7 Menit untuk Kelangsungan Hidup Si Kecil

Tahukah Mommies bahwa setiap 7 menit terdapat bayi yang meninggal di Indonesia karena sebab yang sebenarnya bisa kita cegah?

Hati siapa yang nggak mencelos dengan  fakta di atas? Nggak cuma kaum ibu, saya yakin semua orang akan merasa miris dengan kondisi ini. Faktanya sampai sekarang angka kematian dari bayi yang baru lahir masih terbilang tinggi. Ada 73.000 bayi di Indonesia yang meninggal setiap tahun sebelum berusia 28 hari.

Fakta-fakta ini dibeberkan oleh Save the Children, organisasi internasional independen di bidang anak. Mereka pun mencatat kalau tingginya angka kematian pada bayi baru lahir disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab utama pada usia 0-6 hari dikarenakan asfeksia (36%) , BBLR (36%) serta sepsis (12%) sedangkan pada usia 7-28 hari adalah sepsis (22%), kelainan kongenital (19%) serta pneumonia (17%). Aaah… saya jadi ingat dengan 21 fakta mengenai pneumonia yang wajib kita ketahui, termasuk pentingnya akan vaksinasi sehingga kualitas hidup bayi akan semakin baik dan sehat.

kampanye 7 menit

Fakta inilah jugalah  yang akhirnya mendorong Save The Children Indonesia untuk menginisiasi Kampanye 7 Menit, agar masyarakat semakin paham dengan fakta-fakta tersebut dan mulai melakukan sesuatu secara nyata untuk berpartisipasi menurunkan angka kematian bayi baru lahir secara tidak langsung.

Apa yang bisa kita lakukan untuk bisa mengubah angka kematian anak-anak ini? Banyak! Yang paling penting tentu harus dimulai dengan kesadaran dari kita sendiri akan fakta bahwa setiap 7 menit ada bayi yang meninggal di Indonesia karena sebab yang sebenarnya bisa dicegah. Harapannya dengan kesadaran yang besar di kalangan masyarakat umum, ke depannya bisa membuat sebuah perubahan secara kolektif.

Nggak cuma itu saja, sih, antara masyarakat dan pemerintah tentu saja harus bergandengan tangan. Tanpa bantuan dan kesadaran dari pemerintah, sekeras apapu usaha kita sebagai masyarakat tentu akan ‘pincang’. Pemerintah harus bisa membuktikan komitmennya untuk menaikan anggaran APBN 5% di sektor kesehatan sehingga akses dan pelayanan bisa semakin meningkat dan berkualitas secara merata di Indonesia. Termasuk memastikan jaminan kesehata BPJS untuk setiap ibu hamil, melahirkan dengan didampingi tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan. Pasalnya, apabila kenaikan anggaran kesehatan itu belum terealisasi, maka setiap #7menit ada satu bayi yang meninggal dunia.

Pertanyaannya,  apa yang bisa kita lakukan untuk menyadarkan pemerintah untuk bisa bergerak cepat? Dalam hal ini, Save The Children mengajak kita semua seluruh masyarakat Indonesia untuk mengikuti kampanye #7menit. Kampanye ini diimplementasikan dalam bentuk petisi online (www.aksi.savethechildren.or.id). Dengan ikutnya kita menandatangani petisi ini, kita pun ikut mendorong pemerintah agar janji peningkatan 5% anggaran segera dibuktikan.

Target petisi ini adalah 28.000 tandatangan yang mencerminkan 28 hari, periode usia bayi yang dikategorikan sebagai bayi baru lahir (neonatal). Petisi yang sudah terkumpul sampai dengan akhir tahun 2015 akan disampaikan bersama-sama publik kepada pemerintah, sebagai bentuk penegasan  pernyataan publik terhadap pemanfaatan alokasi dana yang sesuai kebutuhan pemeliharaan kesehatan neonatal di Indonesia. Harapannya, angka kematian bayi di Indonesia pun bisa berkurang.

Saya sendiri yakin kalau seluruh Mommies bersedia mengikuti petisi ini. Iya, kan?


Post Comment