Anak Usia 5-12 Tahun Juga Punya Kebutuhan Jam Tidur, Lho!

Ditulis oleh: Nayu Novita

Sempat berpikir kalau anak-anak sudah lepas dari masa bayi, saya udah nggak perlu repot dengan yang namanya jam tidur. Ternyata salaaaah besar, hahaha.

tidur di mobil

Waktu anak-anak masih bayi, yang bikin saya pusing kepala kalau berhubungan dengan jam tidur bayi adalah periode waktu mereka yang masih belum jelas dan membuat saya jadi seperti hansip, ronda tengah malam! Ternyata oh ternyata, usia anak bertambah, tantangannya beda lagi. Susaah banget disuruh tidur. Ada aja alasan mereka untuk menolak tidur atau memundurkan jam tidur..zzttttttt.

Dulu, saya tipe yang mewajibkan anak-anak untuk tidur siang. Tapi makin ke sini, saya lihat-lihat kondisi dulu. Kalau tidur siang malah membuat tidur malam mereka mundur dan jadi kemalaman, ya mending saya pilih mereka nggak tidur siang tapi tidur malamnya tepat waktu (biar saya bisa nonton tv series favorite :D). Toch tidur siang bukan keharusan. Andai saja anak-anak ini tahu, gimana setelah tua mereka akan sangaaaat merindukan waktu untuk bisa tidur, hahaha. Jadi sekarang kuncian saya adalah yang penting kebutuhan tidur berkualitas anak-anak dalam sehari itu tercukupi.

Pertanyaannya sekarang, kalau macam anak-anak saya yang sudah bukan bayi lagi, gimana aturan menghitung jumlah jam tidurnya? Menurut National Sleep Foundation, jumlah kebutuhan jam tidur bisa berbeda-beda, tergantung jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari serta kondisi tubuh anak. Berdasarkan rekomendasi jam tidur dari National Sleep Foundation yang diterbitkan awal tahun 2015 ini, kakak yang sudah berumur 9 tahun membutuhkan waktu tidur antara 9-11 jam per hari, sedangkan si adik yang masih berusia 5 tahun memerlukan sekitar 10-13 jam setiap hari.

Panduan jam pergi tidur & bangun tidur

Berhubung urusan saya banyak, nggak cuma menghitung jumlah jam tidur yang dibutuhkan anak-anak, jadi saya memanfaatkan tabel jam pergi tidur & bangun tidur yang beberapa waktu lalu beredar luas di internet. Saya nggak terlalu peduli sih dengan kapan anak harus pergi tidur dan kapan harus bangun. Saya hanya melihat perkiraan jumlah jam tidur dalam sehari yang dibutuhkan untuk usia anak-anak saya. Untuk urusan wake up time dan sleeping time serahkan saja ke orangtua masing-masing, ya nggak!

Yuk kita lihat tabelnya.


Post Comment