Pentingnya Menjaga Kenyamanan Tidur Bayi

Mommies pasti sudah sangat aware bahwa tidur cukup dan berkualitas adalah elemen penting bagi tumbuh kembang bayi dan anak. Here a little reminder for us untuk lebih memerhatikan porsi dan kualitas tidur, terutama pada bayi.

Bagi ibu-ibu yang baru punya bayi, selain ungkapan syukur dan bahagia, biasanya juga mendapat ucapan ‘selamat begadang, welcome to the sleepless moment‘ ;) Memang soal tidur ini menjadi bahasan utama pembicaraan tentang mengurus bayi, apalagi kalau ada ibu-ibu yang mengaku, bayinya yang masih usia beberapa bulan sudah bisa tidur lelap sepanjang malam, tanpa terbangun. Wah, beruntung banget!

This is like an endless conversation, especially for new moms. Menceritakan tentang kebiasaan tidur masing-masing bayinya. Memang lumrah, jika bayi baru lahir mempunyai jadwal tidur yang tidak menentu, apalagi pada malam hari. Tetapi, semakin bertambah usia bayi, terutama setelah melewati masa satu tahun, kita harus mengusahakan agar bayi sudah punya kebiasaan tidur yang baik.

 

soedjatmiko

Hal ini juga dikatakan oleh Dr. Soedjatmiko, SpA(K), dokter spesialis anak. Bayi dan balita perlu tidur malam cukup, yaitu antara 9-11 jam. Selain porsinya cukup, tidurnya juga harus berkualitas, artinya tidur nyenyak dan tidak terganggu. Pada bayi, siklus tidur terbagi dua yaitu masa REM (Rapid Eye Movement) dan non-REM. Fase REM ini fase tidur awal, ditandai dengan bola mata atau tangan yang masih sedikit bergerak-gerak. Sedangkan fase non-REM adalah fase tidur nyenyak.

Tidur yang baik pada fase REM akan mempengaruhi perkembangan emosi-kognitif, sedangkan pada fase non-REM inilah pertumbuhan fisik bayi terjadi. Gangguan tidur pada bayi, seperti bayi yang sering terbangun atau gelisah, akan berpengaruh pula pada tumbuh kembangnya. Tidak jarang, gangguan tidur bayi ini berasal dari popok bayi yang basah karena urin. Padahal, urin ini mengandung urea yang bila lama terkena kontak pada kulit bayi, bisa menyebabkan iritasi kulit.

Dan memang inilah yang banyak terjadi. Menurut Zoe Liu, Scientific Communication dari P&G Asia Pasifik, berdasarkan penelitian, popok basah menjadi penyebab terbesar gangguan tidur malam pada bayi dan balita. Karena itu, Pampers -yang ternyata sudah berusia lebih dari 50 tahun di dunia, sekaligus pelopor popok sekali pakai ini- menghadirkan inovasi untuk menjawab masalah ini. Pampers Baby Dry Pants hadir dengan super gel yang unik, yang mampu mengunci kebasahan hingga 99.9% sehingga kulit bayi tetap kering sepanjang malam.

Pada event ‘Jelajah Dunia Tidur Bayi’ bersama Pampers, peserta yang hadir juga bisa menyaksikan secara langsung di mini lab pampers, bagaimana Pampers Dry Pants bisa menyerap cairan dengan cepat, dan tetap kering dibanding popok lainnya. Selain itu popok Pampers juga terbuat dari bahan yang lembut dan breathable, sehingga kulit bayi kering sepanjang malam.

mini lab

 

Saat event ini, hadir juga Artika Sari Devi dan Gisel yang menjadi brand ambassador Pampers. Ada cerita menarik dari Artika, bahwa putri sulungnya Abbie, saat ini sehari-hari sudah biasa memakaikan Pampers pada adiknya, Zoe. Artika memberi pemahaman bahwa pada saat tidur, bayi bukan hanya diam dan pasif, tetapi justru saat tidur adalah masa paling aktif bagi tubuh bayi untuk tumbuh dan berkembang. Karena itulah penting sekali bayi dan balita bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan tanpa gangguan.

artika gisel

Saya sendiri merasakan, putri saya Isha yang baru saja menginjak usia 2 tahun sedang masanya heavy wetter, jumlah dan frekuensi pipisnya lebih banyak daripada sebelumnya (terkadang bangun sekali tengah malam untuk minum air putih, karena sedang saya latih untuk menyapih). Tetapi pakai Pampers, saya tidak kuatir bocor walaupun dipakai sejak tidur malam hingga bangun pagi.

IMG_2770 (2) (Medium)
Nah Mommies yang ingin mengetahui lebih lanjut perjalanan Pampers selama lebih dari 50 tahun ini, bisa langsung melihatnya di www.pampers.co.id. Di situ kita juga bisa melihat sendiri, bagaimana sebenarnya popok Pampers bekerja melindungi kulit bayi semalaman, sehingga kualitas tidur bayi kita terjamin dan juga ada banyak tips dari Pampers mengenai tips tips merawat bayi.

 

(Tulisan ini adalah hasil kerja sama penulis bersama Pampers Indonesia)


Post Comment