14 Cara Atasi Mata Lelah

Ditulis oleh: Nina Samidi

Mommies pernah dengar Computer Vision Syndrome? Sindrom ini menimpa 50 – 90 persen orang yang bekerja di depan komputer, jumlahnya terus meningkat, dan salah satu penyebab utama dari mata lelah.

Kalau dihitung-hitung, saya menghabiskan sekitar 9 jam untuk menatap layar komputer karena urusan pekerjaan. Belum lagi ditambah dengan menatap layar smartphone di sela-sela waktu lainnya. Beberapa waktu lalu saya mulai merasa kalau mata saya ini maunya diajak meram terus, kadang juga terasa panas dan pedas. Ternyata ini salah satu gejala kalau mata saya mulai lelah (hmmm, nggak cuma hati yang bisa lelah ternyata, hahaha). Kondisi mata lelah ini ada yang akan hilang dengan sendirinya tapi bisa juga akan menimbulkan masalah serius ke depannya.

masker mata teh

Kenapa mata bisa lelah? Menurut portal kesehatan internasional WebMD.com, semua kegiatan yang menggunakan mata secara intensif dan lama bisa menyebabkan mata lelah, seperti membaca, menulis, dan menyetir. Terpapar cahaya terang secara terus menerus atau mata dipaksa melihat di cahaya yang remang-remang juga menyebabkan mata lelah.

Dalam perkembangannya, penyebab terbesar mata lelah adalah penggunaan gadget yang menggunakan mata secara intensif, seperti komputer, smartphone, dan video games. Apalagi terbukti kalau orang yang pegang gadget ternyata lebih jarang berkedip. Padahal berkedip penting untuk mencegah mata kering. Inilah kenapa kalau kita terlalu lama di depan komputer, mata terasa gatal, lelah, kering, dan panas.

Masalahnya, mata lelah jika dibiarkan dapat  mengurangi produktivitas, lho! Salah satu obat paling mujarab adalah tidur! Tidak harus panjang, tapi yang lelap. Saat tidur, mata mengisi ulang nutrisi pentingnya. Kurang tidur bisa berakibat iritasi. Selain tidur, ubah kebiasaan sehari-hari dan ubah pencahayaan di ruangan kerja atau rumah Anda yang bisa menyebabkan gejala-gejalan di atas.

Nah, ini dia beberapa langkah yang bisa saya dan Anda terapkan untuk mengurangi dan mengatasi mata lelah menurut  Prevent Blindness, the National Eye Institute, dan Get Eye Smart:

  1. Beri jarak 50 – 65 cm antara mata Anda dengan layar komputer
  2. Letakkan layar komputer agak di bawa posisi mata (sedikit menunduk)
  3. Bersihkan layar komputer untuk mengurangi masalah refleksi dan silau
  4. Pertimbangkan untuk memakai screen filter untuk layar Anda
  5. Terapkan aturan 20-20-20: setiap 20 menit, buang pandangan sejauh 20 kaki selama 20 detik dari layar gadget
  6. Tempelkan note di layar computer dengan tulisan “kedip!”
  7. beristirahatlah dari layar komputer
  8. Letakkan waslap basah yang hangat ke mata dalam keadaan terpejam
  9. Gunakan obat tetes mata yang ringan saat mata terasa benar-benar kering
  10. Gunakan air humidifier (pelembab udara) di ruangan yang biasa Anda pakai untuk bekerja di depan layar computer
  11. Kompres mata dengan waslap yang sudah direndam di air dingin lalu diamkan selama beberapa menit.
  12. Letakkan sendok di dalam kulkas setelah itu letakkan sendok dingin di atas mata yang terpejam.
  13. Kantong teh juga dipercaya bisa mengatasi mata lelah. Gunakan kantong teh dingin. Caranya, seduh 2 kantong teh ke dalan rebusan air di panci, setelah mendidih matikan lalu dinginkan untun mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan di mata.
  14. Memijat kelopak mata juga merupakan cara yang baik untuk mengatasi mata lelah. Cobalah memijat kelopak mata Anda dengan lembut dengan gerakan melingkar selama dua menit. Pijatan diyakini dapat mengendurkan otot mata yang menngencang.

Kalau keluhan semakin berat, jangan ragu untuk ke dokter ya mommies.

 


One Comment - Write a Comment

Post Comment