Survei SD di Tangerang Selatan

Mumtaza Islamic School

mumtaza

SD lain yang saya survei adalah  Mumtaza Islamic School.  Sekolah ini menerapkan Cambridge Curriculum dan Tahfizh Al-Quran dengan sistem pembelajaran active learning. Terus terang saja, saya sedikit deg-degan ketika mendengar anak siswa yang sekolah di sini harus menghafalkan Al-Quran. Bukannya apa-apa, yang terlintas di pikiran saya, “Apakah anak kecil sudah mampu menghapal Al-Quran? Jangan-jangan apabila dibebani dengan menghapal Al-Quran, anak jadi stres?”

Tapi, pemikiran saya ini diluruskan oleh satu teman dekat saya yang menyekolahkan anaknya di sana. Dia bilang, “Anak gue senang dan sama sekali ngga tertekan kok sekolah di sini. Gue sendiri kurang paham metode yang diterapkan di sekolah seperti apa, tapi setahu gue, setiap pagi sebelum anak-anak belajar, mereka memang sama-sama diajak membaca surat kecil,” begitu katanya.

Rupanya, sistem pengajaran pengenalan Al-Quran di sini memang sudah didesain secara khusus dengan menggunakan metode pengajaran yang fun. Sehingga anak-anak pun tidak merasa terbebani sama sekali.

Untuk tahun ajaran 2016-2017, Mumtaza membuka 4 kelas untuk kelas 1 SD, di mana setiap kelas berisi 22 hingga 24 siswa. Karena menggunakan kurikulum Cambridge, sudah dipastikan kalau sejak kelas 1, siswa di sini akan dilatih untuk menggunakan bahasa Inggris. Memang, sih, tidak semua mata pelajaran yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Namun untuk bahasa pengantar untuk siswa kelas 3 seluruhnya sudah menggunakan Bahasa Inggris.

Oh, ya, calon siswa di sini terlebih dahulu melakukan beberapa proses penyeleksian.Untungnya, tes yang dilakukan di sini bukan calistung. Namun observasi psikologi, selain itu calon siswa juga harus melalui beberapa tes, yaitu tes Bahasa Inggris, menulis angka dan alphabets, serta mewarnai.

Berapa biayanya?

Apabila Mommies tertarik mendaftarkan anaknya di sini, untuk biaya pendaftaran serta observasi psikologi sebesar Rp 500.000. Uang pangkal sebesar Rp 18.500.000, namun apabila dibayarkan bulan November- Januari akan mendapat potongan sebesar 20%, jadi Mommies hanya perlu membayarkan Rp 14.800.000. Sedangkan untuk uang SPP ajaran tahun depan, Rp 1.000.000, biaya seragam, Rp 1.000.000, aktivitas tahunan Rp 2.150.000 dan biaya buku sebesar Rp. 2.000.000.

Total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 24.500.000, sedangkan jika Mommies mengikuti gelombang 1, bulan November – Januari, total biaya yang harus dikeluarja Rp 21.450.000

Sinar Cendekia

sinar cendekia

SD Islam lainnya yang sudah saya survei adalah Sinar Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan. Sistem pembelajaran di sini juga menggunakan active learning.  Serupa dengan Mumtaza, sekolah ini juga  menerapkan konsep keterpaduan yang meliputi keterpaduan antara kurikulum nasional (Diknas) dan Internasional (Cambridge curriculum) yang diaplikasikan dengan nilai-nilai Islami serta keterpaduan antara peningkatan potensi akademik (IQ), pengembangan karakter/akhlak (EQ) dan spiritual (SQ) juga pembentukan fisik yang kuat.

Saat ini Sinar Cendekia sudah menjalin hubungan kerjasama dengan: PT Chuhatsu Indonesia, British Woman Association, The Prestigious, Nihongo Center (Kyoto), Cambridge Education System, Mentari Books, English First (EF), The Japan Foundation, Hikari Nihongo Kyousitsu. Sinar Cendekia juga membuka kelas Distance Learning untuk siswa SD yang tinggal diluar negeri.  Khusus untuk wilayah Asia (Jepang, Korea, Taiwan), bekerja sama dengan SJJ Fahima Jepang

Di sini juga mengajak anak-anak untuk belajar ke alam, di mana sistem pemberlajaran juga tidak hanya dilakukan di dalam kelas.  Di mana, sekolah ini memiliki fasilitas peternakan ikan, peternakan kuda, sapi, kelinci, angsa, dan ayam. Lucu, ya?

Berapa biayanya?

