner maka aroma segar akan terasa di rumah Anda.

6. Cara Mengharumkan Kamar Tidur dengan Bola Lampu

Tahukah Anda ketika bola lampu di kamar tidur dapat dijadikan pengharum ruangan? Caranya yakni dengan meteskan beberapa ekstrak vanili pada lampu dalam keadaan mati. Ketika lampu dinyalakan makan bola lampu akan memanaskan ekstrak vanili dan menebarkan bau yang segar dan wangi di kamar.

7. Tanam Bunga di Rumah

Ada beberapa jenis tanaman yang akan menyebarkan arowa wangi alami semisal bunga mawar, melati dan sedap malam. Tanamlah jenis bunga ini pada pot dan taruhlah pada pojok ruangan rumah. Selain akan memberikan aroma wangi ternyata tanaman juga berfungsi sebagai pembersih udara alami.

Cara lainnya, Anda bisa memaksimalkan manfaat kulit jeruk, untuk pengharum alami. Taruh kulit jeruk yang sudah diremas-remas ke dalam wadah – dan letakkan di sudut-sudut ruangan.

Selamat menikmati wewangian di rumah Anda :)

*Artikel ini hasil kerjasama dengan balkonie.com


Post Comment