Bangga Mampu Membantu Finansial Keluarga

Hasil survei yang dilakukan oleh Mommies Daily, menyebutkan kalau 33% ibu bekerja memiliki pendapatan yang lebih besar dari pasangannya. Sebagai ibu bekerja saya pun ikut bangga dengan fakta ini.

Sudah membaca artikel 10 Fakta Tentang Ibu Bekerja? Artikel tersebut sebenarnya lahir dari hasil survei yang sempat Mommies Daily lakukan di bulan November lalu. Dari sekian banyak fakta yang dihasilkan, salah satu yang menarik adalah soal mother are becoming the breadwinners.

ibu bekerja*foto dari sini

Di mana hasil survei Mommies Daily yang diikuti oleh 850 ibu bekerja menyebutkan kalau 33% ibu bekerja memiliki pendapatan yang lebih besar dari pasangannya. Artinya, saat ini banyak ibu bekerja yang sudah menyumbang pendapatan lebih besar untuk kebutuhan keluarga. Dengan begitu banyak perempuan yang punya andil membuat status ekonomi keluarga jadi membaik. Iya nggak, sih?

Walaupun saya sendiri belum merasakan posisi ini karena suami masih mendapatkan penghasilan yang lebih besar, tapi saya ikut merasa bangga. Di lingkungan terdekat saya juga banyak sekali contoh ibu bekerja yang punya peran besar dalam urusan finansial keluarga.

Contoh terdekatnya adalah kakak perempuan pertama saya, Liestya, yang kini bekerja sebagai Head Actuary di Axa Mandiri Financial Service. Nggak bisa dipungkiri, karir yang didapatkan kakak saya ini tentu nggak terlepas dari dukungan kakak ipar saya, Hudi Setiawan.  Salah satu bentuk dukungan kakak ipar saya ini adalah ketika dirinya memutuskan untuk resign dari pekerjaannya, dan memilih untuk berwiraswasta.

Saya sendiri sangat salut dengan langkah yang dipilih kakak ipar saya. Suatu hari saya pernah bertanya kepadanya, hal apa yang membuat dirinya mendukung karir kakak saya, sampai rela keluar dari pekerjaan dan meninggalkan jabatan yang sudah didapatkan? Ia pun menjawab, “Bidang pekerjaan sebagai aktuari masih sangat langka di Indonesia. Bagi saya, setiap ada kesempatan yang lebih baik terutama untuk kebaikan keluarga tentu saja perlu didukung.”

Belum lama ini saya pun sempat ngobrol dengan dua teman baik saya semasa SMP, Rima Deswita (34) yang kini bekerja di PT. Indo Tambangraya Megah Tbk, sebagai Quality Management Specialiats dan Dini Ulya (34), Corporate Communication Exim Bank. Sama seperti kakak pertama saya, kedua teman saya ini bisa dibilang contoh ibu bekerja yang mampu menjadi breadwinners.

Kami pun banyak ngobrol soal topik ini. Bagaimana dukungan para suami, support apa yang diberikan oleh pasangan mereka, dan bagaimana mereka mencoba untuk meminimalisir terjadinya konflik yang konon sering muncul karena sang istri punya pendapatan yang lebih besar ketimbang suami.

Simak ceritanya di laman berikutnya, ya, Mommies.