Biaya formulir pendaftaran Sinar Cendikia Rp 375.000, sedangkan untuk total biaya masuk sekolah Rp 17.580.000. Biaya ini terdiri dari uang pangkal Rp.5.500.000, uang gedung Rp 5.800.000, baiaya kegiatan kelas 1 selama setahun Rp 5.350.000 dan SPP bulan Juni Rp 930.000. Biaya ini belum termasuk biaya buku pelajaran dan seragam sekolah.

 

 

 

 

 


19 Comments - Write a Comment

  1. Hallo mba Adiesty, kebetulan anakku sekolah di ICM, ralat juga Insan Cendekia Madani, bukan Madania…hehehe… So far anakku menikmati banget sekolah disana…meski full day sampai jam 2 siang, tp sudah gak ada PR kecuali project2 kecil yg waktunya panjang. Dan SPP yang kita bayar sudah all in semua termasuk seragam, field trip, eskul, buku, snack, lunch dan antar jemput. Semoga Bumi juga bisa sekolah disana yaa… :)

    1. adiesty

      Hallo Mba… wah, iya, maaf ini di tags penulisannya kelebihan ‘a’. Tp kalau di body artikel sdh benar, kok. Makasih, ya, Mbak :)

      Mbak, Dian anaknya sudah kelas berapa? Kemarin memang sudah main ke sana, sayangnya pan open house, nggak bisa datang krn ada acara keluarga :( aamiin… mudah2an bisa sekolah di sana juga….

  2. hai mbak…anakku kemarin udah test di mumtaza. ga diterima. hahaha…

    testnya adalah ada test academic, ada test agama, sama apa ya? lupa. ada 3 ruangan yg hrs didatangi siswa. ga lama kok tesnya paling 1 jam an.

    hasilnya sih katanya anakku belum siap masuk sd (anakku belum bs baca tulis).

    ini aku br mau kesana ambil hasil test. tp mrk gada menyebutkan bahwa hasil testnya dr psikolog sih. mudah2an benar dr psikolog sehingga hasilnya valid jd aku bs jadikan itu sbg bahan acuan apakah anakku sebaiknya mengulang TK atau cr sekolah lain :)

    anyway, ada masukan nih. anakku yg gede di kharisma bangsa pondok cabe. sampe skrg jatuh cinta banget sama sekolah itu. sayang anakku yg kecil ga se antusias kakaknya kalau urusan academic, jd menurutku agak ga worth klo si adek masuk KB :D

    silahkan coba survey ke KB.

    info tambahan, kalau di KB bahkan untuk ibu2nya ada club gratis. dr mulai club merajut, memasak, sohbet (kajian agama islam), sampai club bahasa turki.

    sekolah ini fully supported by yayasan pasiad soalnya. yayasan NGO milik turki :)

    1. adiesty

      Hallo Mbak Isthi,

      Wah, kemarin anak aku, Bumi, juga baru tes di Mumtaza. Baru banget, kok, Sabtu lalu. Anak Mbak Isthi tesnya kapan? Katanya, sih, pengumumannya dua minggu, ya. Kemarin memang 3 kali observasi, psikologis, baca, dan keislaman. Anak yg di tes, aku yg deg deg-an, Mbak, ahahahahaa…. #IbuParno

      Oh, iya aku tahu juga tuh Kharisma Bangsa. Memang belum ke sana, sih, Mbak. Kalau ada info soal biaya metode sekolahnya, boleh tolong share, ya :D

      Makasih :*

    1. Hm….seingetku bukannya dia spp 1jt, trus total bayar uang pangkal dkk 20jt sudah sama uang kegiatan bersih? Kemudian uang tahunannya termasuj uang kegiatan dll 3,5jt/th mom? Oh iya, itu sudah termasuk ekskul satu buah. Dan bila mau ada tambahan, bayar 500rb/smester. Seingetku gitu, mbak tami :)

      Aku ga liat jadinya 6jt/bln sih.

      Mumtaza terhitung murah sih klo menurut aku bila dibandingkan dengan SHB dan KB. Karena memang yg cambridge sekitar segitu biayanya mom.

      Hm…kalau mau alternatif ada dharma karya atau al fath yg biayanya dibawah itu.

      Karena dian didaktika aja udah diatas itu. Avicenna aja sekitar segitu. Bedanya avicenna malah nggak ada embel2 cambridge curriculum :)

      Al azhar pamulang juga bs jd referensi. Anakku skrg tk disana. Tp karena kami inshaa allah mau pindah ke lereng, karena anakku yg besar sekolah di KB, jadilah kami boyongan cari sekolah untuk yg kecil ke arah sana.

