5 Tempat Les Seru Untuk Anak

Ditulis oleh: Nayu Novita

Bosan dengan kegiatan luar sekolah yang itu-itu saja? Coba deh ajak si kecil mengikuti aktivitas seru di beberapa tempat les berikut ini!

Kemarin Fia baru saja menulis tentang Fun Thinkers – semacam buku untuk menjadi alat belajar yang seru untuk kegiatan anak-anak di rumah. Saat saya membacanya, memang terlihat asyik sih. Maksud saya bukan model alat belajar yang standar gitu. Jujur saja, sekarang saya senang karena semakin banyak alat belajar atau tempat-tempat les yang asik untuk anak-anak.

Itu sebabnya, selain jenis-jenis les yang sejak dulu sudah akrab di telinga—seperti les piano, balet, renang, dan tari daerah, saya mencoba “berburu” jenis-jenis kegiatan lain yang terbilang baru dan—barangkali, lebih sesuai dengan minat dan bakat si kakak (9) dan si adik (5). Ini beberapa di antara sejumlah kegiatan seru yang berhasil saya temukan:

  1. Teater Tanah Air

Teater Tanah Air

*Gambar dari sini

Kata salah satu guru di sekolah si kakak, mengikuti kegiatan olah peran dalam sanggar teater itu bagus untuk mengasah keberanian dan melatih kemampuan anak untuk mengekspresikan diri. Buat si kakak yang berkepribadian introvert, saya pikir kegiatan ini akan banyak gunanya. Salah satu tips saya dalam membesarkan anak dengan kepribadian introvert. Salah satu sanggar teater anak yang sudah banyak dikenal di Indonesia adalah Teater Tanah Air di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Sejak didirikan oleh Jose Rizal Manua pada 14 September 1998, anggota Teater Tanah Air kini sudah lebih dari 150 anak berusia antara 6-14 tahun, dan telah mencetak prestasi di dalam negeri maupun mancanegara.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat

  1. Gigi Art of Dance

Tempat les seru untuk anak

*Gambar dari sini

Sebagai anak perempuan, dulu saya sempat dibujuk orangtua untuk mengikuti kursus menari. Biar badannya luwes dan gerakannya anggun, kata mereka. Tapi apa daya, sanggar-sanggar tari yang ada di sekitar rumah kami tak ada yang berhasil menarik minat saya. Mungkin lain ceritanya kalau dulu saya menemukan tempat kursus tari yang satu ini: Gigi Art of Dance.

Bukan hanya tari-tari tradisional, di sini si kecil bisa mempelajari bermacam-macam jenis tarian, mulai dari balet, jazz funk, hip-hop, jazz kontemporer, broadway, K-pop, termasuk tari tradisional berformat kontemporer. Kalau memang tertarik untuk menekuni bidang tari, kita juga bisa mendapatkan bekal pengetahuan tentang serba-serbi tari, mulai dari sejarah, kritik, serta komposisi, dalam program workshop, trip tari ke luar negeri, dan lain-lain. Seru, kan?

Alamat: Jl. Radio Dalam Raya No 191-17, Jakarta Selatan

Telp: (021) 7399711

  1. Dapur Anak

Tempat les seru untuk anak2

*Gambar dari sini

Dulu, urusan memasak memang didominasi oleh ibu-ibu atau remaja putri yang sudah menjelang dewasa. Tapi kini, memasak adalah kegiatan yang disukai oleh masyarakat dari berbagai lapisan usia, termasuk anak-anak. Karena dari urusan memasak, banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak-anak. Nggak heran kan, kalau melihat anak-anak zaman sekarang yang punya cita-cita menjadi seorang koki atau menjadi juara Masterchef Indonesia?

Jika si kecil termasuk salah satu di antaranya, maka dia pasti senang bergabung dalam sesi cooking class yang diadakan oleh Dapur Anak. Selain kursus masak berkelompok, di sini kita juga bisa mengambil program private cooking di rumah, cooking tour, dan lain-lain. Meski usia ideal untuk mulai belajar memasak adalah 7 tahun, tetapi di sini juga ada murid berusia 4 tahun yang betah “bermain-main” di dapur, lho!

Alamat: Jl. Kapten P. Tendean, Kav. Polri Pondok Karya Blok B 8 Mampang, Jakarta Selatan. E-mail: info@dapuranak.com. Telp. 021-99840865, 021-7181140, 081398800761, 085217440138

Bosan dengan alternatif olahraga yang itu-itu saja? Coba bawa si kecil ke tempat les panahan.


One Comment - Write a Comment

Post Comment