Money Talks: Utak-Atik Bujet Liburan

Ditulis oleh:  Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Sudah merencanakan liburan akhir tahun, tetapi biaya membengkak akibat kenaikan kurs yang di luar dugaan? Agar rencana berlibur tetap lancar, yuk kita utak-atik bujet.

Bujet liburan

  1. Periksa saldo tabungan liburan

Jika sisa waktu hanya sebulan sebelum berlibur, panduan utama adalah menyesuaikan jumlah dana dengan pengeluaran liburan. Selain itu, coba periksa apakah ada tambahan sumber uang yang bisa berasal dari bonus akhir tahun atau komisi penjualan.

  1. Lunasi biaya tiket & akomodasi

Sebelum berlibur, biasanya kita telah membeli tiket terlebih dahulu. Usahakan untuk membayar tunai dari rekening yang telah dipersiapkan atau bisa juga beralih ke cicilan 0% yang dilakukan sebelum tanggal bepergian.

  1. Cari alternatif tempat menginap

Sudah memesan hotel? Coba periksa syarat dan ketentuannya. Jika harga kamar melebihi bujet liburan, maka lakukan pembatalan bila masih bebas biaya administrasi. Alternatifnya, mommies bisa riset lokasi penginapan lain yang lebih ekonomis atau mencoba opsi seperti airbnb. Usahakan mencari lokasi menginap yang juga menyediakan makan pagi.

  1. Biaya komunikasi

Pengaturan untuk pos pengeluaran ini jadi sangat penting apabila mommies bepergian ke luar negeri. Saat ini, cara komunikasi yang paling ekonomis adalah menggunakan messenger service seperti WhatsApp, LINE, atau sejenisnya. Nah, cari tahu paket data dari provider mana yang paling murah untuk negara yang dituju. Isilah pulsa telepon pra-bayar untuk paket data harian selama berada di negara tersebut. Lebih baik lagi, carilah WiFi gratis untuk upload foto-foto berlibur.

  1. Atur penggunaan kartu kredit

Untuk belanja selama liburan di luar negeri, saya lebih menyukai penggunaan kartu kredit dibandingkan tunai. Alasannya, saya kurang suka menyimpan mata uang asing dalam bentuk kertas apalagi koin sepulang dari berlibur.  Selain itu, saya selalu meminta tax refund. Kunci supaya pemakaian kartu kredit terkendali adalah batasi limit sesuai dengan dana yang telah disiapkan. Dan hanya gunakan satu kartu kredit saja selama transaksi di negara tersebut.

Catatan penting juga, jangan lupa untuk mengambil asuransi perjalanan agar liburan tetap terkendali bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berlibur mommies. Live a Beautiful Life!

 

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan


6 Comments - Write a Comment

  1. Ayah Bunda, bentar lg liburan panjang ya..
    Yg pada mau ke Jogja….bawa baby, balita…gak perlu khawatir soal makannya…Bingung cari MPASI/Menu sehat, halal, praktis tapi non instan untuk si kecil?? Gampang Bunda…Langsung aja hubungi @bebinutri_cateringbayi. Bebinutri siap antar sampai tujuan. Ke rumah…ke hotel…siaapp!!!
    Bebinutri— Nutritious Baby & Toddler Food

Post Comment