Kotak P3K, Sepele Namun Penting

Sudahkah Mommies menyediakan kotak P3K di rumah? Biar gimana, kecelakaan bisa terjadi kapan saja sehingga pertolongan pertama harus segera dilakukan.

Ayo ngaku, siapa yang belum menyediakan kotak P3K di rumah? Meskipun terlihat sepele, kotak P3K ini wajib disediakan di rumah, lho. Apalagi buat yang masih punya anak kecil seperti saya. Menurut data dari Riset Kementerian Kesehatan tahun 2013, sebanyak 36,5 % kecelakaan kecil terjadi di rumah. Sedangkan 5,4 % kecelakaan pada si kecil terjadi di sekolah. 

kotak p3k

Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti media diskusi bersama Beiersdorf. Topik yang diangkat adalah Pentingnya Pembekalan First Aid (P3K) di Rumah. Saat itu saya kembali diingatkan kalau pengetahuan mengenai P3K sangat penting diketahui orangtua. Dengan demikian, ketika terjadi kecelakaan kecil yang terjadi bisa bereaksi dengan cepat.

Coba, deh, ingat-ingat, berapa kali si kecil terjatuh dan akhirnya mengalami luka? Kejadian seperti ini sudah jadi ‘makanan’ saya. Kalau sedang bermain lari-larian bersama temannya, atau olahraga bareng naik sepeda, kejadian jatuh pasti sudah jadi salah ‘bumbunya’. Belum lagi kalau anak saya, Bumi sedang bereskplorasi di dapur, ikut-ikutan masak bersama saya, kejadian tangannya kena panci panas atau api juga pernah terjadi. Nah, kalau kita nggak punya perlengkapan P3K,  dan nggak paham bagaimana melakukan pertolongan pertama, kan repot juga.  Setidaknya, kita perlu membuat rumah aman buat si kecil.

Dalam media diskusi tersebut hadir, dr Dita Elvina, Koordinator Instalasi Gawat Darurat di Brawijaya Children and Women Hospital, Ia  mengatakan kalau kotak P3K tidak hanya penting tersedia di rumah, tapi juga di mobil, tempat kerja, juga sekolah. Bahkan ada baiknya selalu membawa kotak P3K saat berpergian seperti liburan atau mudik. Bahkan dr. Dita menyampaikan kalau keberadaan kotak P3K sendiri sudah diatur dalam Peraturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja No. PER. 15/MEN/VIII/2008.

Kecelakaan kecil yang saya maksud juga bukan hanya soal anak jatuh dan terluka, lho, yah. Kejadian lain seperti terjadinya luka bakar, tersengat listrik, keracunan makanan, anak demam dan mimisan hingga anak tersedak  juga masuk dalam insiden yang sering kali terjadi di rumah.

Apa saja isi kotak P3K ? Ketahui penjelasan dr.Dita di laman selanjutnnya, ya.