banner-detik
PRODUCT REVIEW

Airfryer, 'Sahabat' Keluarga Cinta Gorengan

author

adiesty27 Nov 2015

Airfryer, 'Sahabat' Keluarga Cinta Gorengan

Siapa yang hampir setiap hari masak menu makanan yang digoreng? Berhubung suami saya wajib makan tempe goreng, sudah bisa dipastikan sajian yang satu ini nggak pernah absen saya masak. Iya, keluarga saya, keluarga tempe :D

Yup, bisa dibilang menu makanan favorit keluarga saya adalalah makanan yang digoreng. Sebut saja, tempe goreng, bakwan jagung, ayam goreng, nugget sampai ke cemilan seperti kentang goreng ataupun otak-otak. Belum lagi kalau ingat rasanya hampir semua makanan Indonesia membutuhkan proses digoreng. Rasanya, hidup saya nggak bisa lepas dari minyak goreng!

Bisa dibayangkan, ya, berapa banyak minyak yang harus saya beli setiap bulan? Parahnya lagi, kalau  dari segi kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi minyak goreng kan juga nggak baik. Tapi mau meninggalkan makanan gorengan, kok, belum bisa. Duh, dilema.

Dalam rangka ingin hidup lebih sehat, saat ini saya pun sudah mulai melirik minyak yang lebih sehat. Canola oil, misalnya. Paling tidak saya pun memerhatikan kualitas titik asapnya serta nggak akan mengggunakan minyak berulang-ulang. Selain itu, tentu saja penting bagi saya untuk memerhatikan bagaimana cara pengolahannya. Berkaitan dengan hal ini. saya pun akhirnya melirik produk airfryer.

airfryer

Sebenarnya, alat ini sudah lama saya incar. Apalagi saat ini sudah banyak brand yang menawarkan produk yang satu ini. Kenapa airfryer banyak dincar kaum ibu seperti saya? Hal ini tentu nggak terlepas dari segi kesehatan serta penggunaan minyak goreng yang jauh lebih irit ketimbang saat kita menggoreng. Bahkan alat ini pun bisa menggoreng tanpa minyak goreng. Soalnya, produk ini menggunakan teknologi 'Rapid Air' yang menghasilkan panas. Hasilnya pun tetap enak, gurih dan renyah.

Apalagi setelah mendengar beberapa pengalaman teman yang sudah menggunakannya. Mulai dari pengalaman Irasistible yang mengaku ketagihan.  Rupanya, cemilan favorit anaknya seperti kentang goreng  dan risol  sukses digoreng menggunakan airfryer. Hasilnya pun nggak berbeda dengan ketika harus menggoreng menggunakan metode biasanya.

Bahkan katanya, “Rasanya tetap renyah dan sama sekali tidak berminyak. Beda sekali dengan risol yang digoreng dengan metode biasa, yang selalu basah karena minyak dan bikin bibir serta tangan basah juga.”

Senada dengan Irasistible, salah satu teman saya semasa SMP dan SMA, Evie, pun punya pengalaman serupa. Bahkan katanya, sebagai ibu pekerja dengan dua anak dia merasa sangat terbantu dengan alat ini. Lho, kok, bisa? “Sekarang kan gue lagi nggak ada ART, pakai alat ini bikin hidup gue lebih gampang. Bisa multitasking karena saat menggunakannya bisa ditinggal sambil kerjain pekerjaan yang lainnya.”

Dari sisi kesehatan, Evie pun menandaskan kalau alat ini sebenarnya cocok digunakan buat mereka yang ingin diet. “Ya, paling nggak, bisa mengurangi asupan kalori total dan mengurangi asupan lemak jenuh.  Sejauh ini memang gue baru menggunakan buat frozen food seperti goreng lumpia, risol atau nugget. Tapi di buku resepnya banyak banget, kok, masakan yang bisa diolah dengan airfryer,” ungkapnya.

Bagaimana dengan rasa yang dihasilkan? Sebenarnya apa saja, sih, keuntungan menggunakan alat ini? Cek laman selanjutnya, ya.

air fryer1

Bagaimana dengan segi rasa? Ada perbedaan nggak? “Kalau soal rasa, tergantung preferensi masing-masing orang, ya. Sama mungkin tergantung dengan masakannya juga. Tapi sejauh menggunakan airfryer, makanan tetap enak, renyah dan nggak berminyak. Garing, kriuk-kriyuk gitu, deh." Sementara untuk membersihkanya, Evie mengaku sama sekali tidak repot. Soalnya, wadah penggoreng airfryer dilapisi bahan anti lengket dan bisa dilepas sendiri sehingga aman untuk dicuci seperti biasa.

Lewat pengalaman kedua teman saya ini, saya pun bisa menyimpulkan kalau memasak dengan airfryer memiliki beberapa kelebihan.

  • Lebih Sehat
  • Mengingat alat ini nggak perlu menggunakan minyak yang banyak, bahkan bisa digunakan tanpa minyak, bisa dibilang prosesnya pun akan jauh lebih sehat. Paling nggak, kandungan lemak dan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang.

  • Lebih Irit
  • Setiap bulan, saya selalu hampir selalu membeli minyak goreng sebanyak 6-8 liter. Nah, kalau menggunakan airfryer, tentu saja bisa membuat konsumsi minyak goreng di rumah jauh berkurang. Dengan  begitu bisa menghemat pengeluaran belanja bulanan.

  • Rumah bebas asap
  • Airfryer ini menggunakan  teknologi Rapid Air,  menggabungkan udara panas bersirkulasi cepat dan elemen pemanggang untuk menghasilkan makanan gorengan lezat.  Selain itu, airfryer juga dilengkapi dengan built in air filter yang akan menyaring udara sehingga alat tidak mengeluarkan asap, sehingga rumah bebas asap dan bau.

  • Alat serbaguna
  • Memang, sih, airfryer lebih banyak digunakan untuk menggoreng,  tapi bukan berarti alat ni ngga bisa digunakan untuk yang lainnya. Seperti yang Evie bilang, bahwa alat ini juga bisa digunakan untuk membuat kue, bahkan membuat steak.

  • Meringankan pekerjaan
  • Seperti yang sudah saya sempat tulis diatas, Evie mengatakan kalau dirinya sangat terbanti dengan alat ini. Pasalnya dirinya bisa multitasking, memasak sambil mengerjakan pekerjaan lainnya,  airfryer sudah dilengkapi dengan alat pengatur waktu.

    Wah... kalau begini jadi tambah pengen minta beliin suami, ah!

    PAGES:

    Share Article

    author

    adiesty

    Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan