13 Quality Time untuk Pasangan Sibuk

Sibuk dengan pekerjaan di rumah ataupun kantor bukan berarti jadi nggak punya waktu berkualitas bersama pasangan. Berikut ada beberapa aktivitas yang bisa kita jalankan bersama pasangan.

Buat saya pernikahan itu ibarat naik roller coaster. Selalu ada masa naik dan turun. Begitu juga kalau dilihat dari tingkat keromantisan dan komunikasi. Kalau saat pengantin baru bawaannya romantis dan nempel-nempel ke suami terus, kondisinya tentu akan berbeda ketika kita sudah masuk fase pernikahan yang lebih lanjut. Terlebih buat pasangan yang sama-sama sibuk bekerja di luar rumah.

Nggak sedikit teman dekat saya yang mengeluh nggak punya banyak waktu yang berkualitas bersama suami. Separuh waktu sudah dibiskan di kantor, sepulang kerja akan lebih fokus dengan urusan anak. “Lalu kapan waktunya dengan suami? Bawaannya sekarang susah banget untuk ketemu waktu yang klop,” begitu keluh salah satu sahabat saya.

Meskipun saya memgakui kalau susah sekali punya quality time sama suami, tapi tetap saja hal seperti ini waib dilakukan. Jangan sampai quality time tergerus oleh aktivitas masing-masing. Apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut ada beberapa bocoran dari warga Female Daily Network. Siapa tahu bisa memberikan ide buat Mommies yang lainnya.

Umh, paling enak, sih, ngobrol sama suami kalau sebelum tidur. Pulang kerja kan  biasanya sudah malam, nah, paling quality time sama suami baru bisa dilakukan saat pillow talk.  Tapi, biar nggak keganggu, kalau lagi pillow talk sama suami, jangan ada gadget di antara kita. Kalau nggak, bukannya ngobrol sama suami, malah sibuk sendiri dengan gadget. (Gyanda_ Video Producer FDN)

  • Belanja bulanan

quality time

Sebenarnya, sih, ritual belanja bulan selalu ngajak anak. Jadi jalannya selalu bertiga. Tapi paling nggak, saat belanja bulanan gue juga bisa punya banyak waktu buat ngobrol bareng suami. Apalagi setelah belanja bulanan kita sering makan bareng. Jadi, waktu seperti ini bisa dimanfaatkan untuk ngobrol panjang lebar, deh. Dulu, sih, sebisa mungkin selalu ada sesi pillow talk, tapi sekarang berasanya sudah terlalu capek. Kalau nidurin anak, gue seringnya ikut tidur, hahahaha. (Adisty _ Editor Mommies Daily)

  • Nonton konser musik

Dari awal ketemu kami memang suka nonton musik bareng. Kebiasaan ini tetap kami bawa sampai sudah menikah dan punya dua orang anak. Walaupun nggak pernah dijadwalkan ada waktu khusus untuk kencan nonton musik. Jadi, waktunya memang tidak menentu. (Amanda _ FDN Event Manager)

  • Melakukan hobi bersama

Suami gue ini tipe laki-laki yang getol banget olahraga. Setiap minggu, dia nggak pernah mau absen buat main futsal sama temen-temen kantornya. Di akhir pekan, jadwal dia naik sepeda atau lari pagi. Makanya, dia suka ‘nyentil’ kalau ngeliat gue sudah lama nggak olahraga. Karena hobi suami yang satu ini, mau nggak mau gue jadi ikut kebawa, sih. Paling nggak dua seminggu kami jadi rutin renang bersama. Belakangan ini, kalau akhir minggu kita juga juga sering main badminton. (Adisty_Editor Mommies Daily)

  • Nostalgia

Sampai sekarang satu minggu sekali, gue sama suami masih sering datang ke tempat-tempat kita dulu pacaran. Misalnya, makan restoran yang dulu sering kita pilih buat kencan. Tapi memang dilihat juga waktu dan situasinya. Kalau sepertinya waktunya mepet, biasanya akan cari tempat makan yang mengarah ke rumah aja, biar nggak terlalu malam. Maklum, deh, saat ini kan sudah ada  anak yang menanti orangtuanya di rumah. (Thatha- Editor Mommies Daily)

