Wajib! Memerhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan

Jangan abaikan kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan karena bisa mengakibatkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah  (BBLR)

WajibMemerhatikanKesehatanGigidanMulutSelamaKehamilan

Gambar dari sini

Ketika menikah saya dan pasangan memutuskan untuk tidak menunda memiliki momongan – dan benar saja, hanya kosong dua bulan setelah menikah saya dinyatakan dokter positif hamil. Sejak itu saya lebih memerhatikan asupan nutrisi kehamilan , dan tentu saja menyusukuri hal-hal yang membuat kehamilan tambah menyenangkan – selain mual-mual di trisemester pertama yang wajar dialami oleh seorang ibu hamil. Setelah itu sebagai perempuan bekerja, saya tak lupa mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan akan berakhirnya masa cuti bersalin.

Di antara seluruh persiapan selama masa kehamilan, terkadang kesehatan gigi dan mulut justru tak mendapatkan perhatian serius – padahal dapat memengaruhi pertumbuhan janin dan kesehatan si ibu hamil. Ini juga erat kaitannya dengan kecukupan nutrisi, “Kecukupan nutrisi sangat penting untuk kesehatan ibu dan byi. Jika ibu hamil mengalami gangguan pada gigi dan gusi, ibu tidak dapat mengunyah makanan dengan baik, akibatnya kecukupan nutrisi pada janin tidak terpenuhi optimal sehingga dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur dengan berat badan lahir rendah (BBLR).” Ungkap dr. Boy Abidin, SpOG (K), Ginekolog dalam press conference Bulan Kesehatan Gigi Nasional bersama Pepsodent awal September lalu di Jakarta.

Nah, untuk itu penting loh memeriksakan kesehatan gigi dan mulut sebelum kehamilan dan selama kehamilan. Menurut drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care. PT Unilever Indonesia, Anda bisa melakukan pembersihan karang gigi sebelum kehamilan. Trisemester kedua dan ketiga kehamilan dan perawatan di rumah dengan menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur menggunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang sesuai.  Sementara itu ada hal yang penting untuk digaris bawahi, bahwa gusi ibu hamil rentan berdarah karena meningkatnya hormon progesterone – jadi perawatan gigi dan mulut menjelang dan selama masa kehamilan WAJIB HUKUMNYA ya, Mommies :)

Selanjutnya, mitos dan fakta seputar kesehatan gigi dam mulut pada ibu hamil