Tipe Pemimpin yang Patut Dicontoh

Kualitas seorang pemimpin terlihat dari bagaimana mereka berindak dan perpikir. Pemimpin yang baik mampu menjangkau seluruh bawahannya dan menuntun ke arah tujuan yang ingin digapai.

tipe pemimpin yang bisa dicontoh*foto dari sini

Perlu diakui, di belantara dunia profesional kita pasti akan bertemu dengan berbagai macam tipe teman kantor, termasuk tipe atasan. Ada yang sangat baik, dan juga yang sebaliknya. Bisa kebayang, sih, ya, bagaimana rasanya bekerja dalam penuh tekanan atasan. Alih-alih memberikan kebijakan kantor yang dibutuhkan atau memberi dorongan supaya bisa lebih maju dan bisa mengasah potensi, pemimpin yang kurang menyenangkan justru hanya membuat kita tambah stress.

Saya jadi ingat pernah membaca hasil sebuah survei yang menyebutkan bahwa 77% karyawan stress pada suatu satu titik tertentu dalam kehidupan pekerjaannya, karena bos mereka memiliki karakter yang cenderung tidak baik, jahat atau sangat jahat.

Biasanya, sih,  atasan yang baik bisa menunjukan kasih sayang dan kesedian untuk menolong orang-orang yang ingin sukses. Buat saya pribadi, atasan yang baik mampu mendorong terciptanya atmosfer kerja yang kondusif dan efektif. Dengan demikan pada akhirnya akan bisa memotivasi diri kita sendiri untuk bekerja lebih baik. Berikut ciri-ciri pemimpin yang patut dicontoh.

Berdiri untuk melakukan hal yang benar

Menjadi pemimpin itu sulit. Sering kali, keputusan yang mereka buat mendatangkan penolakan, meski pun itu benar. Kemimpinan yang patut dicontoh adalah yang berpegang teguh pada kebenaran dan tidak takut ditentang.

Berpikir jernih

Tren sogok-menyogok untuk mendapatkan kekuasaan adalah penyimpangan besar. Pemimpin yang baik mengikuti pola berpikir jernih. Mereka dapat terus melihat gambaran besar meskipun batu-batu dan puing-puing menghalangi.

Peduli dengan orang lain

Kekuasaan yang dimiliki seorang pemimpin sering disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Mereka hanya mengenyangkan perut sendiri. Padahal, pemimpin yang baik adalah mereka peduli dengan organisasi dan orang banyak.

*Artikel ini merupakan hasil agregasi Mommies Daily dengan Okezone.com

Post Comment