5 Ide Bermain di Rumah

Tanggal tua dan malas menyetir ke luar rumah untuk mengajak si kecil ke taman-taman di sekitar Jakarta atau Bekasi (kayak ada aja, hehehe), enaknya ngapain? Bikin permainan di rumah yang murah meriah :D.

Salah satu hal yang suka saya lakukan di saat libur (dan lagi nggak cape banget) adalah mengajak anak-anak bermain di rumah. Saya yakin banyak mommies di sini yang pasti juga punya segudang ide buat mengajak anak bermain di rumah. Ini 5 pilihan aktivitas yang biasa kami lakukan.

  1. Bermain Harta Karun

Jadi saya akan membuat peta rumah saya dan memberikan petunjuk-petunjuk tentang di mana mereka bisa menemukan harta karun. Harta karunnya sendiri berupa potongan kertas kecil bertuliskan hadiah yang akan mereka dapat di akhir bulan alias setelah mama gajian, hahaha. Hadiahnya sendiri nggak usah yang mahal-mahal (emak-emak perhitungan), misalnya: Satu es krim Walls, beli dua buku di Gramedia atau satu kali makan di fast food. Dan, saya kasih expired date buat si voucher itu.  Plus catatan, hanya bisa menggunakan satu voucher di setiap kali pergi. Jadi amanlah isi dompet :D.

IMG_2146

  1. Melukis abstrak

Kalau untuk yang satu ini emang harus modal sedikit, membeli kanvas, cat air atau minyak, kuas dan silotip. Tapi berhubung kedua anak saya memang hobi melukis (turunan dari eyangnya), ya semua benda itu memang selalu ada di rumah kami. Jadi, pertama-tama, saya akan memberi alas koran agar cipratan cat nggak mengotori rumah. Kemudian, kanvas bersih ditempel dengan silotip sesuka hati mereka. Barulah proses pewarnaan berlangsung. Bagian yang tertutup silotip otomatis nggak akan terkena. Setelah semua area terbuka diwarnai baru dijemur. Setelah kering, nah, dilepas deh silotipnya.

IMG_2015

 

IMG_2022

  1. Tiup Bola

Modalnya hanya silotip warna hitam, bola pingpong dan sedotan. Jadi si silotip hitam ini ditempel ke lantai dan dibuat berbelok-belok, jangan lurus. Nah, anak-anak diminta meniup bola dengan menggunakan sedotan dari ujung ke ujung di dalam area yang diberi silotip. Kasih timer biar lebih seru.

  1. Tebak siapa saya

Tahu kan permainan Guess Who? Nah ini mengadaptasi dari permainan tersebut. Modalnya cukup post it ukuran sedang untuk menulis nama binatang atau jenis pekerjaan yang dimaksud. Nanti lawan mainnya akan memeragakan gerakan binatang atau jenis pekerjaan yang dimaksud itu.

  1. Lempar air

Baiklah, ini nggak jauh beda sama tembakan air tapi versi murahnya. Alias spons yang biasa buat cuci piring, direndam air dan dilempar ke tubuh ‘musuh’. Kalau urusannya udah basah-basahan begini, saya akan pilih halaman sebagai lokasi bermain biar rumah nggak becek dan saya nggak perlu bersih-bersih lagi, hehehe.

Tapi yaaaa, kalau tanggal tua (teteeeup) sebenarnya selain main di rumah bisa sih mengajak si kecil main ke tempat-tempat yang harga tiketnya super duper murah kok tapi si kecil tetap merasa senang. Seperti Taman Lalu lintas Bandung,Taman Pintar Yogyakarta atau Taman Reptil TMII. Murah meriah namun banyak ilmu yang didapat.

Selamat menikmati weekend mommies.