    2. adiesty

      Mbak… masa sih sebulan sampai 6 juta? Seingat aku sih nggak sampai segitu, deh…. uang SPP aja nggak sampai dua jutakan? Paling ditambah dengan katering, anter jemput dan ekskul aja, sih. Cuma memang di sana anak uang tahunan juga. Tapi itu pun nggak sampai 5 juta pertahunnya, Mbak.

      Oh, ya… sampai sekarang Mumtaza blm kasih kabar ke aku, lho. Jadi nggak tau, nih, Bumi diterima atau nggak. Padahal waktu tee, gurunya nilai Bumi sudah siap, hahahhaa….. Tp apa mungkin pas mereka tlp, ga aku angkat, ya? Entah deh, nih.

      Tapi kemarin Bumi juga sempat test di Al Fath, Mbak… alhadulillah keterima. Jadi sepertinya Bumi mau di Al Fath aja :D

    3. adiesty

      Mbak… masa sih sebulan sampai 6 juta? Seingat aku sih nggak sampai segitu, deh…. uang SPP aja nggak sampai dua jutakan? Paling ditambah dengan katering, anter jemput dan ekskul aja, sih. Cuma memang di sana anak uang tahunan juga. Tapi itu pun nggak sampai 5 juta pertahunnya, Mbak.

      Oh, ya… sampai sekarang Mumtaza blm kasih kabar ke aku, lho. Jadi nggak tau, nih, Bumi diterima atau nggak. Padahal waktu tee, gurunya nilai Bumi sudah siap, hahahhaa….. Tp apa mungkin pas mereka tlp, ga aku angkat, ya? Entah deh, nih.

      Tapi kemarin Bumi juga sempat test di Al Fath, Mbak… alhamdulillah keterima. Jadi sepertinya Bumi mau di Al Fath aja :D

  3. Mbak adist, tahun ini KB ga beda sama tahun lalu. Uang pangkal 38jt, tambah uang tahunan sekitar 8jt (langsung dibayar thn pertama dan seterusnya)

    Spp 2.8jt/bln, ekskul cuma boleh pilih 1 sudah termasuk. Tapi kalau ambil robotic kayak anakku ada tambahan 500rb.

    Metode sekolah sih dia bilang nasional plus. Standar sih ya. Tp aku agak takjub sama mrk. Memang anak dididik agak saklek disana.

    Untuk mama2 ada club free. Dr mulai club bahasa turki memasak, sampai club sohbet. Club mama2, freeee :)

    Sangat kental budaya turkinya.

    Sementara anak2 kelas 1 gada ujian. Adanya review quiz per bab.

    Mrk punya pelajaran mind games sbg pelajaran jd lbh ke logic.

    Sholat dzuhur berjamaah setiap hr, ada pelajaran budi pekerti tiap jumat, pelajaran agama 4x seminggu, ada pelajaran baca alquran 2x seminggu, ada program tahsin di hari sabtu jam 9-11 (optional), ada program fun science sebanyak 14x/th. Oh iya, setiap senin pagi ada acara upacara bendera.

    Trus yg bikin aku takjub, mrk punya indoor playground buat anak kelas 1-3 dan mereka belajar ga pake papan tulis. Tp pakai smart board! Hahaha….keki deh. Gw kuliah aja pake whiteboard

    Kalau anakku yg kedua sangat otak kiri seperti anak2 KB, aku akan masukkin dia kesana. Sayangnya tidak.hehehe

    Ini besok tgl 19 anakku yg kecil mau test di avicenna. Mudah2an diterima (setelah ditolak oleh mumtaza) hahaha.

  4. yg trmasuk by tahunan itu uang buku + uang kegiatan+ spp kan ya mbak adis soalnya kmrn jg dihitungin tuh pas nganterin temen jg yg mau daftar smp nya..bag penerimaan siswa baru dia bilang kurang lebihnya segitu,kmrn sih sebenernya jatuh cinta bgt sama icm serpong cuma radius antar jemputnya ga nyampe tp msh ikutan daftar online jg sih dpt cadangan gel 2,fasilitas nya ok bgt ya mbak n guru n kelas jg tp krna anak nya punya 3 kt suami tar yg 2 kasian mampu ga skol disitu smua..btw dah survei al azhar tp sutet dah hampir desperado jg sih neh..bsk mau liat di madrasah pembangunan ciputat n kmrn jg dah daftar di al hamidiyah depok..nanti kl punya info sharing lg ya mbak adis ☺

  5. Mba Isthi, salam kenal.. mau tanya, anaknya yg ga diterima di Mumtaza kelahiran kapan? Krna bbrp pertimbangan, saya rencana pengen masukin anak saya yg skrg TK A lgsg masuk SD aja..tp tentunya jika hasil testnya oke.. krna kalau mau ke Mumtaza anak saya umurnya kurang sdikit sih dari batas minimalnya.. mau coba ikutin test tp koq rasanya sayang2 uangnya klo trnyt testnya lmyn ketat jd anak saya (yg secara umur mmg masih kurang) pasti ga keterima :D

    Oh ya, Kharisma Bangsa cut off umurnya berapa ya? Pelajaran agama cukup banyak ga? Terima kasih infonya..