  • Meni pedi

quality time1

Gue itu suka geregetan banget kalau lihat kuku suami kelihatan nggak sehat. Maklum, deh, suami gue ini kan pekerja lapangan, jadi memang lebih banyak terpapar polusi dan kotoran. Untuk waktunya sebenarnya nggak tentu, kalau menurut gue kukunya sudah nggak sehat, ya, langsung gue potong. Rupanya, suami gue juga jadi kesenengan dan nagih, hahahha. Mungkin dia merasa dimanjain, ya.  (Thatha- Editor Mommies Daily)

  • Makan malam bersama

Wah, kalau ngomongin quality time, gue sama suami paling sering ngobrol saat kita sudah di rumah, saat makan malam. Ketika pulang kerja, kami bisa cerita-cerita segala macam aktivitas yang sudah kami lakukan. Umh, mungkin sama sebelum tidur, ya. Kami suka ngobrol ngalor ngidul yang topiknya nggak jelas sampai kami berdua kacepean dan akhirnya tidur, deh, hahahha. (Fina- Tim IT)

  • DVD-ing & window shopping gadget

Nonton DVD, tapi ini nggak gue lakuin setiap malam, sih. Jadi, tergantung tingkat stress sama kondisi fisik, gue sama istri lagi capek atau nggaknya pas pulang kerja. Selain itu gue sama istri juga senang sekali window shopping gadget. (Eko – IT Manager)

  • Nonton di bioskop

Jujur aja, nih, sebenernya untuk melakukan ‘ritual’ khusus untuk mendapatkan quality time sama suami sudah sudah susah banget kami lakukan. Tapi mau nggak, paling waktu yang paling banyak untuk ngobrol saat kita pergi bedua, nonton ke bioskop. Itu pun waktunya nggak pasti. Tergantung ada film yang ok atau nggak. Selain senang nonton film action, suka juga sama horor. Kalau nanti gue takut, bisa ada kesempatan untuk peluk-peluk, suami, ahahahaha…. (Santi Rahayu_ Account Director FDN)

  • Wisata kuliner

Kebetulan gue sama suami senang makan. Jadi biasanya, sih, kita suka kulineran makanan Indonesia. Maklum, deh, suami gue itu perutnya perut kampung, jadi nggak cocok sama makanan yang aneh-aneh. Maunya, sih, bisa dilakukan sesering mungkin, tapi kalau terlalu sering bisa-bisa anak gue pada protes. Jadi paling nggak kami ngatur waktu dua minggu sekali. (Fibra _ Managing Editor MD)

  • Cari sarapan saat akhir pekan

quality time2

Wah, kapan, ya quality time sama suami? Sudah susah banget sepertinya. Meskipun anak-anak sudah cukup besar, tapi kalau sekarang ini saya ataupun suami sudah sibuk banget. Suami kerjanya sampai malam, bisa kerja sampai jam 1 pagi, jadi baru sampai rumah jam 2 pagi. Kalau bangun pagi, giliran suami yang masih tidur. Mau ajak ngobrol atau sekedar sarapan bareng sepertinya nggak tega. Jadi, untuk bisa melihat suami ada di rumah aja sudah seneng banget. Kasihan, ya? Untuk ngakalinnya, paling kalau akhir pekan baru bisa ngajak suami untuk sarapan bareng. (Santi Siera _ Managing Editor FD)

 

 

  • Pulang kantor bersama

Kalau suami ada waktu pasti mampir ke kantor untuk pulang bareng. Nah, moment seperti ini deh yang biasanya kami benar-benar manfaatkan. Tapi biasanya setelah itu kita akan makan bareng. Kalau gue sama suami lebih senang nyicipin makanan baru yang ada di sekitar rumah atau tempat kerja. Kalau memang nggak ada waktu, paling kita beli martabak, lalu nikmatin berdua di jalan sambil ngobrol. (Anggie_ Client Service Manager FDN )

  • Sweet escape

Paling senang dan punya banyak waktu sama suami kalau kita jalan-jalan bareng di akhir pekan. Sweet escape gitu, loh. Untuk lokasi, sih, nggak perlu yang jauh-jauh, ke Puncak atau Bandung juga sudah ok, banget. Maunya, sih, dengan melalukan sweet escape ini hubungan sama suami bisa romantis terus. (Nadia_ Account Executive FDN)

Jadi, aktivitas apa yang sering Mommies lakukan untuk mendapatkan quality time bersama pasangan? Share, dong!