Ubah Rasa Takut Menjadi Kesuksesan

“There is only one thing that makes a dream impossible to achieve: the fear of failure” Paulo Coelho, The Alchemist.

Ada salah satu pesan Mama yang selalu saya ingat sampai detik ini. Beliau pernah bilang bahwa kegagalan yang sebenarnya adalah saat kita takut untuk melangkah dan berhenti mencoba. Dari sini, saya jadi paham kalau rasa takut sebenarnya merupakan faktor utama yang menghalangi kita untuk meraih kesuksesan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention mengemukakan bahwa perempuan cenderung lebih mudah bingung, cemas dan khawatir dibandingkan dengan pria Selain disebabkan oleh faktor homonal, konon perempuan juga lebih mudah menerima pesan kultural bahwa kita boleh merasa cemas jika terjadi sesuatu yang tidak beres.

Masalah depresi ini juga sebenarnya nggak cuma bisa dirasakan oleh perempuan dewasa saja, lho. Anak-anak, khususnya para remaja juga kerap merasa depresi. Untuk itulah, penting bagi kita para orangtua untuk bisa melihat dan deteksi dini depresi pada anak.

skII

Rupanya, hal ini pun pernah dialami  Krystal Choo, Techpreneur asal Singapore yang berhasil membuat aplikasi Wonder, aplikasi yang mengubungkan para traveles. Ketika berusia 13 tahun, ia didiagnosa mengalami depresi. “I had lost the will to live, and and it’s not so much that I wanted to die. It’s just that, I didnt want to live.”

Walaupun sempat merasa terpuruk, toh, perempuan berkulit putih bersih ini berhasil mambangun usahanya yang kini kian berkembang. Memang, pada awalnya ia pun mengaku menemukan banyak kendala terutama karena ia seorang perempuan. Namun ia mengatakan bahwa kekuatannya justru dari dari ‘kegelapan’ yang ia rasakan.

Pengalaman Krystal Choo ini tentu bisa mengajarkan banyak hal pada kita semua. Bahwa untuk meraih apa yang diingikan, mengubah takdir harus dimulai dari diri sendiri. Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja dengan  mengubah rasa takut menjadi sebuah kekuatan.  Saya sendiri yakin kalau semangat Krystal Choo mengubah mimpi buruknya sebuah kesuksesan bisa menginspirasi Mommies semua.

Tidak percaya? Coba lihat video yang satu ini, dulu, ya.


Post Comment