6 Hal Agar Manfaat Cuci Tangan Lebih Maksimal

Pasti banyak dari kita yang paham sekali tentang manfaat mencuci tangan. Nah, agar manfaat mencuci tangan menjadi lebih maksimal, ada 6 hal yang biasanya saya lakukan.

Langkah mencuci tangan

Semakin dewasa dan semakin sadar akan pentingnya kesehatan, bisa dibilang saya mulai sangat memperhatikan proses mencuci tangan yang baik dan benar. Dan semangat mencuci tangan dengan baik dan benar ini pun saya tularkan ke anak-anak saya. Ternyata, kegiatan ‘sesederhana’ mencuci tangan itu ada standar WHO lho mom, seperti yang pernah Kirana ceritakan.

Cara paling mudah untuk terhindar dari penyakit memang bisa dimulai dari kesadaran mencuci tangan. Di artikel Ayo, Cuci Tangan, dijelaskan bahwa menurut sebuah penelitian ada 150 spesies bakteri di tangan manusia dan betapa banyak penyakit yang bisa kita cegah jika kesadaran mencuci tangan ini kita tularkan ke anak kita yang mungkin sedang senang-senangnya bereksplorasi.

Saya sendiri selalu membiasakan diri untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Setiap selesai beraktivitas di kamar mandi, saya akan mencuci tangan dan menutup keran serta membuka pintu dengan tissue jika itu adalah toilet umum. Makanya saya senang dengan toilet umum yang kerannya itu menyala dan mati sesuai sensor tubuh.
  2. Saat bersin, saya mengusahakan untuk menutupnya dengan tissue atau pangkal lengan, bukan telapak tangan. Jadi saat saya bersalaman dengan orang lain, orang tersebut tidak akan bersentuhan dengan telapak tangan bekas saya menutup hidung, hehehe.
  3. Selalu membawa hand sanitizer ke mana pun saya pergi. Just in case saya tidak menemukan air mengalir untuk membasuh tangan, maka pertolongan pertama adalah membersihkan dengan hand sanitizer.
  4. Lebih memilih menyediakan sabun cair di rumah dibanding sabun batangan, karena menurut saya sabun cair itu lebih higienis. Masalahnya kalau sabun batangan, bisa saja tempat untuk meletakkannya digenangi air sehingga yang ada malah jadi rentan terkena kuman.
  5. Setiap kali mencuci tangan, saya akan melepaskan cincin yang sedang saya kenakan agar seluruh area tangan dan jari benar-benar bersih dan terjangkau oleh sabun dan air yang membilas.
  6. Mengusahakan menggunakan air hangat untuk membilas karena menurut betterhealth.vic, ingredients yang ada di dalam sabun menjadi lebih maksimal jika terkena air hangat, sehingga menjadi sangat efektif dalam membersihkan tangan Anda. Dengan air hangat, natural oil yang ada di kulit jika tetap terjaga. Pemakaian air dingin atau panas untuk mencuci tangan secara rutin dapat merusak natural oil di kulit tangan dan mengakibatkan dermatitis.

Selamat Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia mommies.

 


Post Comment