Kotak P3K, Sepele Namun Penting

p3k1

Sebenarnya  perlengkapan yang harus ada di kotak P3K terbilang banyak, namun dr Dita mengatakan paling tidak ada 10 barang penting yang harus disediakan di dalam kotak P3K.

  1. Alat pelindung. Alat pelindung yang dimaksud seperti sarung tangan, atau pun Produk ini perlu ada karena berfungsi untuk melindungi kita terkenal paparan paparan luka yang akan  ditangain. Sementara kalau masker wajib tersedia karena ketika salah satu anggota keluarga mulai terkena flu bisa langsung menggunakannya. Setidaknya sebagai langkah awal mencegah terlular.
  2. Alat pembersih. Produk ke dua yang harus ada adalah cairan antiseptik atau alkohol yang berfungi untuk membersihkan luka.
  3. Kain kasa. Ketika ada kecelakaan kecil seperti luka, tentu saja diperlukan kain kasa agar luka tidak terpapar udara luar dan mencegah terjadinya infeksi lain akibat kuman yang masuk.
  4. Setelah luka dibersihkan kain kasa, perlu perekat untuk menutup luka. Kriteria perekat yang baik tentu saja punya daya rekat yang baik, dan bisa membuat kulit tetap bernapas.
  5. Pinset
  6. Kapas yang kita gunakan untuk cairan antiseptik ataupun alkohol
  7. Obat pereda rasa sakit, seperti aspirin, untuk meringankan rasa sakit yang diderita korban secara cepat.
  8. Obat antibiotik, tapi ingat, lho, penggunaan obat antibiotika ini nggak boleh sembarangan.
  9. Iodin untuk mengontrol pertumbuhan bakteri pada luka.
  10. Buku manual, di mana kita bisa mendapatkan segala informasi mengenai fungsi dan cara penggunaan alat-alat P3K.

Oh, ya, satu pesan dr. Dita, meskipun P3K bukan makanan, namun kedaluwarsanya wajib diperhatikan, yah, Mommies.