    1. adiesty

      Hallo Mbak Dini… salam kenal, ya. Kemarin pas Bumi dites di Mumtaza, kayanya mereka cukup saklek dengan usia, deh. Kebetulan Bumil lahir pertengahan Mei, dan mereka bilang sudah bisa dan pas. Anak Mbak Dini kenapa nggak lanjut ke TK B dulu?
      Waktu dites, katanya pengumumannnya kurang lebih selama dua minggu. Tapi ini sudah lebih dari dua minggu, masih belum ada kabar. Penasaran, sih, jadinya. Paling besok mau aku tlp aja. Kalau mau tes di Mumtaza, nanti anak-anak akan lewatin 3 observasi, Mbak. Kelas pertama psikologi, di sana anak diminta untuk gambar dan diajak ngobrol, lalu tes akademis untuk lihat kemampuan anak mengenal huruf, dan kelas terakhir nanti anak-anak diminta untuk membaca surat kecil atau doa sehari-hari.

      Good luck, ya :)

  6. Hai mbak dini :) salam kenal :)

    Aku coba jawab ya :)

    Untuk umur, anakku yg kecil kelahiran 15okt 2010 jd by juli nanti 5th9bln. Anakku yg besar kelahiran 10 april 2009 jd by juli kemarin 6th 3bln.

    Untuk cut off umur aku ga terlalu ngeh. Tp aku pribadi untuk mendaftarkan anakku ke sd pake standar UK. Hehehe

    kebetulan anakku kmaren sekolah 2th di UK (yg gede) nursery dan reception dan 1,5th (yg kecil) nursery.

    Nah waktu kami kembali kesini akhir thn 2014 kemarin, anakku yg gede tuh harusnya sudah year 1 (wkt year 1 2014 sept kmaren umurnya 5th 4bln). Dia sempet year 1 disana sekitar 2bln. Tp katanya krn peraturan diknas, hrs ngulang 1th. Hehehe. Yaudah ngulang. Jd temen2nya skrg udah year 2 di UK, disini dia msh kelas 1.

    Sementara adeknya krn cut off di UK per 31 agt (disana saklek) jadi adeknya kmaren nursery agak lama. Klo di UK masuk per januari boleh selama anaknya udah 3th. Tp konsekuensinya dia hrs mengulang setaun lg. Nah, menurut hitung2an temen2 umur temen anakku di UK, harusnya thn 2016 ini mrk masuk SD (bulan sept). Dan anakku yg kecil ini di UK sudah terkategori anak yg tunda sekolah setahun krn lahirnya diatas 31agt :)

    Kebetulan aku juga senasib sama anakku yg kecil nih, lahir akhir tahun. Hehehe

    Untuk kharisma bangsa, pelajaran agama sudah aku jelaskan diatas :) 4x seminggu, gurunya s3 uin standarnya (krn dibiayai sama pasiad), trus ada pelajaran baca quran 2x seminggu, ada extra pelajaran tahsin bila anaknya mau jadi hafidz di hari sabtu jam 9-11 (optional. Ga ikut juga gpp), dan setiap dzuhur mrk sholat berjamaah, dan yg kelas2 kecil imamnya digilir alias bergantian.

    Tp walaupun begitu,mrk tidak melabelkan diri mrk sbg sekolah islam krn banyak anak expat bersekolah disana. Jadi ketika pelajaran agama, anak2 expat ini ada kelas khusus. Di kelas anakku ada sekitar 4anak expat. Jd setiap pelajaran agama mrk berpisah dgn teman2 sekelasnya :)

    Oh iya, satu kelas aku ga tau max berapa. Tp KB per angkatan untuk SD hanya menerima 2 kelas dan anakku sekelas 18org :)

    Gada test klo di KB. Hanya trial 4hr nanti di observe gurunya. Anak lgsg terlibat disana.

  7. halooo mbaa,,,,,bagus banget artikelnya
    apalagi buat aku yang anaknya masih KB hehe,,,jadi masih ada waktu buat mikir2 dan timbang2 hehe.

    kalau sekolah lain seperti al fath, cikal harapan, aulady, ar raudhah sudah pernah survey belum ya?
    mau dunk klo ada reviewnya

Post Comment